FIFA Resmi Cabut Sanksi untuk Indonesia

Presiden FIFA Gianni Infantino. (Foto:sepakbola)

COWASJP.COM – ockquote>

O l e h: Slamet Oerip Prihadi

---------------------------------------

 

KEMBALI para pecinta sepakbola Indonesia bersujud syukur. Alhamdulillah. Akhirnya FIFA dengan cepat mencabut sanksinya terhadap sepakbola Indonesia dalaam Kongres ke-66, Jumat 13 Mei 2016 di Mexico City. Berarti, Tim Garuda – julukan Tim Nasional (Timnas) Indonesia, mulai Timnas Kelompok Umur sampai Senior, dan klub-klubnya sudah boleh bertanding di pentas internasional.

Kabar istimewa ini disampaikan langsung oleh Presiden FIFA Gianni Infantino, bahwa FIFA telah mencabut sanksi penangguhan terhadap Indonesia, di Mexico City, Jumat malam ini. Pencabutan sanksi penangguhan terhadap Indonesia sudah dilakukan beberapa saat sebelum kongres digelar. Keputusan itu dikeluarkan setelah FIFA mendapat surat dari pemerintah Indonesia.

“Beberapa saat lalu sebelum kongres, kami [anggota komite eksekutif FIFA] sudah melakukan pertemuan, dan memutuskan sanksi penangguhan terhadap Indonesia dicabut,” ujar Infantino seperti dikutip Goal.com dari situs FIFA.com.

“Pencabutan ini karena pemerintah Indonesia sudah mengirim surat kepada FIFA yang menjelaskan mereka telah mencabut sanksi terkait intervensi pemerintah kepada federasi (PSSI).”
 “Itu artinya federasi sepakbola Indonesia tidak lagi ditangguhkan, dan mempunyai hak yang sama di sini (dalam Kongres FIFA).”

DISAMBUT TEPUK TANGAN PESERTA KONGRES

Pernyataan Infantino ini mendapat tepuk tangan dari peserta kongres. PSSI telah mengirim utusannya untuk mengikuti kongres tersebut, dan dinyatakan hadir saat pengabsenan peserta.

Keputusan ini disampaikan pada awal pelaksanaan Kongres FIFA di Meksiko, Jumat 13 Mei, karena itu Plt Ketua Umum PSSI Hinca IP Pandjaitan resmi menjadi peserta kongres.

Pencabutan sanksi oleh FIFA memang sudah bisa diduga, karena syaratnya sangat jelas. Begitu Pemerintah RI, dalam hal ini Menpora, menghentikan intervensinya terhadap PSSI, maka FIFA pun langsung mencabut sanksinya.

Telah diberitakan bahwa Pemerintah RI telah mencabut SK Pembekuan PSSI Selasa malam 10 Mei 2016. Yang jelas kini tim sepakbola Indonesia bisa mengikuti Asian Youth Games 2017, SEA Games 2017 hingga persiapan menghadapi Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.**

Pewarta :
Editor :
Sumber :

Komentar Anda