Sang Begawan Media

Kawin Janji

Mike Johnson saat berbicara kepada wartawan setelah terpilih jadi Ketua DPR AS di Capitol Hill, Washington, Selasa 24 Oktober 2023. (FOTO: Net - rmol.id)

COWASJP.COMIMBANG: kini Ketua DPR Amerika Serikat di tangan seorang fundamentalis. Presidennya, Anda sudah tahu: di tangan liberal.

Begitu fanatiknya ketua DPR baru ini sampai kawin pun sangat agamis. Namanya sudah sering ditulis bung Mirza Mirwan di komentar Disway: Mike Johnson. Umurnya baru 51 tahun. Istrinya bernama Kelly. Anak: 4 orang.

Mereka kawin di tiga negara bagian: Arizona, Arkansas dan di daerahnya sendiri, Louisiana –belakangan saya harus hati-hati nulis nama Louisiana agar tidak Lousiana.

Hanya tiga negara bagian itulah yang punya UU Perkawinan Covenant. Mereka kawin di tiga negara bagian tersebut sebagai dukungan moral: hanya tiga itu yang berani punya UU Perkawinan Covenant.

Anda sudah tahu: negara bagian lain bebas. Kawin adalah urusan dua orang pengantin. Mau kawin dengan cara apa pun bukan urusan negara. Boleh kawin secara agama. Boleh secara dewa. Pun boleh hanya di depan Whoosh. Bahkan tidak di depan apa pun.

Mengatur perkawinan secara agama, lewat UU, dianggap mencampurkan urusan agama ke urusan negara. Itu ancaman bagi konstitusi. Apalagi tidak ada MK di sana.

Salah satu kewajiban dalam UU Kawin Covenant adalah: kawin harus untuk seumur hidup. Bukan hanya sampai kaken-kaken ninen-ninen. Sudah kaken pun tidak boleh menceraikan ninen. Harus sampai salah satu meninggal.

Kewajiban lain adalah: sebelum kawin harus ikut program konseling: kawin itu apa, untuk apa, bagaimana, dan seterusnya. Pun ketika tidak cocok lagi: harus ikut program konseling. Agar tidak jadi cerai.

Suami istri Johnson memang aktivis gereja. Johnson tidak terlihat ambisius jadi ketua DPR. Meski sudah empat periode duduk di parlemen tidak terpikir bisa jadi ketua. Namun ketika yang ambisius-ambisius bertengkar Johnson yang dapat durian runtuh. Terutama setelah mereka saling menjatuhkan.

Johnson berpendapat agama seharusnya jadi pedoman bernegara. Bukan demokrasi. ''Tahukah Anda, apakah demokrasi itu?'' ujarnya di satu forum gereja. Tentu sudah lama Johnson mengatakan itu. Ucapan peka seperti itu tidak akan diungkapkan media saat ini kalau Johnson tidak jadi ketua DPR. 

Tapi kini Johnson jadi orang yang sangat berkuasa. Kalau presiden meninggal dunia ketua DPR-lah yang menjadi orang nomor 2 paling berkuasa di negara adikuasa itu. 

Maka jejak digitalnya pun ditelusuri. Jangan sampai kekuasaan negara jatuh ke tangan orang yang berbahaya. Apalagi presidennya sudah tua: Anda sudah tahu siapa ia.

Johnson menjawab sendiri pertanyaannya itu: ''Demokrasi adalah dua ekor serigala dan seekor kambing yang lagi rundingan untuk memutuskan akan makan apa malam ini,'' katanya. 

Maka, kata Johnson, Anda tidak seharusnya berdemokrasi. Aturan ''mayoritas yang menang'' tidak selalu menjadi keputusan yang terbaik.

Menurut media di Amerika, Johnson mengatakan itu di forum gereja First Baptist di Haughton, Louisiana. Di tahun 2019.

Memang tidak dijelaskan di media itu: apa konteks ucapannya itu. Juga apakah kalimat tersebut hanya satu potong dari banyak kalimat lainnya. Padahal bisa saja setelah itu ia meneruskan dengan kalimat seperti ini: ''tapi tetaplah demokrasi adalah sistem terbaik dari yang ada''. Atau tidak. Atau memang Johnson punya pikiran bahwa sistem agama lebih baik.

