Sang Begawan Media

Antikemo Baru

Prof Dr Agung Putra (kiri), pendiri Stem Cell and Cancer Research (SCCR) Semarang. (FOTO: DISWAY)

COWASJP.COM – ​DI TIONGKOK harga obat ini USD 280. Di Amerika menjadi USD 8.900. Beda 31,7 kali lipat. Obatnya sama. Penemuan baru. Untuk kanker. Penemunya sama: tim dokter dari RS Sun Yat Sen, Tiongkok. Kegunaannya sama: obat kanker tanpa harus disertai kemo.

Temuan itu baru saja mendapat persetujuan badan obat dan makanan Amerika Serikat, FDA: 9 November lalu. Berarti bulan ini sudah bisa dipasarkan di Amerika. Dengan harga langit Amerika.

Meski menjadi begitu mahal tapi, menurut media di Amerika, masih 20 persen lebih murah dari obat bikinan Amerika: Keytruda. Itu obat terlaris di bidang tersebut saat ini di sana.

Nama obat baru itu: toripalimab. Di Amerika akan dipasarkan dengan nama Loqtorzi. Dengan harga 31,7 kali lipat tadi.

Uji klinis untuk menemukan obat itu dilakukan selama 2 tahun. Sejak 2018. Awalnya riset dilakukan di rumah sakit kanker Sun Yat Sen, dekat Guangzhou. Hasil riset itu baru saja dimuat di Journal of the American Medical Association (JAMA). Selasa lalu.

''Itu obat bekerja sebagai antibodi monoklonal dengan target PDL-1, Programmed death ligand protein,'' ujar Prof Dr Agung Putra, pendiri Stem Cell and Cancer Research (SCCR) Semarang. ''Dengan obat itu sel kanker tidak bisa melakukan screening sistem imun kita. Dengan demikian imun sistem kita tidak lumpuh oleh serangan kanker,'' katanya.

Dr Agung adalah peneliti sel yang sangat intens. Setelah jadi dokter ia tidak mau ambil spesialis. Ia tidak mau jadi dokter klinis. Prof Agung ingin fokus menjadi peneliti. Ia ke Kanada. Mendalami sel di sana.

Pulang dari Kanada Prof Agung mendirikan pusat riset kanker dan stem cell. Ia jual seluruh hartanya: beli tanah murah 6 hektare di pinggiran Semarang. To be or not to be.

Ia dirikan lab kelas dunia. Sudah jadi. Saya sudah ke sana empat kali. Ia bangun hotel tikus. Sudah jadi. Ia semai bibit-bibit tanaman herbal terkait kanker. Sudah berbiak. Mulai keladi tikus sampai butrowali.

Kini bagian lain tanah di selatan Semarang itu lagi diratakan: siap-siap mulai membangun rumah sakit.

Prof Agung ingin membuat mini Mayo Hospital di Semarang: yakni rumah sakit yang terkait langsung dengan pusat riset.

Tadi malam saya meneleponnya. Khusus untuk memahami penemuan baru obat kanker di Tiongkok itu.

Prof Agung sudah meneliti penggunaan kemo dalam penyembuhan kanker. ''Kemo hanya membunuh anak-anak kanker. Tidak bisa membunuh sel induk kanker,'' ujarnya. Itulah sebabnya orang yang sudah dikemo dan sudah dinyatakan bersih kadang masih muncul lagi kankernya.

Di lab SCCR, Prof Agung bisa melihat ''tentara'' yang dihasilkan obat kemo itu. Ketika mendekati anak-anak kanker ''tentara'' itu  membesar. Lalu mampu memakan sel-sel anak kanker yang ukurannya lebih kecil. 

''Tapi begitu mendekati sel induk kanker, tentara-tentara kemo itu mengempis. Tidak mampu memakan sel induk kanker,'' katanya.

Prof Agung lahir di Lampung. Orang asli Lampung. Istrinya seorang dokter dari Malang. 

Dokter Agung lulusan Undip dan tanggal 14 Desember nanti meraih guru besar dari Universitas Sultan Agung.

Awalnya saya tidak percaya ada dokter senekat dr Agung. Hanya mau melakukan riset. Dia mencintai riset. Secara mandiri pula.

Prof Agung termasuk ahli yang anti terapi kemo. Tapi sebelum menemukan penggantinya ia tidak mau menunjukkan sikap antinya.

Yang ditemukan di Tiongkok itu adalah obat kanker tanpa disertai kemo.

