Sang Begawan Media

God Bless

God Bless Konser Emas 50 Tahun with Tohpati Orchestra. (FOTO: Ravie - inews.id)

COWASJP.COMSAYA duduk di belakang anak-anak Camelia Malik. Juga di dekat teman-teman lama Ahmad Albar. Saya sendiri mengajak tamu yang bersama saya datang dari Beijing. Mereka tidak tahu God Bless. Tapi bisa menikmati konser 50 tahun kelompok Ahmad Albar itu: Jumat malam kemarin.

''Berarti berapa umur Ahmad Albar sekarang?'' tanyanyi.

''几十几岁,'' jawab saya.

Mereka terkagum-kagum. Umur segitu masih sangat sehat. Jauh dari gambaran umur 77 tahun. Masih jauh lebih enerjik Ahmad Albar dibanding penyanyi Padi, Fadly, yang mengawali konser ini. Fadly, anak bangsawan Bugis yang jadi Arek Suroboyo itu membawakan lima lagu malam itu.

Ahmad Albar, kata Buddy ACe, wartawan yang akrab dengan God Bless, melakukan latihan berat menghadapi konser ini. Sejak tiga bulan lalu. Ahmad Albar dikenal tidak suka berolahraga. Badannya tetap langsing. Geraknya seperti 17 tahun lebih muda.

''Luar biasa sehatnya,'' ujar si Beijing.

''Masih bisa bikin anak,'' sahut orang yang duduk di depan saya. Rupanya ia bisa menangkap percakapan Mandarin kami. 

''Anda siapa?'' tanya saya.

''Saya teman lama Iyek,'' katanya. Iyek adalah panggilan Ahmad Albar. ''Tahun lalu saya ultah besar-besaran di Sheraton. Iyek yang tampil. Tanpa mau dibayar,'' tambahnya. Umurnya setahun lebih tua dari saya. Istrinya wanita Filipina. Jauh lebih muda.

Pertemanan mereka terjadi saat night club Tropicana masih ada di Jakarta. Masih baru. Selalu bertemu di situ. Minum-minum bersama.

Iyek memang dikenal suka kehidupan malam. Bahkan sempat masuk penjara terkait narkoba. Divonis 8 tahun. Tidak hanya sebagai pengguna. Ia juga dituduh menyembunyikan penyalur narkoba.

Narkoba jugalah yang membuat Iyek pecah kongsi dengan Jockie. Sampai bertengkar hebat. Pistol pun digunakan. God Bless pecah.

Konser 50 God Bless kemarin lebih bersifat konser Ahmad Albar –dibanding konser God Bless. Beberapa lagu Iyek yang di luar God Bless ikut dinyanyikan. Memang God Bless adalah Iyek, pun sebaliknya. God Bless empat kali berganti formasi. Ahmad Albar yang abadi.

Konser ini membuat Anda pun sadar: terasa sekali kekurangan Indonesia di bidang pembangunan kebudayaan. Pun Jakarta. Belum punya gedung konser yang besar. Istora Senayan ini sangat tidak memenuhi syarat. Akustiknya jelek sekali. Padahal malam itu God Bless diiringi orkestra Tohpati. Betapa sangat mengagumkan bila digelar di gedung konser yang bener. 

Memang sudah ada gedung pertunjukan dengan akustik nyaris sempurna. Milik swasta: Ciputra. Di Casablanca. Tapi kapasitasnya hanya 1.000 orang. Ada yang lebih besar. Di Kemayoran. Tapi itu gereja. Atau ada yang sedikit lebih besar di Sentul. Pun kurang besar untuk ukuran konser masal yang serius.

Kesenian-kebudayaan memang dikalahkan oleh politik dan olahraga. Maka sosok Ahmad Albar terasa lebih besar dari Istora. 

God Bless sendiri seperti lahir dari gedung kesenian: Taman Ismail Marzuki. Penampilan  pertamanya dilakukan di pusat kesenian di Jalan Cikini Raya Jakarta itu. Tanggal 5 Mei 1973. Saat Albar sudah berumur 27 tahun.

Siapa pun sepakat bahwa penampilan di TIM itu sangat sukses. Fenomenal. Nama Albar  melambung. Melejit. Meroket.

Saat itu Albar memang punya rasa percaya diri yang besar. Tidak dimiliki pemusik lain di dalam negeri. Ahmad Albar merasa ''lulusan'' Belanda. Ia memang belum lama pulang dari Belanda. Ia lama di Belanda. Lebih lima tahun.

