Janis Rosalita dan Rahmad Adi Atlet Terbaik di Ajang KONI Jatim Award 2023

Penyerahan apresiasi KONI Jatim Award 2023. (FOTO: M. Fasichullisan)

COWASJP.COM – Ketua KONI Jawa Timur (Jatim), Muhammad Nabil, mengatakan bahwa pemberian penghargaan KONI Jatim Award 2023 kepada insan olahraga Jatim berprestasi bisa dikatakan sebagai kegiatan biasa. Namun, bisa juga dikatakan sebagai hal yang luar biasa.

"Biasa karena kegiatan ini rutin diselenggarakan oleh KONI Jatim. Luar biasanya, KONI Jatim hanya memberikan penghargaan atas prestasi yang berhasil diraih oleh para atlet, pelatih, pengurus KONI dan pemerintah daerah dalam kurun satu tahun," ujarnya saat memberikan sambutan di acara KONI Jatim Award 2023 di Hotel Harris, Surabaya, Kamis (18/1/2024).

Menurut Nabil, proses pemilihan insan olahraga yang terbaik prestasinya ini tidak terlalu sulit karena terukur semua. Karena itu, relatif tidak ada protes. Sebab, proses pemilihan dilakukan oleh KONI Jatim, dalam hal ini Bidang Media dan Humas bersama Kelompok Kerja (Pokja) wartawan KONI Jatim.

Dia memberi contoh atlet putra terbaik yang diraih Rahmat Adi Mulyono. Atlet cabang olahraga (cabor) panjat tebing ini memiliki prestasi mengagumkan. Dia berhasil meraih tiket Olimpiade 2024 di Paris.

Atlet putri terbaik Jatim 2023 diraih oleh atlet cabor selam, Janis Rosalita Suprianto. Prestasi terbaiknya merebut tiga medali emas SEA Games 2023 di Kamboja.

"Ada juga atlet muda potensial, Muhammad Akbar Putra Taufiq dari cabor renang, juara Porprov 2023 kemudian lolos Babak Kualifikasi PON XXI 2024 cabor renang nomor open water swimming, 5000 meter. Akbar juara meraih medali emas. Dia atlet muda potensial. Semoga bisa mengikuti jejak kakaknya, Dinda yang punya prestasi internasional," paparnya.

Penghargaan atlet putra terbaik diserahkan oleh Nabil. Sedangkan penghargaan atlet putri terbaik diserahkan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jatim, M Ali Kuncoro.

Selain atlet putra dan putri terbaik, penghargaan juga diberikan kepada Pengurus Provinsi (Pengprov) Cabor Terbaik. Prestasi terbaik yang diberikan pengprov cabor mampu mengharumkan nama Jatim di forum nasional. "Seperti Pengprov Muaythai Indonesia (MI) Jatim yang sukses meraih juara umum di babak kualifikasi PON. Tidak hanya itu, sebagai cabor baru sepanjang 2023 ini mereka menggelar Liga Muaythai secara mandiri," tandasnya.

Ada tiga pengprov yang menerima penghargaan KONI Jatim Award 2023. Selain pengprov MI Jatim, yaitu Perkumpulan Angkat Besi Seluruh  Indonesia (PABSI) Jatim dan Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Jatim.

ambari1.jpgPj Kadispora Sidoarjo saat menerima penghargaan dari KONI Jatim Award 2023. (FOTO: M. Fasichullisan)

“Kita lihat angkat besi, mereka tidak hanya juara umum BK PON 2024 kemarin, tapi juga juara umum Kejurnas angkat besi junior 2023. Dari sisi pembinaan atlet muda sudah terlihat hasilnya. Kemudian ada Luluk Diana, atlet muda yang menyumbang medali perunggu SEA Games 2023 lalu, dan tentu saja ada Eko Yuli Irawan yang juga meraih medali emas SEA Games,” tambah Nabil. 

Secara khusus Nabil mengapresiasi prestasi KONI Kabupaten Sampang yang melesat naik pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim 2023. Dari posisi 37 di Porprov 2022 naik luar biasa ke urutan 17 pada Porprov 2023 yang digelar di Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto dan Kabupaten Jombang.

Kemudian untuk Tokoh Peduli Olahraga, KONI Jatim Award diberikan kepada Rektor Unesa Prof Dr Nurhasan, M.Kes, Wakil Rektor Ubaya Dr. Dra. Christina Avanti, M.Si., Apt , dan Prof. Dr. Christina Whidya Utami, M.M., CLC., CPM (Asia) (Wakil Rektor Universitas Ciputra Surabaya). 

Yang luar biasa lainnya, kini KONI Jatim dan Universitas Ciputra menggagas sebuah program Atletpreneurship, yaitu pelatihan wirausaha kepada atlet dan mantan atlet Jawa Timur.(*) 

PENERIMA KONI JATIM AWARD 2023

BUNDA OLAHRAGA JATIM 

Gubernur Jawa Timur Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si, 

PEMERINTAH KABUPATEN/ KOTA PEDULI OLAHRAGA 

- Moh. Ali Kuncoro, S.STP., M.Si (Pj. Wali Kota Mojokerto)

- H. Ahmad Muhdlor S.IP (Bupati Sidoarjo) 

- Ikfina Fahmawati, M.Si (Bupati Kab. Mojokerto)

- Sugiat S.Sos, M.Psi.T (Pj. Bupati Jombang)

ATLET PUTRA TERBAIK

Rahmat Adi Mulyono (Atlet Cabang Olahraga Panjat Tebing)

ATLET PUTRI TERBAIK

Janis Rosalita Suprianto (Atlet Cabang Olahraga Selam)

ATLET MUDA POTENSIAL

Muhammad Akbar Putra Taufiq (Atlet Cabang Olahraga Renang)

PELATIH TERBAIK

Sherly Hudiono (Pelatih Cabang Olahraga Wushu)

ATLET TIM/ BEREGU TERBAIK

Diananda Choirunisa (Atlet Cabang Olahraga Panahan nomor Mixed Recurve)

Riau Ega Agatha (Atlet Cabang Olahraga Panahan nomor Mixed Recurve)

KONI KABUPATEN/ KOTA TERBAIK

KONI Kabupaten Sampang
(H. Abdul Wasik)

TOKOH PEDULI OLAHRAGA

Prof. Dr. H. Nurhasan, M.Kes (Rektor Universitas Negeri Surabaya)

Dr. Dra. Christina Avanti, M.Si., Apt (Wakil Rektor Universitas Surabaya)

INSTANSI PEDULI ATLET

Prof. Dr. Christina Whidya Utami, M.M., CLC., CPM (Asia) (Wakil Rektor Universitas Ciputra Surabaya)

PENGPROV CABOR TERBAIK

Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI) Jawa Timur (Jeffry Tagore)

Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Jawa Timur (Grace Evi Ekawati)

Pengprov Muaythai Indonesia (MI) Jawai Timur (H. Baso Juherman, SH).

Pewarta: Mochammad Fasichullisan.

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda