Menpar: Atraksi Tradisi Punya Daya Pikat Tinggi

Para wisatawan asing saat menyaksikan upacara adat Kirab Tumpeng Robyong Kampung Wisata Dewa Bronto. (Foto-foto: Erwan/CoWasJP)

COWASJP.COM – ockquote>

O l e h: Erwan Widyarto

----------------------------------

MENTERI Pariwisata Arief Yahya mengomentari jalannya Upacara Adat Merti Tumpeng Robyong Kampung Wisata Dewa Bronto, yang berlangsung Sabtu (22/4).

BACA JUGA: Wisatawan Asing Pun Ikut Asyik Nikmati Tumpeng

isman45g7.jpg

Menpar menilai aktivitas budaya yang bernuansa tradisi seperti itu sebenarnya menjadi atraksi yang punya daya pikat tinggi. Kawasan Joglosemar (Jogja-Solo-Semarang) kaya dan kental akan tradisi turun temurun ini. Dia mengharapkan kegiatan yang sudah rutin ini menjadi agenda tetap tahunan.

BACA JUGA: Ajak Wisatawan Makan Bersama dan Tebar Ikan di Sungai

wisman2wlKYL.jpg

"Di Calender of Events sebaiknya muncul, untuk dipromosikan lebih masif ke mancanegara," kata Arief Yahya. 

wisman3xMsaX.jpg

Pasar Eropa, kata dia, tertarik dengan nuansa tradisi seperti ini. "Pada sisi budaya ini, dalam pariwisata berlaku hukum, semakin dilestarikan, semakin mensejahterakan," tandas Arief Yahya.

wisman1eWT9u.jpg

Pernyataan Menpar tersebut menemui kenyataan saat acara Kirab Tumpeng Robyong digelar di Kampung Wisata Dewa Bronto. Serombongan wisatawan asing  tampak asyik menikmati tumpeng dalam Upacara Adat tersebut. Wisatawan dari Kanada dan Belanda itu duduk mengitari tumpeng dan mengambil nasi serta lauknya. (*)

Pewarta :
Editor :
Sumber :

Komentar Anda