Waktu lulus SMA, Jakarta lagi kisruh: ada G30S/PKI. Albar ke Belanda. Ada pamannya di sana. Albar tidak sekolah di sana. Ia kenal anak-anak yang suka musik di sana. Ia belajar gitar di sana. Ia diajak menyanyi di pub-pub di sana.

Pulang ke Indonesia ia merasa lebih pede. Lalu ia ajak gitaris di sana untuk pulang ke Indonesia: Ludwig Lemans. Keturunan Indonesia. Ludwiglah yang jadi gitaris saat mereka tampil di TIM. Ian Antono, gitaris legendaris Indonesia belum gabung ke God Bless saat itu.

Melihat konser God Bless kemarin malam saya mengingat-ingat: sudah adakah buku yang terbit tentang Ahmad Albar. Seingat saya belum ada. 

Mengapa.

Saya pun menghubungi Buddy ACe. Ia nonton di deretan depan saya. Ia kakak Abdi Negara, vokalis Slank. Ia menjadi moderator saat diskusi tentang God Bless di ulang tahun yang ke 40. 

''Sebenarnya sudah ada yang menulis buku tentang God Bless. Sudah sejak sembilan tahun lalu,'' ujar Buddy. ''Tapi Ahmad Albar belum setuju,'' tambahnya.

Buddy mengatakan sudah membaca draf buku tersebut. Isinya banyak yang belum diketahui orang. ''Semacam untold story Ahmad Albar,'' kata Buddy. 

Penulis buku tersebut seorang wartawan. Tapi ia menulis lebih sebagai penggemar God Bless. ''Sudah sekitar sembilan kali ia minta izin ke Ahmad Albar. Belum diizinkan,'' kata Buddy.

Mungkin menunggu konser God Bless 75 tahun. Atau 100 tahun. Dan saya janji akan menontonnya lagi. (*)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan

Edisi 11 November 2023: Bani Fir'aun

Agus Suryonegoro III

SERAT "KEKANCINGAN".. Kalau di Yogya, mungkin juga di Surakarta, siapa keturunan siapa, ada "silsilah", yang "kebenarannya" orang per orang dikukuhkan dengan "serat kekancingan" atau "surat keputusan" dari raja. Kalau di Yogya, surat keputusan itu dikeluarkan oleh "Tepas Kawedanan Hageng Darah Dalem" atau "Kementrian Urusan Keturunan" dari Kraton Yogya. Yang memerlukan keputusan, mengajukan permintaan disertai "silsilah", kemudian dilakukan penelitian oleh "kementrian urusan keturunan" itu. Apakah ada manfaatnya..? Pada jamannya ada manfaatnya. Yaitu sampai urutan turunan dari raja yang diakui, ybs berhak gelar "Raden". CONTOH. Yang nomor kecil, urutan kedua dari raja, kalau belum nikah, kalau anak selir: BRM (Bendoro Raden Mas), kalau anak permaisuri: GRM (Gusti Raden Mas). Kalau udah nikah, anak selir: BPH (Bendoro Pangeran Haryo), kalau anak permaisuri: GPH (Gusti Pangeran Haryo). ### Dan seterusnya: Raden Mas, Raden..

Mirza Mirwan

Ada dua ayat dalam al-Quran yang tiap dua minggu sekali pasti saya baca. Kedua ayat itu terkait dengan terbelahnya Laut Merah sekitar 3500 tahun nan silam. واذ فرقنا بكم البحر فانجينكم واغرقنا ال فرعون وانتم تنظرون (البقرة ٥٠) "Dan (ingatlah) ketika Kami belah laut untuk kalian, sehingga kalian dapat Kami selamatkan, dan Kami tenggelamkan Firaun dan pengikutnya, sedang kalian menyaksikan (itu)". ولقد اوحينا الى موس ان اسر بعبادى فاضرب لهم طريقا فى البحر يبسا لا تخف دركا ولا يخشى (طه ٧٧) "Dan sungguh telah kami wahyukan kepada Musa agar pergi bersama hamba-hambaKu, maka pukullah untuk mereka jalan yang kering di laut itu, janganlah takut akan terkejar, pun jangan khawatir akan tenggelam". Sebagai muslim, saya tak pernah meragukan kebenaran al-Quran. Itu adalah salah satu rukun Iman. Sama seperti saya mempercayai bahwa Rasulullah menjalani Isra' Mi'raj. Bagi Allah tak ada yang mustahil, kok. Apapun kehendakNya cukup "Kun fayakuun". Bukti ilmiah? Saya pernah membaca entah di mana, National Center for Atmospheric Research (NCAR) di Boulder, Colorado, menyatakan bahwa kisah Laut Merah itu bisa dijelaskan dengan Teori Mekanika Fluida. Detail penjelasannya saya tak ingat.

