Kini Blitar Punya Universitas NU

KH Masdain Rifai Ahyat, selaku pengelola UNU Blitar, saat menerima SK dari Menristek Dikti Prof Mohammad Nasir .Phd, didampingi Dr Hanief Saha, Ketua PBNU Bidang Pendidikan di Kantor Mensitek Dikti 8 September 2016 lalu. (Foto:

COWASJP.COM – ockquote>

O l e h: Imam Kusnin Ahmad

-----------------------------------------

PENANTIAN panjang  warga NU dan Pengurus NU Kabupaten Blitar untuk memiliki perguruan tinggi sendiri terpenuhi sudah. Hal ini setelah SK Kemenristek Dikti,diterima oleh pengelola Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar 8 September 2016. 

Menurut  Ketua Cabang NU Kabupaten Blitar, KH Masdain Rifai Ahyat, SK Kemenristek Dikti Nomor:302/KPT?I/2016 tanggal 31 Agustus 2016 menyatakan, telah berdiri Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar. “The Character Building University” dengan memiliki 10 program studi yang telah terakreditasi sebagai berikut:  

1.Teknik Mesin.

2,Teknik Sipil.

3.Teknik Informatika.

4.Pendidikan Bahasa Indonesia.

5.Pendidikan Bahasa Inggris.

6. PGSD.

7.Matematika. 

8.Fisika. 

9.Penjaskes. 

10.Peternakan.

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Blitar selaku pengelola UNU Blitar langsung tancap gas begitu SK turun. Terbukti, begitu tiba dari Jakarta, Ketua PCNU Kabupaten Blitar langsung menggelar rapat  terbatas di Sekretariat NU Kabupaten Blitar di Jalan Masjid 22 Blitar. 

Intinya merapatkan  langkah strategis, bagaimana agar perguruan tinggi milik warga Nahdliyin ini bisa cepat berkembang bagus dan berjaya di Bumi Bung Karno Blitar dan sekitarnya.

“Alhamdulillah semua komponen NU siap membantu untuk membesarkan UNU Blitar. Khususnya NU beserta Banomnya. Begitu mereka tahu SK sudah turun dan di tangan, dukungan pun berdatangan. SK baru saya bawa dari Jakarta tadi pagi,’’ ujar KH Masdain Rifai Ahyat usai pertemuan, didampingi Rektor UNU Blitar Prof Dr HM.Zainuddin Mpd, ketika itu.

 “Pesan Menristek Dikti, kita segera membuka pendaftaran agar kegiatan perkuliahan segera terlaksana. Untuk itu, semua tancap gas. Bismillah Lahaula Walaaquata Illabillah,’’ tambahnya.

Ia sangat optimistis prospek UNU  Blitar sangat  bagus. Mengapa? UNU didirikan PBNU yang merupakan organisasi Islam terbesar di Indonesia, bahkan di dunia. “Skop Blitar dan sekitarnya hampir 60 persen penduduknya adalah warga NU. Saya sangat optimistis sebagian akan mendaftarkan puteranya ke UNU,’’ katanya.

Selain itu, UNU Blitar menjadi satu-satunya universitas di Blitar Raya yang bertaraf nasional dan berpeluang membangun jaringan internasional. “ Yang terpenting, UNU didirikan untuk menjadikan mahasiswa generasi bangsa yang memiliki karakteristik khas Aswaja Nahdliyah. Semangat nasionalisme tinggi, berprestasi, dan sukses dalam berkompetisi,’’ tambah  Rektor UNU Prof Dr HM. Zainuddin MPd.

UNU Blitar dibimbing dan dipimpin oleh para dosen  yang memiliki keahlian di bidangnya. Juga memiliki gedung, sarana dan prasarana yang representatifif. ”UNU Blitar menjadi universitas yang berdiri terakreditasi baik  lembaga maupun prodinya. Juga memiliki jaringan di pemereintahan maupun swasta,’’ kata Zainuddin.

UNU Blitar juga akan memberikan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi. Bahkan akan mengusahakan bagi mereka yang berprestasi mendapatkan beasiswa S2, baik di dalam maupun di luar negeri.

Berdirinya UNU Blitar langsung mendapat sambutan luar biasa dari warga NU sekitarnya. Banyak warga yang mengonfirmasi dengan datang ke Kantor NU Blitar  di Jalan Masjid 22 Blitar yang sekalisgus menjadi Kampus I UNU Blitar . “Sehari setelah SK turun. warga NU  banyak yang konfirmasi terkait keberadaan UNU Blitar ini,’’ tambah mantan Wakil Walikota Blitar  itu.

Tentang berapa lokasi  yang akan dijadikan Kampus UNU Blitar, dia mengatakan ada tiga tempat. Kampus I di Jalan Masjid 22, Kampus II di Jalan Musi, Kampus III di Jalan Ciliwung 65 Kota Blitar.

“Kami akan menambah satu kampus lagi di Poluwan Blitar. Masih dalam penggarapan. Doa dan dukungan umat Islam dan warga NU kami harapkan,’’ pinta Zainuddin.* 

Pewarta :
Editor :
Sumber :

Komentar Anda