''Kami di SCCR juga mengembangkan yang tidak pakai kemo. Kami mengembangkan immunotherapy menggunakan pendekatan isolasi dan culture-engineering CTL (Cytotoxic T lymphocyte). Masih kami lakukan dalam lab,'' katanya.

Di Tiongkok obat baru tersebut sudah lebih dulu disetujui untuk digunakan. Sejak enam bulan lalu: Mei 2023. Itu setelah dilakukan 12 kali tahapan uji klinis yang melibatkan 1.200 pasien di berbagai negara di dunia. Termasuk di Singapura dan Taiwan. Hasilnya pun efektif.

Di Tiongkok harga obat memang bisa murah. Di sana harga obat mengacu pada patokan harga yang dipakai di sistem asuransi kesehatan nasional. Sejenis BPJS di Indonesia. 

Tidak boleh ada harga obat di atas itu. Tidak ada pasar obat yang terganggu: 95 persen rakyat Tiongkok masuk dalam sistem kesehatan nasional.

Di Amerika harga obat diputuskan semata berdasar daya beli masyarakat. Patokannya: sepanjang orang masih mampu membelinya. ''Bahkan tidak ada hubungan antara penetapan harga obat dengan biaya riset,'' tulis media di sana.

Sudah lama saya ingin menulis kiprah riset Prof Agung. Ia masih keberatan. Ia khawatir keinginannya membangun pusat riset terganggu oleh hal-hal di luar ilmu pengetahuan. Sikap emosional dari berbagai pihak bisa mengganggu riset. Baik di birokrasi maupun di lingkungan dokter sendiri.

Saya pun setuju. Jangan sampai energi Prof Agung habis terkuras sia-sia. Apalagi kalau perusuh Disway ikut di dalamnya. (*)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan
Edisi 1 Desember 2023: Ubah Batu

AnalisAsalAsalan

Menjadi Politikus, Buat Apa? Pada suatu masa, saya tertarik ingin masuk ke dunia politik. Apalagi saat itu teman-teman saya sudah mulai pasang baliho caleg DPRD II. Ternyata, seingat saya, ga ada idealisme saya bahwa masuk ke dunia politik untuk mengabdi kepada masyarakat. Masuk politik ya untuk mengembangkan sayap, juga pekerjaan. Jadi malu juga mengingatnya. Lalu, saya perhatikan dan pelajari mengapa banyak politikus masuk penjara. Waktu itu saya simpulkan: 
1. Memang niat ambil uang (baca: korupsi). 
2. Lemah prinsip. Karena semua menikmati, apalagi orang yang disegani atau atasan juga begitu. 
3. Lugu. Ga tahu bahwa itu korupsi. Wong semua terima amplop, ya dikira itu wajar. Ini akibat tidak baca UU, perda, dll. Saya nilai diri sendiri. Ternyata, saya ga sanggup, terutama nomor tiga -- harus memahami sekian banyak peraturan untuk bisa membedakan mana amplop jatah kita, mana yang tidak sah. Dan, harus selalu waspada. Saya sampai berkata dalam hati, "Dunia politik praktis hanya bagi orang yang kuat. Kalau tidak, penjara menanti."

AnalisAsalAsalan

Menjadi Politikus, Buat Apa? (Bagian 2) Belum dua pekan, seorang teman bertanya apakah saya tidak mau jadi politikus. Dia menilai retorika saya bagus, argumentasi juga meyakinkan. Cocoklah jadi politikus. Saya bilang: Saya masih ada idealisme, jadi susah jadi politikus. Mengapa? Politikus tunduk kepada keputusan partai. Misalnya saya politikus Partai D. Partai D mendukung G jadi cawapres. Adapun saya sangat menentang karena G maju dengan tercabik-cabiknya konstitusi. Bagaimana mungkin saya mempromosikan G? Otomatis saya mundur dari partai, atau dipecat. Dan, sirkulasi itu akan terus berulang. Atau, haruskah saya bermain-main, punya banyak muka, hanya seolah-olah mendukung G? Itu juga berat di hati. Akhirnya saya simpulkan, saya ga cocok masuk dunia politik. Politik, politik. Poli: banyak tik: mengetik Mungkin ini yang cocok, banyak mengetik alias jadi perusuh. Hahahahaha.