Heiruddin Arafah

Seingat saya, Disway pernah menulis tentang bahan pangan non beras agar dibuat seperti butiran beras. Sepertinya sudah ada yg berhasil. Produksi singkong mirip butiran beras. Sy lihat tempatny di Gn Kidul. Mungkin suatu saat diapresiasi.

Wilwa

@MU. Tanah secara kimia adalah Carbon. Dan manusia memang punya unsur Carbon dalam tubuhnya. Walau air atau H2O adalah molekul terbanyak dalam tubuh manusia. Tubuh manusia secara science terdiri dari sel-sel. Setiap sel punya DNA dalam inti sel. DNA Anda sama persis baik di sel sperma Anda, sel kulit Anda, sel jantung Anda, sel rambut Anda, dll sel. Setiap orang punya DNA yang unik. Disumbang dari DNA ayah dan ibu. Fifty fifty. Ketika terjadi pembuahan di rahim. Dari situlah, bisa diketahui ada kasus bayi tertukar setelah diteliti DNA orang tuanya, misalnya. Carbon secara kimia adalah unsur keenam dalam tabel periodik kimia. Artinya dia punya 6 proton dalam inti atom Carbon. Hidrogen adalah induk semua atom. Protonnya hanya satu. Helium dua proton. Dst. Alam Semesta terisi oleh Hidrogen secara mayoritas. Helium dan Carbon berikutnya. Helium = stars. Carbon = planets. DNA pada dasarnya tersusun dari protein. Protein pada dasarnya terdiri dari Carbon, Hidrogen, Oksigen, Nitrogen. Dan ketika kita mati semua unsur dalam tubuh kita kembali ke alam. 

Wilwa

Species bakteri dan virus entah berapa juta/milyar. Yang pasti lebih banyak dibandingkan species jamur, tumbuhan, hewan. Dalam tubuh kita juga terdapat virus dan bakteri. Ada yang “baik” misal bakteri dalam usus kita yang membusukkan makanan yang kita makan sehingga menjadi feses/tinja. Ada juga yang “jahat” misal bakteri TBC atau virus Flu (termasuk covid di dalamnya). Dulu manusia sebelum ditemukan antibiotik selalu KO kalau diserang bakteri jahat. Bakteri bisa dibunuh antibiotik. Walau bakteri kemudian juga bermutasi sehingga kebal antibiotik sehingga ilmuwan harus menemukan antibiotik baru. Yang paling memusingkan adalah virus. Kita hanya bisa mengandalkan imunitas tubuh kita sendiri (sel darah putih dkk) untuk mengenali dan membunuh virus jahat dalam tubuh kita. Vaksin adalah semacam learning bagi imunitas tubuh kita untuk mengenali virus berbahaya tersebut. Dalam banyak kasus misal demam berdarah, kita hanya bisa meredam gejala demam dan menambah cairan tubuh, selebihnya kita mengandalkan daya tahan dan imunitas tubuh kita sendiri. Kuat kuatan, kalau kita kalah kuat ya selesailah riwayat kita sebagai manusia. 

Mirza Mirwan

Tentang Sally Hemings (terlahir Sara Hemings) 1773 - 1835. Sebenarnya bukan simpanan, melainkan budak Thomas Jefferson. Sally lahir dari Betty Hemings yang menjadi budak ayahnya Martha (isteri Jefferson dari 1772 hingga meninggal 1782). Sally itu hanya seperempat Afrika dan tiga-per-empat Inggris, karena ayahnya juga ayah Martha. Tahun 1787, Jefferson jadi duta besar untuk Perancis. Saat itu putri Jefferson, Martha (seperti nama ibunya) minta ditemani Sally. Keduanya seumuran. Seperti kata peribahasa jawa "witing tresna jalaran saka kulina", di usia 19 tahun Sally jadi selir Jefferson -- di Perancis tak ada perbudakan. Tadinya Sally tak mau diajak balik ke AS, karena tak mau jadi budak lagi. Tetapi dengan janji bahwa anak-anaknya akan dimerdekakan setelah usia 21, Sally menurut. Berhubung statusnya sebagai budak, saat Jefferson menjadi presiden, Sally tetap di Monticello, Virginia. Yang tinggal di Washington Martha dan adik-adiknya. Dari Jefferson Sally punya 6 orang anak: Harriet Hemings I, Beverly Hemings, anak ketiga meninggal saat bayi, Harriet Hemings II, Madison Hemings, dan Eston Hemings. Entah dari garis siapa nasab Prof. Thomas Best sampai ke Jefferson.