Buktinya ada jejak digital lainnya: Johnson berpendapat gerejalah yang seharusnya mengurus santunan sosial. Bukan negara. 

Ia bercerita pernah berada di Amerika Latin. Yakni benua yang penghayatan agamanya (Katolik) sangat kuat. Sangat religius. Ia pernah melihat orang miskin antre makanan di gereja. 

''Sekarang tidak ada lagi yang seperti itu. Semua sudah diserahkan ke negara,'' katanya. Gereja tidak melakukan apa-apa lagi di urusan seperti itu. Dengan sengaja. ''Sengaja menyerahkannya menjadi urusan negara. Harusnya jangan seperti itu,'' katanya.

Bisa saja Johnson berubah. Sudah berubah. Atau akan berubah. Posisi baru seseorang bisa mengubah sikap. Begitu berada di 'atas' pandangan seseorang lebih luas. Pergaulan juga lebih melebar. Yang dilihat juga lebih banyak. Yang seperti itu juga kita lihat di banyak tokoh agama di Indonesia. Termasuk di PKS.

Maka Bung Mirza pasti akan mengamati apa yang akan terjadi di Amerika ke depan. Terutama terkait dengan sikap parlemen terhadap Presiden Joe Biden. Yang jelas Johnson sangat antiaborsi. Anti perkawinan sesama jenis. Juga anti-Biden.

Perkawinan Covenant sendiri masih sangat terbatas. Baru 1 persen penduduk Amerika yang melakukannya. Johnson berarti masuk kelompok yang paling religius. (*)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan

Edisi: 31 Oktober 2023: Yawan Shuuu

Juve Zhang

Rokok Marlbo## sebungkus 40 ribu sehari 2 bungkus 80 ribu. Naik whoosh 150 ribu yg ringan lah. Wkqkkqkw ayo ngebul terus rokok nempel terus. Santai saja.

DeniK

masa bulan madu tiga bulan . kita tunggu laporan di bulan ke sembilan ,apakah lahir bayi mungil nan lucu dan imut ,atau di gugurkan saat dalam kandungan. atau malah jadi mandul ?!

Riyono ,SKP

Jnagan sampai yang lahir adalah : Hutang baru

Citra Cilia

Tadi pagi di radio penyiar minta ke pendengar untuk sebutkan 2 kata yg akhir2 ini kurang menyenangkan. 

1. Pak lurah 

2. Paman Emka 

3. Mas gaban 

4. Hutang negara 

5. Kemarau panjang 

6. Rupiah melemah 

7. Tanggal tua 

8. Sandiwara politik 

HONDA CBR150R

Apakah orang yang beragama pasti masuk surga? Apakah orang yang tidak beragama pasti masuk neraka? tidak bro, yang paling penting adalah berbuat baik.

Beny Arifin

Saya suruh anak saya yang kuliah di Bandung naik Whoosh. Mumpung diskon, harganya setara Argo Parahyangan. Penumpang penuh. Saya pikir sampai harga 200 orang masih pilih Whoosh.

Riza Choironi

Klo di kampung sy woossh itu suara keluar angin yg kenceng. Bisa ban bocor. Atau buang angin. Mending pakai nama satset saja. Lebih keren. 

