Sukses Airin dalam Program Kesehatan Gratis

Walikota Tangerang Selatan Hj. Airin Rachmi Diany. (Foto: istimewa)

COWASJP.COM – ockquote>

O l e h: Bambang Indra Kusuma

-------------------------------------------------

WALIKOTA Tangerang Selatan Hj. Airin Rachmi Diany, memang luar biasa. Dia ngebut membenahi dan membangun infrastruktur di kotanya.

Daerah baru yang beusia tujuh tahun ini, gencar membangun. Jalan dilebarkan, dan dibeton. Layanan ke masyarakat ditingkatkan, bahkan sedang dirancang satu pintu dan gratis.

Yang tak kalah menarik adalah layanan gratis kesehatan bagi warga Tangsel. Menurut Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Tangsel, Toni Kusdianto, hanya dengan menunjukkan identitas diri berupa KTP yang menerangkan sebagai warga Tangsel, Anda langsung dapat berobat secara cuma-cuma alias gratis.

Program Pelayanan Gratis yang diberikan Pemkot Tangsel dilakukan di Puskesmas atau RSU kota Tangsel. ’’RSU kota Tangsel sendiri masuk rumah sakit kategori type C. Artinya ada lima kategori pelayanan yang dicover. Di antaranya, penyakit dalam,kebidanan, anak dan lainnya,’’ terang Toni.

Pelayanan gratis warga Tangsel harus melalui tahapan. Artinya warga Tangsel yang ingin berobat diminta untuk datang berobat ke Puskesmas terlebih dulu untuk tahap pertama. Karena Puskesmas di Tangsel juga ada pelayanan rawat inap, dan juga pelayanan gratis.

Bila pelayanan tingkat pertama di Puskesmas pasien tidak dapat ditangani, maka selanjutnya pasien akan dirujuk ke RSU kota Tangsel untuk mendapatkan pelayanan yang lebih lengkap dan memadai.

RSU Kota Tangsel sudah melakukan program pelayanan pengobatan gratis ini dan diresmikan oleh Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany pada 1 September tahun 2013. Sampai sekarang sudah lebih 100 ribuan lebih terlayani dengan gratis.

gedung-keesehatan-istimewaaUmSD.jpg

RSU Kota Tangerang Selatan. (Foto: istimewa)

Kerja keras Pemkot Tangsel di bidang kesehatan patut mendapat pujian.  Hal ini karena program kerja RSU Kota Tangsel dalam menyehatkan masyarakat kota dengan motto “Cerdas, Modern dan Religius”  ini mulai dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

’’Program layanan kesehatan gratis di RSU Kota Tangsel ini sangat membantu sekali,’’ kata Ibu Hodijah (48), warga Kecamatan Ciputat yang berobat di RSU karena menderita penyakit pada matanya. Ia pun menyampaikan terimakasihnya pada Pemkot Tangsel, yang telah membantunya dengan layanan kesehatan gratis yang diselenggarakan di RSU Kota Tangsel.

Menurut Hodijah, kalau harus bayar, ia tak punya cukup uang untuk berobat, tapi dengan layanan ini, Ia merasa terbantu.

Sementara itu, Kusnadi orang tua dari seorang anak yang juga dirawat di RSU Kota Tangsel akibat mengalami kecelakaan yang hampir merenggut nyawa anaknya itu, yang saat itu membutuhkan perawatan di ruang ICU juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemkot Tangsel.  Sebab mau menerima dan mengobati anaknya yang kini sudah sehat dan bisa menjalankan aktifitas kembali.

’’Kalau harus bayar, itu biaya anak saya sekitar puluhan juta Mas”, ungkap Kusnadi. Ia mengaku akan sangat bingung, untuk mendapatkan uang yang jumlahnya tidak sedikit jika harus membayar biaya rawat di RS yang cukup besar.

’’Saya mau dapat uang sebanyak itu dari mana, saya cuma orang kecil, pekerjaan saya sehari-hari adalah penjual sayur.’’

Direktur RSU Kota Tangsel, Hj. dr.Maya Mardianti kepada Suara Tangsel, berharap bahwa dengan adanya program layanan kesehatan gratis ini dapat membantu masyarakat yang kurang mampu, mereka bisa mendapatkan kemudahan layanan kesehatan yang layak dari RSU Kota Tangsel yang dipimpinnya.

‘’Kami akan terus berbenah diri dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,’’ ungkapnya.(*)

Pewarta :
Editor :
Sumber :

Komentar Anda