Udin Salemo

#everyday_berpantun 

Ada nila di dalam bumbungan/ 

Jerat ikan punya Pak Hasan/ 

Ada yang gila silsilah keturunan/ 

Hanya untuk sebuah kebanggaan/ 

Akses jalan menuju kota Ampenan/ 

Berkelok-kelok dan penuh tantangan/ 

Sukses anda bukan karena turunan/ 

Kerja keras nasib baik dan ridho Tuhan/ 

Ke Cidahu naik Cipaganti/ 

Hati-hati kalau menyeberang/ 

Hati aku rindu menanti/ 

Belahan hati jauh di seberang/ 

Misuh-misuh sifat si-anu/ 

Maju terus tak kenal gentar/ 

Perusuh Darjo jika hari sabtu/ 

Hp disita susah berkomentar/ (

sakno jadi anggota isti, mkmkmk...) *monitor perusuh Rungkut 

thamrindahlan

Selamat Pagi. Have a nice week end Pak Mario and gangs. Bani Firaun mengulas perihal anak keturunan manusia. Mencari jejak nenek moyang ada baiknya juga guna mengetahui asal muasal keturunan. Walaupun akhirnya berhulu kepada Bapak dan Ibu Abadi Nabi Adam dan Siti Hawa. Kita samua bersaudara. Untunglah dari keluarga besar Ayahanda Haji Dahlan bin Affan dari Bengkulu memiliki silsilah sampai 10 keatas. Demikian Pula Ibunda Hj Kamsiah binti Sutan Mahmud dari Batusangkar Sumbar memiliki silsilah (ranji) keluarga 5 keturunan keatas.. Pusaka lama inilah yang kami gunakan untuk saling mencari saudara seketurunan nan terserak. Alhamdulillah silaturahim keluarga besar tetap terjalin terutama ketika Halal Bihalal. Memperkenalkan anak cucu dengan sanak saudaro sakampuang sambil membagi bagikan phiotocopy silsilah. Bangsa Amerika lebih modern. Mereka mengabadikan catatan anaka keturunan dengan haritage ke internet. Anda sudah tahu ketika membuka silsilah John F Kenedy. Disana lengkap data dan foto keluarga besar satu abad kebelakang bahlkan lebih.. Masih perlukah DNA ? Tentu saja perlu terutama untuk meng identifikasi korban kecelakaan pesawat terbang /musibah lainnya. Juga tindak pidana pembunuhan. Test DNA untuk meyakinkan sang korban sanak family dari siapa namun untuk polis asuransi test DNA guna klaim bagi ahli waris. Petik daun salam ayo dimakan / Obat mujarab penyakit jantung / Bani Firaun kenapa diributkan / Jadi ingat ungkapan Rocky Gerung / Salamsalaman