thamrindahlan

Selamat Pagi Abah, Pak Mario dan Sobat Perusuh nan elok hati. Izin menyampaikan kegiatan Jum'at 1 Desember 2023 bersamaan 17 Djumadil awal 1445 Hijriah. Kampanye hari ke - 4. Kegiatan prioritas Shalat Jum'at di Masjid Jami' An Nur Polsek Ciracas sembari silaturahim dengan jamaah sahabat lama sesama purnawirawan Kramatjati Jakarta Timur. Sebelumnya olahraga jalan kaki pagi sama Istri dan Komunitas Perjaka (Persatuan Jalan Kaki) mengelilingi BHP / Kelurahan Dukuh. Mampir sejenak di BRI laporan plus buka blokir dana pensiun. Seorang anggota Perjaka mengingatkan : " Pak Thamrin kalau olahraga jalan kaki usahakan rutenya melawan jarum jam" Artinya gerakan jalan kaki berkeliling benda disebelah kiri. Alasan logis pertama posisi anatomi jantung ada disebelah kiri. Alasan kedua Olahragawan Atlit Lari selalu arah melawan jarum jam. Ke tiga : Sesuai dengan garakan Tawaf mengelilingi Ka'bah 7 kali lapazkan dzikir dan menyapa sesama pejalan kaki kebetulan berpapasan.. Modal utama penunjang kegiatan manusia adalah kaki. Upayakan selalu berjalan kaki dalam upaya merawat dan mempertahankan kebugaran tubuh. Jangan sampai ada masalah dengan sendi lutut. Mudah mudahan sobat pembaca selalu sehat. Mohoon maaf ketika sendi lutut bermasalah maka kegiatan keseharian terganggu. Lihat saja saudara kita menggunakan tongkat dan berkursi roda. Jaga kesehatan sebelum jatuh sakit dengan pola hidup sehat, menu seimbang perbanyak silaturahim. Semoga bermanfaat Have a nice friday, God Bless You

ACEP YULIUS HAMDANI

10 x refresh, logout, login, masuk dah... Seperti pepatah, gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, manusia mati meninggalkan.... Vonis, entah benar atau tidak, kalau sudah divonis berarti sudah dianggap salah dan hebatnya walau divonis 7 tahun tetap bisa dimakamkan di TMP, sepertinya bos besar juga bisa dimakamkan di Kalibata, tapi bukan TMP nya,. Makanya jadi pejabat itu harus lah lebih hati-hati, karena bukan hanya kesalahan sendiri, kesalahan anak buah juga tanggungjawab pemimpinnya, kalau anak buah korupsi ?, pimpinan tetap dapat jatah lebih besar, jadi tetap akan terseret sejauh-jauhnya...

Liáng - βιολί ζήτα

selingan "Qué Será, Será" - Doris Day. Frasa Qué Será, Será - originalnya adalah Ché Será, Será (bahasa Italia) yang berarti Whatever Will Be, Will Be. Ché Será, Será menjadi motto keluarga dari karakter yang diperankan oleh Rossano Brazzi di dalam film The Barefoot Contessa (1954). Tetapi Ray Evans dan Jay Livingston mengganti "Ché" menjadi "Qué" di dalam lagu yang ditulis mereka, dengan pertimbangan karena pada masa itu lebih banyak orang yang berbicara bahasa Spanyol (Hispanic) ketimbang berbahasa Italia di Amerika Serikat. Ide penulisan lagu Qué Será, Será muncul ketika putri kecil Jay Livingston yang berusia 2 tahun melihat burung terbang di langit, kemudian sang putri kecil bertanya kepada ayahnya (Jay Livingston) : What would be ?? [1/7]

Fiona Handoko

selamat pagi bp em ha dan bp mza. ada yg menarik dari jabatan eksekutif kota batu. akibat bp eddy menjadi tersangka. maka wakil wali kota, bp punjul santoso. otomatis mendapat lungsuran jabatan menjadi (plt) walikota. bp punjul menjadi walikota selama kira2 1 bulan. dari tgl 18 sep 2017 sd 26 des 2017. kemudian pada tgl 27 des 2017. beliau dilantik lagi menjadi wakil wali kota batu. karena memenangi pilkada bersama wali kota ibu dewanti rumpoko. untunglah mereka semua menduduki jabatan tanpa bantuan paman. sehingga terhindar dari julukan politik dinasti. 

