Saksi Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW

Penulis menunjukan dari kejauhan kubah masjid Umar warna kuning dan masjid aqha kubah warna hitan

COWASJP.COM – ockquote>

O l e h: Arini Jauharoh

-------------------------------

MASJID Al-Aqsa sebagai tempat suci ketiga oleh umat Islam, setelah makkah dan Madinah. Nabi Muhammad SAW diangkat ke Sidratul Muntaha dari tempat ini setelah sebelumnya dibawa dari Masjid Al-Haram di Mekkah ke Al-Aqsa dalam peristiwa Isra' Mi'raj.

Kitab-kitab hadist menjelaskan bahwa Muhammad mengajarkan umat Islam berkiblat ke arah Masjid Al-Aqsa (Baitul Maqdis) hingga 17 bulan setelah hijrah ke Madinah. Setelah itu kiblat shalat adalah Ka'bah di dalam Masjidil Haram, Mekkah, hingga sekarang.

aqsho-dari-luarRh2mx.jpgMasjid Aqsha dari luar.

“Maha Suci Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda ( kebesaran ) kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat.”( Qur’an, 17:1 )

arini1iAR7E.jpgDi dalam masjid Aqsha.

Masjid Al-Aqsha terletak di Al-Haram asy-Syarif, Yerusalem Timur. Bergaya arsitektur Islam awal dengan fasad menghadap utara, terbuat dari batu kapur. Pembangunan pertama tahun 685-705 Masehi, kedua 1033-1035 Masehi. Masjid ini panjangnya 83 meter, lebarnya 56 meter. Berkapasitas 5000 jemaah di dalam, 400.000 jemaah di luar. Kolom interior dilapisi marmer putih. Empat minaret setinggi 37 meter, dekat kubah berwarna hijau dari bahan timah.

dalam-mesjid-aqhsaEFjDZ.jpgDalam masjid aqsha

Al-Aqsha ( artinya masjid terjauh ) adalah lokasi Nabi Muhammad SAW ketika diangkat ke Sidratul Muntaha ( tahun 621 M ) dalam peristiwa Mi'raj untuk menerima perintah sholat. Kompleks Al-Haram asy-Syarif disebut Har Ha-Bayit oleh umat Yahudi, Kuil Gunung oleh umat Nasrani. Dan merupakan Kiblat pertama umat Islam sebelum dipindah ke Ka'bah, Mekah.

domei28ZX.jpg

Masjid Al-Aqsha saat ini adalah masjid yang dibangun secara permanen ( tahun 66-73 H ) oleh Khalifah Abdul Malik bin Marwan dari Kekhalifahan Ummayah.

MESJID-UMARTCOq4.jpgMasjid Umar.

Di dekat Al Aqsha, berdiri Masjid Umar yang sangat indah dengan kubah kuning keemasan. Umar bin Khattab singgah di Baitul Maqdis untuk sholat . Kemudian beliau membangun masjid di sana, dinamai Al-Shakrah ( batu cadas ) dan meminta umat Islam sholat . (*)

 
Pewarta :
Editor :
Sumber :

Komentar Anda