Handoko Luwanto

Jurnal Perusuh Disway Edisi: Diam Hanyut (Jum,10-11-2023) #.Nama (Komen;Kata)AWARD [diReplyOrangLain;meReplyOrangLain] #1.ACEP YULIUS HAMDANI (1;181) #2.Agus Suryonegoro III (6;644)★ [7;3] #3.Agus Tejo (10;80) [3;0] #4.ahmad faqih (1;37) [1;0] #5.Ahmad Zuhri (1;42) [0;1] #6.alasroban (1;4) #7.Alex Ping (2;96) [4;0] #8.Amat K. (1;20) [0;1] #9.AnalisAsalAsalan (3;168) [0;3] #10.Atho^illah (2;9) [0;2] #11.Azza Lutfi (1;11) [0;1] #12.bitrik sulaiman (1;2) #13.Citra Cilia (1;16) [1;0] #14.didik sudjarwo (2;29) [1;0] #15.Echa Yeni (5;39)★ [0;3] #16.Em Ha (5;250)★★ [8;1] #17.Er Gham (8;440)★ [12;1] #18.Fauzan Samsuri (1;88)★ #19.Fiona Handoko (1;147)★ [6;0] #20.Gianto Kwee (2;40) [0;2] #21.Gregorius Indiarto (3;77) [0;2] #22.Handoko Luwanto (3;280)★ [2;0] #23.Hari Purwanto (1;90) #24.imau compo (5;202) [1;4] #25.Jimmy Marta (9;282) [4;4] #26.Jo Neca (6;178) [6;5] #27.Johannes Kitono (1;185) [1;0] #28.Jokosp Sp (8;324) [0;8] #29.Juve Zhang (16;1149)★ [14;5] #30.Kang Sabarikhlas (1;51) #31.Komentator Spesialis (2;17) [0;1] #32.Lagarenze 1301 (10;638)★★ [3;2] #33.Leong Putu (13;158)★ [11;2] #34.Liam Then (18;1549)★ [7;8] #35.Mahmud Al Mustasyar (2;56) [0;2] #36.Mirza Mirwan (2;355)★★ [2;0] #37.MULIYANTO KRISTA (12;76)⏰ [8;7] #38.mzarifin umarzain (24;312)✒️★⚾️ [0;17] #39.Nimas (5;135)★ [1;4] #40.nur cahyono (2;4) [0;1]

Leong Putu

Saya hanya kepikiran jika ikan di got depan rumah ditemukan ada jejak DNA saya, ntar dipikir saya ada main dengan nenek moyang ikan tersebut. Padahal ceritanya kan gak begitu.

Amat K.

Berceceran ke mana-mana rupanya

Jokosp Sp

Atau jangan-jangan pas dikamar mandi. Air mengalir ke got aja. Makanya kok sabun sering cepat habis?

imau compo

Fir'aun bukanlah nama individu tetapi nama raja-raja Mesir bahkan Wikipedia menyebutnya nama tersebut tetap digunakan setelah dianeksasi Romawi. Tidak dijelaskan oleh Wikipedia apakah raja-raja pasca aneksasi adalah boneka asli Mesir atau bangsa Eropa yg dikirim dari Eropa ke Mesir. Satu hal yg mengejutkan, kerajaan ini pernah dipimpin oleh Firaun dari wilayah selatan, dari wilayah yg sekarang disebut Sudan yg berkulit hitam. Ini yg diungkapkan sejarawan yg dilaporkan National Geographic belasan tahun yg lalu. Sejarawan-sejarawan sebelumnya, yg berkulit putih, selalu berusaha menutupi fakta ini utk mempertahankan sejarah supremasi kulit putih. Teman saya pernah mengungkapkan, dalam Al Quran Allah Swt berjanji menunjukkan wujud firaun (yg jahat) agar dapat menjadi pelajaran bagi umat-umat setelahnya. Kesimpulan beliau, jasad yg masih terpelihara sampai sekarang, salah satunya, adalah firaun yg ditenggelamkan Allah Swt di Laut Merah. Lantas, pemegang DNA tadi turunan dari firaun yg mana? Yg hitam, putih, coklat, jahat dan yg baik? Sepertinya tidak berpengaruh karena pertanggungawabannya, sekarang atau hari akhirat nanti, tetap yg bersangkutan secara pribadi. "Yg tidak beriman pun akan mendapatkan anugerah dalam kebaikan duniawi," kata UAH. 

Wilwa

Betul. Firaun atau Pharaoh adalah istilah orang Mesir/Egypt untuk Raja. Tapi kebanyakan orang menyangka istilah Firaun merujuk pada satu orang saja terutama yang terkait dengan Musa/Moses. Dan Firaun Mesir bukan orang Mesir saja. Kadang orang Afrika. Kadang orang dari Mesopotamia. 

Liáng - βιολί ζήτα

iseng-iseng saja. Bagi yang berminat untuk mengetahui dan memahami lebih detail mengenai DNA, berikut ini beberapa buku yang layak untuk dibaca : 

1. Buku "The Double Helix : A Personal Account of the Discovery of the Structure of DNA" tulisan James Watson, Francis Crick dan Maurice Wilkins - peraih Nobel Prize in Physiology or Medicine, 1962 (peraih Hadiah Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran pada tahun 1962). 