Handoko Luwanto

Singgasana Perusuh Disway of the Month: Nov-2023 (253 orang) 
Tahta ⏰ Pertamax Terbanyak 
#.Nama (Komen;Kata)AWARD [diReplyOrangLain;meReplyOrangLain] 
#1.MULIYANTO KRISTA (307;2367)1✒️;10★;1⭐️;6⚾️;12⏰ [111;226] 
#2.Lagarenze 1301 (308;16360)1✒️;74★;14⭐️;4⚽️;10⏰ [243;55] 
#3.bitrik sulaiman (50;193)3⏰ [3;9] 
#4.Amat K. (107;1733)8★;1⏰ [28;75] 
#5.didik sudjarwo (34;673)2★;1⏰ [8;4] 
#6.Leong Putu (418;6742)5✒️;22★;8⚽️;1⚾️;1⏰ [278;149] 
#7.mzarifin umarzain (268;3637)2✒️;14★;4⚾️;1⏰ [11;208] 
#8.Udin Salemo (349;11191)1✒️;21★;1⭐️;2⚽️;3⚾️;1⏰ [129;221] 
Nama: MULIYANTO KRISTA, 
Tahta ⏰ Pertamax Terbanyak, periode: Nov-2023 
#.Edisi (Komen;Kata)AWARD [diReplyOrangLain;meReplyOrangLain] 
#1.01-11-2023=Kawin Janji (4;14)⏰ [4;2] 
#2.02-11-2023=IKN Pelit (18;172)★★★⭐️⚾️⏰ [3;13] 
#3.06-11-2023=__Letkol Piper (14;106)⏰ [4;9] 
#4.09-11-2023=Malu MK (11;55)⏰ [5;6] 
#5.10-11-2023=Diam Hanyut (12;76)⏰ [8;7] 
#6.11-11-2023=Bani Fir^aun (10;69)⏰ [2;8]
 #7.12-11-2023=God Bless (17;105)⏰ [9;10] 
#8.13-11-2023=Luar Dalam (17;110)⚾️⏰ [5;12] 
#9.14-11-2023=Arah Jaran (13;100)⏰ [7;9] 
#10.15-11-2023=__Nobel Robin (11;82)⏰ [11;5] 
#11.17-11-2023=Tahija Wolbachia (11;87)★⏰ [5;6] 
#12.30-11-2023=Alpukat Sigit (1;1)⏰ [1;0]

Yusuf Ridho

komplek -> kompleks Kompleks berasal dari kata "complex". Kata yang diakhiri huruf "x", dalam bahasa Indonesia, menjadi -ks. Contoh lainnya, seks (sex), indeks (index), rileks (relax), lateks (latex), eks (ex), dll. Terima kasih

mzarifin umarzain

Sudah berkuasa masih perlu korupsi? Berkuasa agar bisa berkorupsi? Berkorupsi agar bisa tambah berkuasa? Berkorupsi untuk investasi kuasa? Orang jujur tak boleh berkuasa? Orang jujur harus kuat. Tuhan menjamin sukses dunia aakhirot bagi yg bertaqwa.

Lili Zhen

Korupsi itu kreatifitas tanpa batas?. Mestinya dilegalkan saja. Karena minyak mentah, gas, batubara, pasir, dst bisa dimakan untuk memperkuat imunitas.

Jimmy Marta

Orang baik bisa tiba tiba menjadi jahat, begitu juga sebaliknya orang jahat masih ada sisi sisi baiknya. Sisi baik dan jahat manusia memang selalu berdampingan. Tapi agar hidup berjalan lancar sisi jahat sebisa mungkin harus dienyahkan. Pada dasarnya setiap manusia memiliki kecendrungan dua sisi. Namùn sisi mana yg menonjol tergantung tergantung dari stimulasi dan lingkungan yg memfasiltasinya. #d*t*khealth

Er Gham

Taman Makam Pahlawan dibuat untuk kepentingan negara, pemerintah, dan keluarga. Bukan untuk yang dimakamkan. Negara yang memiliki TMP, berarti negara itu dianggap menghargai jasa para pahlawannya. Buat pemerintah, dianggap ada keberpihakan atau perhatian dari pemerintah yang berkuasa bahwa mereka telah concern pada yang dimakamkan. Buat keluarga, ada kehormatan yang diterima. Tapi bukan untuk yang dimakamkan. Karena dia tidak butuh lagi pujian atau perhatian. Wong sudah mati. 08.05

