Arena PON XIX Jabar 2016

Dahsyat, Cewek SMP Tumbangkan Rekor Elsa

Rekor Elsa Manora Nasution yang 20 tahun bertahan akhirnya dipecahkan oleh Angel Gabriel Yus di arena PON 2016 Jabar. Yaitu di gaya kupu-kupu 100 meter. (Foto: sindonews)

COWASJP.COM – ockquote>

O l e h: Slamet Oerip Prihadi

---------------------------------------

LUAR BIASA. Kontingen Kalimantan Utara (Kaltara) harus berbangga karena sukses mengorbitkan atlet renang bocah yang sukses menumbangkan rekor Elsa Manora Nasution di gaya kupu-kupu 100 meter. Sangat ekselen bahwa puteri daerah bisa memecahkan rekor fenomenal itu. Mengapa bukan atlet Jabar atau DKI atau Jatim?

Renang Kaltara dahsyat!!! Yang dikhawatirkan adalah kemungkinan pembajakan – dengan cara legal atau ilegal - atlet bocah hebat ini oleh Jabar, DKI, atau Jatim. Padahal Pemerintah RI wajib memberikan penghargaan yang tinggi dan memproteksi pembinaan renang Kaltara yang sukses itu.

BACA JUGA: Renang dan Selam Jatim Sumbang Emas Terbanyak

Yang pasti, rekor Elsa Manora telah bertahan 20 tahun, dan kini sang pemecah rekornya adalah atlet Kalimantan Utara yang masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP)!

BACA JUGA: KLASEMEN PEROLEHAN MEDALI PON 2016

Adalah Angel Gabriel Yus yang tiba-tiba menjadi buah bibir di ajang PON XIX 2016 Jabar setelah memecahkan rekor gaya kupu-kupu 100 meter, di arena renang UPI, Bandung, Kamis 15 September lalu.

BACA JUGA: Menpora Warning KONI Soal Wasit

Ini merupakan prestasi luar biasa mengingat Angel Gabriel Yus saat ini masih duduk di bangku SMP. Angel sapaan akrabnya tidak hanya memberikan medali emas pertama saja buat kontingen Kaltara. Gadis berkacamata itu juga mampu mengakhiri rekor yang dipegang Elsa M Nasution selama 20 tahun. 

Ini bukan hal kebetulan, sebab Angel memiliki segudang prestasi di cabor renang. Dia pernah mengharumkan nama bangsa Indonesia di Kejuaraan Asia All Star, Maret 2016 lalu. 

Sukses di cabor renang bukan berarti Angel melupakan kewajiban sekolahnya. Dia menegaskan bahwa dirinya tetap fokus pada pendidikan. 

INGIN PECAHKAN REKOR SEA GAMES

"Setiap kejuaraan Angel tidak pernah punya target, tapi selalu yakin dapat memecahkan rekor dengan catatan waktu terbaik. Setelah PON saya ingin fokus kembali ke sekolah," ujar Angel seperti diungkap situs resmi PON Jumat 16 September lalu. 

Angel lebih mementingkan pendidikan di atas segalanya. “Tapi saya punya target memecahkan rekor SEA Games, yang saat ini dipegang oleh Joseph Schooling dari Singapura,” tandasnya.

Terhadap atlet bocah yang berpotensi merebut juara Asia Tenggara seperti inilah seharusnya Pemerintah RI memberikan fasilitas dan dorongan yang luar biasa. Pemerintah RI wajib ikut berjuang keras bersama seluruh komponen olahraga Merah Putih. Andil modal, sarana, prasarana, dan ikut memikirkan, ikut dalam suka-duka membina. Indonesia harus bisa merebut tahta juara umum SEA Games kembali!

"Di tingkat Asia saya ingin mengalahkan catatan waktu atlet renang Singapura. Saya belum punya persiapan khusus, tapi keyakinan pasti bisa," tutup gadis berparas cantik tersebut.*

Pewarta :
Editor :
Sumber :

Komentar Anda