2. Buku "DNA: The Secret of Life" tulisan James D. Watson. 

3. Buku "The Gene : An Intimate History" tulisan Siddhartha Mukherjee.

Liáng - βιολί ζήτα

selingan "Somewhere Between" -----> "Hatimu Hatiku" Bagi Anda - penggemar Titiek Sandora dan Muchsin Alatas - tentu Anda ingat lagu "Hatimu Hatiku" - yang liriknya ditulis oleh Is Haryanto - rekamannya dirilis pada tahun 1981. Betapa sayangku, engkaupun tahu Kukira kaupun begitu Namun sayang adalah sesuatu Antara engkau dan aku Di antara hatimu hatiku Terbentang dinding yang tinggi Tak satu jua jendela disana Agar kumemandangmu Ada suatu antara kita Yang tak dapat ku mengerti Hanya senyummu selalu membayang Membuat ingin bertemu ............ Lagu "Hatimu Hatiku" tersebut adalah adaptasi dari lagu "Somewhere Between" - yang diciptakan oleh Merle Haggard dan Bonnie Owens - direkam pertama kali pada tanggal 11 April 1967 - dinyanyikan oleh Merle Haggard sendiri - berada di dalam album "I Threw Away the Rose" - yang dirilis pada tanggal 28 Agustus 1967. [1/4]

Liáng - βιολί ζήτα

Somewhere between your heart and mine There's a window that I can't see through There's a wall so high it reaches the sky Somewhere between me and you I love you so much I can't let you go And sometimes I believe you love me But somewhere between your heart and mine There's a door without any key ............ Somewhere between your heart and mine There's a love I can't understand Oh, it's there for awhile then it fades like a smile And I'm left in the middle again Merle Haggard - seorang penyanyi bergenre utamanya country, juga seorang musisi dan penulis lagu - terlahir dengan nama Merle Ronald Haggard - kelahiran Oildale, California, Amerika Serikat - pada tanggal 6 April 1937. Meninggal dunia di Palo Cedro, California, Amerika Serikat - pada tanggal 6 April 2016 - persis di hari ulang tahunnya yang ke 79 - karena Komplikasi Pneumonia. Bonnie Owens - seorang penyanyi bergenre country dan juga seorang penulis lagu - terlahir dengan nama Bonnie Campbell - kelahiran Blanchard, Oklahoma, Amerika Serikat - pada tanggal 1 October 1929. Meninggal dunia dalam perawatan di rumah sakit karena penyakit Alzheimer - pada tanggal 24 April 2006 di-usia-nya 76 tahun. [2/4]

Liáng - βιολί ζήτα

Nama Owens di belakang nama Bonnie adalah nama suami pertamanya : Buck Owens (terlahir dengan nama Alvis Edgar Owens Jr.) - setelah berpisah dengan Buck Owens, Bonnie menikah dengan Merle Haggard. Lagu "Somewhere Between" berkisah tentang perasaan yang terjebak di antara "dua dunia". Komposisi yang bermuatan emosi ini menyentuh hati pendengarnya, membangkitkan rasa kerinduan, kehilangan, dan kompleksitas cinta. Liriknya membawa rasa melankolis dan kerentanan yang mendalam, mengungkapkan konflik internal perasaan. Ini menggambarkan perjuangan seseorang yang menemukan dirinya terjebak dalam sebuah hubungan yang telah kehilangan semangatnya, namun tidak dapat melepaskan sepenuhnya. Inspirasi penulisan lagu "Somewhere Between" sebenarnya adalah pengalaman Bonnie Owens sendiri. Pernikahan Bonnie Owens yang penuh gejolak, ditandai dengan perselingkuhan dan jarak emosional, memberikan latar belakang emosional pada lagu "Somewhere Between" ini. Tidak diketahui persis, apakah "pernikahan Bonnie Owens yang penuh gejolak" itu dengan suami pertamanya (Buck Owens) ataukah justru dengan Merle Haggard sendiri. Karena, setelah akhirnya berpisah juga dengan suami keduanya (Merle Haggard), Bonnie Owens masih terus berkolabarasi dengan Marle Haggard dalam bermusik. Atau mungkin juga, bahkan dengan kedua-duanya ?? [3/4]