Juve Zhang

Zaman Bu Mega Presiden beliau ambil keputusan tepat ambil dana bantuan Tiongkok bangun Jembatan Suramadu. Kala itu mungkin "mahal" 400 juta UsD. Sekarang angka itu cuma beli 6 biji pesawat Rongsok yg dibeli pak Tua. Anda sudah paham lah. Siapa dia. Jembatan Suramadu sangat sulit dikerjakan tapi kontraktor Tiongkok gak akan nyerah oleh alam yg berat. Kereta Cepat Mekah Medinah saja lewat gurun di terjang terus walau akhirnya rugi gede. Wkwkwkkw. Jembatan Suramadu sekarang vital dan menghubungkan madura jadi satu kesatuan dengan p.Jawa. pekerja konstruksi semua hidup di laut 5 tahun wkwkwkwk. Ada rumah terapung supaya gak bolak balik ke daratan. Itulah pengorbanan para pekerja konstruksi Jembatan Suramadu .Sangat Kuat Sangat Murah . KA WHOOSH 20 tahun ke depan akan dianggap murah baik harga proyek maupun harga karcis. Sekarang saja harga "diskon" membludak. Harga 150 ribu itu harga normal bagi YAWAN karena di sana memang Rp.1000/km . Jadi rakyat Kita sejatinya sama daya beli nya sama yg di sana. Di sini makan di warteg nasi ikan emas tahu sayur 20 ribu. Di sana sama makan siang bisa seharga itu. Di Warteg nya sana. Jadi rakyat kita secara penghasilan sudah sejajar sama rakyat Tiongkok. Yg beda penghasilan Negara nya dan BUMN nya .mereka gak ada korupsi .satu Bank saja ICBC untungnya setahun 50 milyar usd atau 750Trilyun Rupiah. Mereka memang sudah lupa sama korupsi. Yg ada cukup Gaji gede dan makan enak. Wkwkkwkw

Kang Sabarikhlas

Ini cerita malam minggu kemarin, tiba² pingin nyanyi, ambil gitar mau nyanyi lagu DisWay..eh anu lagu My Way,.takut berisik ganggu tetangga, ganti lagu : ”Panggung Sandiwara" Chd ini panggung sandiwara Perusuhnya gacor membara Ada komen wajar, Ada komen buzzerkah dibayar Mengapa kita perahu dalam kura² Mengapakah sok, anda sudah tahu *Komen yang kocak bikin kita, terbahak-bahak *Komen mencela juga ada, tetap orangnya... CHD ini,.. penuh komenan CHD ini... penuh.. Tiba-tiba ada suara menggonggong dari rumah sebelah, dan teriakan.. AN.JING.. AN.JING.. saya kaget lalu ngintip pagar sebelah ada lelaki agak tua.. dan kuaget lagi tiba² punggung saya ada yang colek² "Kang, jangan kaget itu sepupu saya dari tiongkok, dulu lahir di sini terus ikut keluarga pulang ke RRT. dia kangen di Jawa, punya alergi keributan, kalau teriak AN.JING itu maksudnya DIAM jangan ribut". "oh..anu maaf Cik Lin, mungkin suara saya fals bikin sumpek". "Gakpapa Kang,.. ini ada bakcang daging ayam baru beli, sampean 2, yang 3 buat sepupu saya, dan ini diterima juga sprite sodanya Kang" "kamsia Cik Lin"... langsung saya telanjangi bakcang dan neguk soda, sambil belajar bahasa mandarin... Diam An.jing... An jing Diam... duh.

Otong Sutisna

Betul mba, membaca jendela dunia, tapi buat bapak" kadang jadi kecurigaan dan kecemburuan istri kalau baca disway, soalnya suka senyum - senyum sendiri dan berlama lama di kamar mandi..... Betul kan bli @ LP

nimas S73

Membaca tulisan bagian dari terapi Menela'ah tiap baris mencerna dg hati Bukan kitab suci, tapi mampu menghadirkan rasa tenang dlm menghadapi hari2. Membaca Disway berasa ditemani, diberi motivasi dan kekuatan. Salam sehat Abah Salam sehat Pak Mirza, pak Thamrin, Pak Mul , pak Leong , mbah Mars, pak Ahmad Zuhri dan perusuh Disway. Pikiran yg sehat adalah rumah yg bahagia

Jokosp Sp

Syarat bisa bangun kereta cepat kelanjutan Bandung - Surabaya asal bisa stop korupsi yang ber T ber T itu bisa dengan mudah, malah tanpa perlu hutang. Itu angka T berapa di depannya akan didapat jika berani dan tegas. China bisa kok di sini gag bisa. Siapkan Hukuman mati. Siapkan 100 peti mati. Artinya dari orang nomer 1 sampai level terbawah lurah harus bersih. Orang pengawal hukumnya juga harus bersih. Kalau belum bisa mbersihin korupsi di negeri ini ya itulah kemampuan para pemimpin yang anda banggakan itu. Cemen bilang si bungsu saya.