Bahtiar HS

Urip kuwi mung mampir ngombe. Jenenge "mampir" pasti ora suwe. Yg namanya "mampir" itu datang dari suatu tempat, utk kemudian melanjutkan perjalanan ke tempat lain. Jadi kehidupan dunia ini hanya in-between saja. Tujuan "antara", bukan tujuan utama. Sekadar transit menuju bandara tujuan sebenarnya. Jenenge "ngombe" (minum) pasti sak mampune. Sak mampune lambung terisi air. Sak mampune awak nyruput air. Makanan berlimpah, tp sarapan ya satu pincuk cukup. Mau tanduk, paling sak pincuk maneh. Itu kalau makan pecel mBediun-e Mas BAS. Nggak mampu berpincuk2 makan meskipun mbok-e dodolan pecel. Meski sekadar mampir ngombe, ya tetap harus ngombe. Harus minum. Sebab itu bekal buat lanjutkan perjalanan. Kalau nggak cukup minum, sengsara. Dan jangan minum yg justru membuat beban perjalanan: minum oplosan bansos misalnya. Jadi, selamatkan diri kita dengan minum minuman yang terbaik selama di dunia buat bekal perjalanan. Dan ndak usah komen apa yang telah diminum orang lain. Krn pada hakikatnya bgmn perjalanan lanjutan tiap orang adalah misteri. Bahkan perjalanan kita kita sendiri. Jadi, husnuzhon saja. Tidak layak menghakimi, sedang diri kita sendiri blm tentu selamat. Sugeng tindak Pak Edy Rumpoko. Innalillahi wainna ilaihi rojiun. Mugi2 panjenengan selamet sampai tujuan. Nderek langkung tiap bulan sy lewat mBatu untuk nengokin anak yg lagi "ngombe" saripati ilmu mondok di Pujon. mBatu sakniki estu tambah asri dan rame. #edisi Jumat berkah

Fa Za

Turut berduka cita atas wafatnya Kiki Fatmala, aktris senior pemersatu bangsa. Semoga husnul khatimah.

Liáng - βιολί ζήτα

Kemungkinan besar ada komplikasi dengan penyakit lain yang mungkin sudah cukup lama di-derita oleh Pak Eddy Rumpoko. Diare diklasifikasikan menjadi empat kategori : 
1. Osmotic 
2. Secretory
3. Exudative 
4. Rapid Intestinal Transit 
1. "Diare Osmotik" disebabkan oleh adanya zat terlarut di saluran cerna yang sulit diserap dan menimbulkan efek osmotik. Efek osmotik adalah perpindahan air dari konsentrasi zat terlarut rendah ke konsentrasi zat terlarut tinggi. Penyebab diare osmotik mungkin intoleransi laktosa, malabsorpsi lemak, sindrom dumping setelah operasi lambung, atau obat-obatan tertentu (misalnya obat cair yang mengandung hipertonik atau sorbitol). 
2. "Diare Sekretorik" terjadi ketika terjadi kelebihan sekresi air dan garam di usus, yang disebabkan oleh racun bakteri (Clostridium difficile, E. coli, dll.), kafein, virus, atau peningkatan asam empedu setelah reseksi ileum.

Liáng - βιολί ζήτα

3. "Diare Eksudatif" berhubungan dengan kerusakan pada mukosa usus, yang menyebabkan pelepasan atau keluarnya lendir, darah, dan protein plasma dari sel akibat peradangan atau cedera. Hal ini meningkatkan kandungan cairan dalam tinja dan terjadi pada kolitis ulserativa, penyakit Crohn, atau enteritis radiasi. 4. "Diare Transit Usus Cepat" didefinisikan sebagai peningkatan aktivitas pendorong di usus besar. Ketika usus besar berkontraksi lebih intens dari biasanya, makanan dikeluarkan lebih cepat melalui sistem pencernaan dan lebih sedikit air yang diserap kembali ke dalam tubuh, sehingga membuat tinja menjadi terlalu encer. Penyebab diare jenis ini adalah sindrom iritasi usus besar, pembedahan bypass, reseksi lambung dan usus, antibiotik, atau stres.

Hari Purwanto

Pada peringatan hari anti korupsi sedunia (Hakordia) tahun 2020 , Firly pernah berujar "korupsi kita jadikan sebagai bahaya Laten yang mengganggu terwujudnya tujuan negara". Namun kini ironinya yang besangkutan selaku ketua KPK telah ditetapkan sebagai tersangka oleh almamaternya sendiri kepolisian, karena telah dengan teLaten melakukan pemerasan terhadap mantan Mentan SYL.

*) Dari komentar pembaca http://disway.id

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber : Disway.id

Komentar Anda