Liáng - βιολί ζήτα

Begitu banyak artis ternama yang mengcover lagu "Somewhere Between" ini, di antaranya : - Merle Haggard. - Liz Anderson. - Bonnie Owens. - Porter Wagoner and Dolly Parton. - Ernest Tubb and Loretta Lynn. - Buck Owens and Susan Raye. - Tumbleweeds. - Suzy Bogguss. - Daniel O'Donnell and Mary Duff. - Willie Nelson and Loretta Lynn. Kalimat : " but somewhere between your heart and mine there's a door without any key " * tapi di suatu tempat antara hatimu dan hatiku ada pintu tanpa kunci apa pun * menangkap inti dari kekacauan yang dirasakan. Garis pedih ini menyoroti penghalang yang ada di antara dua orang yang dulunya sangat terhubung. Merle Haggard dan Bonnie Owens "kurang kreatif" ah..... kalau masalahnya "ada pintu tanpa kunci apa pun" - itu mah gampang atuh..... "congkél saja éngsél-nya"..... itu pintu - bukan lagi langsung terbuka - malahan langsung gubrak..... gitu aja koq repot sih..... hahahahaha..... [4/4].

Mirza Mirwan

Di Indonesia cukup sekali ada aksi bela Palestina, karena pesertanya cukup mbludak. Dan lagi kelihatannya perlu biaya besar. Sementara di berbagai kota di Eropa dan AS terlalu sering ada unjuk rasa (protes) -- terutama Sabtu dan Minggu -- diikuti ribuan hingga puluhan ribu orang dengan tuntutan agar diadakan gencatan senjata. Dan jangan kaget, di antara para pengunjuk-rasa itu ada kakek-nenek yang sudah sepuh-sepuh, usia +/-- 90 tahun. Pun jangan kaget, mereka itu orang Yahudi, survivor holocaust zaman Hitler. Kapan itu di Minneapolis Biden pernah diinterupsi Jessica Rosenberg, seorang Rabbi Yahudi, minta agar Biden menekan Israel agar mengadakan gencatan senjata. Tapi Biden bilang gencatan senjata hanya akan menguntungkan Hamas. Menurut Biden yang diperlukan hanya "a pause" -- belakang disetujui Israel sebagai "humanitarian pause" selama 4 jam tiap hari. Biden juga meragukan jumlah korban sipil, yang digelembungkan. Belakangan bahkan menterinya, Blinken, menduga jumlah korban tewas "far too many" ketimbang yang dilaporkan. Dalam wawancara dengan TIME, manta PM Israel Ehud Barak juga mengaku kurang sreg dengan langkah yang ditempuh Netanyahu. "Saya pikir ada kebutuhan di Israel dalam keadaan paling berat dan paling sulit ini untuk tidak pernah melupakan tujuan," kata Ehud Barak, mantan PM Israel 1999 - 2001 dan menteri pertahanan 2007 - 2013. (bersambung ke atas)

Agus Suryonegoro III

DI JAWA, orang tidak mengenal nama fam/marga. Sedangkan di beberapa daerah lain, nama marga adalah bagian dari budaya. Di Maluku, dari nama fam nya, kita akan tahu, ybs turunan: 1). Portugal. 2). Belanda. Beberapa penyandang nama fam Portugal, juga masih meninggalkan ciri fisik Eropa. ### Tidak perlu test DNA.

Mirza Mirwan

"Cara yang benar adalah dengan melihat solusi dua-negara. Bukan demi keadilan bagi rakyat Palestina yang bukan merupakan prioritas utama saya, melainkan karena kita punya keharusan yang mendesak untuk melepaskan diri dari Palestina demi melindungi keamanan kita, negara kita, masa depan kita, dan identitas kita sendiri," sambung Barak. Selain Ehud Barak, ada Amira Hass. Jurnalis Israel itu juga putri survivor Holocaust. Ia juga menyerukan gencatan senjata. Memperpanjang hujan bom ke Gaza hanya akan memperburuk citra Israel di mata dunia. "Pada dasarnya manusia itu baik," tulis Anne Frank dalam catatan hariannya dulu itu. Muslim dan Kristen di Gaza atau Israel, ataupun Yahudi di Israel dan di negara manapun, yang tunduk pada hati nurani (heart of heart) pasti menilai bahwa menghujani kamp pengungsi, rumah sakit, fasilitas pendidikan dan tempat ibadah dengan bom adalah tindakan biadab. Sejak 7 Oktober sampai tadi malam korban tewas di pihak Palestina sudah 11.261 jiwa, sedang di pihak Israel 1.405 jiwa.