Mahmud Al Mustasyar

Kampung susun Aquarium di Penjaringan Jakarta Utara, meraih penghargaan tertinggi dalam ajang Asia Pasific Housing Innovation Award, katagori Inisistif Program yg diselenggarakan di Suwon Korea Selatan. Dengan capaian penghargaan ini, tidak menutup peluang akan diadakan renovasi oleh Pj. Gubernur sa'at ini.

nimas S73

Pak Mul.. Guyonan begini ini yg ngangeni. Masih cangkru'an bareng pak Leong kan? Monggo lanjutpun. Pak Mirza, inggih . matur suwun respon panjenengan. Pak Otong. Kalau istri cemburu tanda tak ingin keilangan lo. Perempuan itu sanggup menyembunyikan cintanya tapi tdk dengan cemburunya hehe. Jadi nikmati saja.

Juve Zhang

Saya sudah coba WHOOSH dan penumpang full malah baliknya dari Halim gak dapat yg jam 15:30 dapat yg berikutnya. Rakyat mendambakan yg cepat aman nyaman. Kelas Bisnis 450 ribu laku yg kelas1 600 ribu pun terjual. Ini wajar saja semua penumpang happy happy saja . Itu dulu baru 7 trip per hari sekarang november 14 trip per hari. LUAR BIASA.ayo satukan suara dan kekuatan GM dan AMIN . lanjutkan KA cepat ke Surabaya . Rakyat perlu yg sat set sat set. Yg ekstrimis istirahat saja di rumah. Jaga kesehatan utamanya. 

Jimmy Marta

Bicara optimisme, sy kadang merasa kalah jauh. Bagi mereka punya kaki tangan tiap sudut dah berani kalkulasi. Entah bgmn juga tim sorak itu berhitung. Merekanya berani klaim mengklaim 'penumpang'. Paling hebatnya tentu sang jagoan. Percaya penuh angka2 dari tim. Padahal sebagian anggotanya orang2 yg tak dipercaya didaerahnya. Banyakan hanya para penjual kecap. Dengan kalkulasi semangat optimisme, ambil angka 75% langsung akumulasi . Di atas kertas. Sekian ribu, sekian ratus ribu orang ada bersama anda. Fix anda jadi.! Ini bukan tentang yawan, tapi tentang sang kawan. Jagoan yang lagi ikut masa promo2 an.

kritikItuSehat

... awalnya janji tdk akan pakai apbn... eh malah pakai apbn... ini membohongi 280 jt org ..kezaliman.... Luhut mengaku gagal negoisasi bunga dgn cina... sdh ngaku kok gagal.... Bunga cina 3.4%... Jeepanh hanya 0.5% mengapa pilih yg bunga lbh tinggi? Krn org zalim suka kezaliman... Sdh tahu salah dan zalim.. eh pendukungnya mejilat trs... benar2 dungu kalian pendukungnya

Alex Ping

Kenapa kalo ngisi form kita bisa langsung, sedangkan kalo komen harus login yang seolah-olah melewati birokrasi 7 tingkat. 

Leong Putu

Pergi ke pesta dapat berkat/ Dapat berkat satu paket / Baca berita kereta cepat / Sabar menanti kiriman tiket/ .... 365 (-3)_mantun berkat.

ibul daful

Dulu presiden Soekarno membangun proyek Mercu suar seperti Monas, masjid Istiqlal, stadion GBK, dengan biaya yang mahal. Itu dianggap pemborosan hingga jatuh dari kursi presiden. Sekarang rakyat merasakan manfaatnya dan bangga dengan bangunan tsb. Begitu juga presiden Jokowi membangun infrastruktur, kereta cepat, IKN dianggap pemborosan. Pada saatnya nanti rakyat akan berterima kasih pada pemimpin yang telah bekerja dan berjasa bagi rakyat, bangsa dan negara.

Udin Salemo

dulu anggota be pe ka dihukum empat tahun penjara karena suap. sekarang ada juga anggota be pe ka yang bisa menyusul masuk hotel prodeo tersangkut kasus "ngebor" tower bts. kacau sejak politician masuk ke sana. inyong tepok jidat. jabatan profesional di negeri gemah ripah loh jinawi bisa diotak-atik sejak pasukan politician begitu berkuasa. pamanku, pamanku... oh pamanku.