Agus Suryonegoro III

DELAPAN tahun, saya bekerja di bidang telegrap Saya sih di bidang yang mentranmisikan berita. Kadang saya heran, khususnya di Maluku, banyak telegram, yang sialamatnya hanya berisi: 1). Nama penerima. 2). Nama "kampung". Tidak ada nama jalan. Tidak ada nomor rumah. Tidak ada nomor tilpun. Saya tanya petugas Caraka, yaitu petugas yang mengantar telegram ke rumah. "Bagaimana cara bisa menemukan rumahnya..?" Jawabnya adalah: "Berdasarkan nama fam..". ### Nama fam/marga, bermanfaat untuk petugas pengantar surat. Telegram dan pos. Kalau sekarang di daerah yang ada budaya nama fam dan marga, pasti juga bermanfaat untuk penjemputan gojek/gram dan pengantaran paket/logistik.

Wilwa

Ryu Hasan melontarkan satu lelucon yang bagi kebanyakan orang nggak lucu, yang saya ingat sampai sekarang. Joke nya begini. Bapak-bapak yth, Anda mengatakan bahwa seseorang itu anak Anda lebih berdasarkan KLAIM iman bukan FAKTA science. Untuk memastikan bahwa seseorang itu anak Anda maka seharusnya Anda harus tes DNA Anda, DNA istri Anda, DNA seseorang yang Anda klaim sebagai anak Anda. Dengan resiko Anda dimarahi istri Anda karena Anda secara tak langsung menuduhnyi selingkuh. 

HONDA CBR150R

Keren juga, aku mau test dna juga, sapa tau masih saudara dengan tyrannosaurus (sama2 dari group tetrapods)

Lagarenze 1301

Ada teman saya dari Bugis, kata pertama namanya: Andi. Dia begitu bangga bercerita sebagai keturunan raja, yang darahnya "biru", yang dulunya mendapat tempat terbaik dalam masyarakat. Tapi, dia pernah tidak menggubris saya sepekan lebih. Itu setelah saya beritahu kebenaran bahwa "Andi" itu adalah nama pemberian Belanda di awal Abad 20. Nama depan Andi diberikan untuk keturunan bangsawan di Sulsel agar perbedaan kelas dalam masyarakat bisa dimanfaatkan. Ini terkait dengan politik etik yang dijalankan Belanda ketika itu. Setelah sepekan dia mulai mau membalas salam saya, tapi dengan sedikit malu. Dia pasti sudah melakukan riset dan tahu kebenarannya. :)

Beny Arifin

Saat ini yang paling bermanfaat dan mendatangkan keuntungan langsung adalah menjadi keturunan Presiden Joko Widodo.

Liam Then

Selintas baca pendapat seorang wanita di Quora , namanya ada Halina Romavnina Dydicka , ia bilang minim rekaman sejarah Israel selain yang tertera di kitab suci. Dan beranggapan sejarah di kitab suci itu kurang bisa diandalkan. Ia menambahkan ,ada beberapa nukilan menyebut Bangsa Israel tercatat di prasasti ukiran batu, yang tertua prasasti kemenangan Menerptah , penguasa dinasti ke-4 dinasti ke-19 Mesir kuno 1213-1203 SM (Sebelum Masehi), bunyinya seperti ini dalam bahasa inggris : : "Israel? is laid waste and his seed is not" Trus ada prasasti di Assyria 842-796 SM , disitu juga ada sepenggal cerita tentang seorang raja Assyria membunuh anak raja Israel. Ada gen Eropa dan Arab didalam DNA orang Israel ya normal. Wong sejarahnya sudah panjang, bahwa pada Zaman Mesir mereka pernah terusir, bukan berarti beberapa ribu tahun kemudian mereka tak ada yang kembali kesana,wong dekat, tinggal nyebrang Gurun Sinai. Yunani Makedonia saja pernah jadi penguasa Mesir dan jadi Firaun ( Pharaoh) disana. Cleopatra VII ratu cantik 7i itu dikatakan punya anak dengan Julius Caesar bernama Caesarion 23 juni thsun 47 SM ( entah shio apa ) , menunjukan sejarah panjang cawe-cawe orang eropa di kawasan Timur Tengah. Jadi gak heranlah punya DNA Eropa apalagi Arab. Yang saya penasaran, keturunan murni Yahudi kunonya, kira -kira nampak seperti apa. Banyak perdebatan di internet, ada yang bilang aslinya mereka itu kulitnya hitam, karena datang dari Afrika. Nah loh...makin pening.

*) Dari komentar pembaca http://disway.id

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber : Disway.id

Komentar Anda