Lagarenze 1301

Plan Insya Allah nomor satu pada musim libur nanti: naik kereta Whoosh dari Jakarta ke Bandung. Gak asyik cuman baca tulisan dan nonton videonya. Harus merasakan sendiri. Sebenarnya saya sudah pernah merasakan naik kereta yang kecepatannya sama dengan Whoosh. Waktu itu, di penghujung 2019 menjelang Covid melanda. Dari Beijing ke Taiyuan di Provinsi Shaanxi. Tujuan utama ke Wutaishan. Bisa naik mobil hanya sekitar 5 jam. Tapi, ketika itu isu kereta cepat Jakarta-Bandung lagi hangat-hangatnya. Jadi, kenapa tidak sekalian saja mencoba kereta cepat di negara asalnya. Pilihan jatuh pada rute Beijing-Taiyuan. Mutar jauh dan nantinya naik mobil lagi balik arah ke Wutaishan. Tak apalah, demi memuaskan hasrat. Naik bullet train dari Fengtai sekitar pukul 09.00. Sepintas tak beda dengan kereta eksekutif Palembang-Lampung. Kursi berpola 2-2 dan dilengkapi ruang bagasi di atas kepala. Yang membedakan, perjalanan sangat mulus, hampir tak ada goncangan, lebih mulus ketimbang naik mobil di jalan tol.  Yang membedakan lagi, kecepatannya. Pada monitor di dinding atas terlihat angka terus bergerak dari 100, 150, 200, 250, bahkan sempat di angka 300. Beijing-Taiyuan jaraknya 493 km. Naik kereta cepat ini, waktu tempuh hanya sekitar 2 jam 20 menit. Apapun itu, tentu akan beda rasanya kalau naik kereta cepat di negara sendiri. Semoga kelak bisa naik kereta cepat dari Jakarta ke Surabaya. Kalau Presiden yang baru berkenan membangunnya, ta' doakan dua periode.

ibul daful

Orang waras akan memilih KPR 10 tahun daripada ngontrak rumah seumur hidup. Memang dengan KPR akan bayar cicilan lebih banyak daripada sewa rumah. Tapi pada akhirnya akan memiliki aset rumah yang bisa diwariskan ke anak, meringankan anak sehingga tidak perlu ngontrak atau beli rumah sendiri.

Yellow Bean

Benar brother Ibul Daful. Almarhum suami malahan menjadikan 50% gaji bulanan dan 15 tahun KPR untuk memberikan rumah layak huni untuk anak istrinya. Alhamdulillah prihatin di awal, Walaupun sekarang kami di tinggal pergi tapi kami tidak perlu mencicil lagi.

Jimmy Marta

Ada yg tahu kenapa senjata abah, eh pistol itu bunyinya beda..? Di Indonesia meletup bunyinya dor..!. Dibawa ke Amrik teriaknya bang..!. Eh di China malah bilang pyang..!.. 

thamrindahlan

Selamat Pagi. Terus terang sampai saat ini saya dan keluarga belum menikmati Whoosh. Pasalnya belum ada kepentingan ke kota Bandung. Nantilah setelah agak senggang menikmati kereta cepat pertama di Indonesia disertai reportase perjalanan. Dalam kapasitan manta guru kelas, disini saja saya menyampaikan masukan kepada Abah sebagai Guru yang akan menyampaikan materi. Dalam kedudukan informal seorang tokoh multi talenta dan multi pengalaman ada baiknya Abah memperkenalkan mengulang kembali kepada para peserta hari Guru perihal literasi. Sekali lagi selamat Abah terpilih menjadi 50 tokoh dari Orbit Teknologi Habibie Centre. Fakta Jalas salah satu bentuk penghargaan luar biasa. Ada urutan literasi standard yaitu Membacalah maka dikau akan mengenal dunia Menulislah maka diakau akan di kenal dunia Terbitkanlah buku maka dikau anak dikenang dunia. Peringkat Literasi Indonesia masih sangat rendah. Bersebab hal itu bila disampaikan oleh seorang Tokoh panutan seperti Abah, Insha Allah pengajaran 1 jam itu melekat di memory permanent para peserta. Jangan lupa memberi hadiah berkelanjutan kepada para peserta yang sudah berhasil membuktikan 3 urutan leterasi tersebut. Pasti ramai ya dan bermanfaan. Hasil pengajaran guru sesaat namun akan dikenang sepanjang masa, Salam Literasi

Juve Zhang

GOPAR sudah sepi sekarang kalah sama Whoosh itu pengakuan penumpang Gopar kemaren .Gopar ArGO PARahyangan. Kalah bersaing selayaknya di tutup saja buang buang BBM disel bolak balik habis ton ton an solar.alihkan ke jurusan lain saja gerbong dan lok nya.sangat sayang . 

Komentator Spesialis

Gara gara kereta cepat, sebenarnya kita semua sudah jadi korban. Darimana ? Coba cek saja dalam 1 tahun ini kenaikan harga tiket kereta antar kota sudah luar biasa. Dulu Jakarta - Surabaya cari tiket kereta eksekutif palingan bisa Rp 600rb atau kurang. Sekarang cari yang harga Rp 600rb saja susah. Dan duit keuntungan itu larinya ke china bayar bunga riba 3.4%.

Handoko Luwanto

Jurnal Perusuh Disway Edisi: Gibran Birokrasi (Sen,30-10-2023) #.Nama__(Komen;Kata)AWARD [diReplyOrangLain;meReplyOrangLain] 

#1.Agus Munif__(4;62)✏️ [2;3] 

#2.Agus Suryono__(6;190) [5;2] 

#3.ahmad faqih__(4;92) [2;2] 

#4.alasroban__(1;4) 

#5.Alex Ping__(1;142) 

#6.Alvito Wildani__(1;13)★ 

#7.Amat K.__(1;2) 

#8.AnalisAsalAsalan__(5;141) [1;4] 

#9.anisa feby__(1;14) [1;0] 

#10.Azza Lutfi__(1;11) [0;1] 

#11.bitrik sulaiman__(4;21) [0;2] 

#12.dabudiarto71__(1;11) 

#13.DeniK__(3;93) [2;0] 

#14.didik sudjarwo__(1;29) [0;1] 

#15.Echa Yeni__(5;71) [0;2] 

#16.Eciya Assemargandy__(1;18)✏️ 

#17.Er Gham__(8;175)★ [3;2] 

#18.fadlel muhammad__(1;7)✏️ 

#19.Fahimsa Haykal__(1;20) 

#20.Farid Ari Ardiansyah__(1;4)✏️ 

#21.Fathir Ahsan__(1;12) 

#22.Fauzan Samsuri__(1;60) 

#23.Fiona Handoko__(6;351)★★★ [7;2] 

#24.Fitria Syaharani__(1;23) [2;0] 

#25.Gianto Kwee__(2;42) [1;0] 

#26.Gregorius Indiarto__(2;70) [0;1] 

#27.Guslurah__(1;1) [1;0] 

#28.Habib Hafid__(1;11) [0;1] 

#29.Hadi Priyatno__(4;41) [2;0] 

#30.Handoko Luwanto__(3;205) [1;0] 

#31.Hari Purwanto__(8;262)★★ [0;6] 

#32.heru santoso__(1;46) 

#33.Heryantono Heryantono__(1;3)✏️ 

#34.ibul daful__(1;41)★ [2;0] 

#35.idamalika indi__(1;48) 

#36.imau compo__(4;71) [1;2] 

#37.JAZIROH NISAK__(1;13)✏️ 

#38.Jihani uliya__(3;19) [0;2] 

#39.Jimmy Marta__(4;192)★ [0;2] 

#40.Jo Neca__(1;48) [1;0]

Er Gham

Mencoba membayangkan semua pulau antara Sumatera sampai dengan pulau Timor terhubung dengan jembatan. Lalu dibangun jalur kereta cepat di atasnya. Naik kereta dari Banda Aceh ke Kupang mungkin cukup sehari semalam saja. 11.42

*) Dari komentar pembaca http://disway.id

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber : Disway.id

Komentar Anda