Sang Begawan Media

Istikharah Rupiah

Salat istikharah. (FOTO: iStockphoto - liputan6.com)

COWASJP.COMSATU KATA hilang dari riuh rendah capres-cawapres periode sekarang ini: istikharah. 

Tidak ada lagi capres atau cawapres yang mempertimbangkan hasil salat istikharah. Untuk maju atau tidak maju. Atau ingin istikharah dulu sebelum  menentukan sikap. Termasuk dalam memilih pasangan politik.

Term agama kini sudah kalah dengan ilmu pengetahuan. Istikharah kalah dengan jajak pendapat. Suara langit kalah dengan angka-angka.

Salat istikharah adalah satu jenis salat untuk minta petunjuk Tuhan. Terutama dalam bersikap. Atau menentukan pilihan. Yang paling populer adalah dalam menentukan pasangan hidup. Memilih calon istri atau suami. Lalu berkembang ke politik. 

Banyak kiai utama mendukung satu calon pemimpin politik dengan alasan: sesuai dengan hasil istikharah.

Salat jenis itu harus dilakukan lewat tengah malam. Disebut juga salat malam. Sekitar pukul 02.00 sampai 03.00. Ketika yang lain lelap-lelapnya tidur. 
Dalam salat itu akan muncul bayangan siapa yang harus dipilih. Bayangan itu bisa jelas bisa juga hanya indikasi.

Saya belum pernah salat istikharah. Waktu pilih istri sepenuhnya karena tertarik. Jadi cinta. 

Dalam politik kini jajak pendapat menjadi pertimbangan utama. Yang nomor dua adalah emosi. Saking emosinya sampai mencari lembaga jajak pendapat yang bisa mendukung luapan emosinya.

Coba bayangkan Anda jadi Prabowo Subianto. Disodori hasil jajak pendapat lembaga sekelas Denny J.A. Terbaru, tapi masih pekan lalu: 

Prabowo 37 persen, Ganjar Pranowo 35,2 persen, Anies Baswedan 22,7 persen.

Seberapa pun gegap gempitanya pendaftaran capres-cawapres kemarin harapannya masih besar. 

Angka-angka itu membuat orang penasaran: bagaimana hasil jajak pendapat setelah pendaftaran capres-cawapres. Terutama setelah Ganjar Pranowo dipasangkan dengan Mahfud MD. 

Orang seperti Prabowo dan tim inti pasti memilih delay dulu. Sabar. Tunggu gegap-gempita reda. Masih ada waktu 4 hari. Mepet tapi longgar. Tunggu hasil jajak pendapat khusus yang bisa dilakukan besok atau lusa. Kini sudah ada lembaga yang mampu menerima pesanan khusus seperti itu. Dengan tarif khusus.

Setelah itu barulah siapa calon wakil presidennya diputuskan. Harus dibanding-bandingkan: bagaimana bila berpasangan dengan Gibran. Bagaimana pula kalau dengan Erick Thohir.

Semuanya akan ditentukan dengan ilmiah. Bukan dengan salat istikharah. Bukan juga karena ada luka atau tidak ada luka. Waktu akan menyembuhkan luka. Kalau sempat.

Ukraina-Rusia kini memang  kalah menarik dari perang Palestina-Israel. 
Penderitaan rakyat Palestina itu pun kini kalah menarik dengan capres-cawapres di Indonesia. Ukraina sampai teriak-teriak minta perhatian dunia. Mengiba. Memelas. Palestina mestinya juga memerlukan kita. Tapi politik dalam negeri lebih menyita emosi. 

Politik punya daya tarik yang begitu menakjubkan. Sampai tidak sadar bahwa kemarin rupiah sudah jatuh sampai Rp 16.200 per dolar. 

Istikharah sudah tergusur oleh jajak pendapat. Ekonomi tergusur oleh politik. (*)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan
Edisi: 19 Oktober 2023: Luka Tidak

M.Zainal Arifin

Luka. Trsuma. Sakit hati. Saling memberi, kau kan saling menyukai. Memberi perhatisn. Memberi perhormatan. Memberi penghargaan. Memberi pujian. Semoga Tuhan memberi kita petunjuk ke jalan yg benar. 04.35.

rid kc

Kenapa harus ada luka Kenapa harus tidak saling sapa Kenapa harus tanya keberpihakannya Kenapa harus tidak saling sapa Mengapa tidak bersua saja Mengapa tidak bermusyawarah saja Mengapa tidak bisa ketawa Mengapa amarah itu masih tersimpan di dada Bukankah semua demi Indonesia jaya Bukankah semua demi Indonesia raya Bukankah semua demi Indonesia merdeka Bukankah semua demi rakyat Indonesia Semoga negara ini tetap aman sentosa Walaupun pesta 5 tahunan di depan mata Semoga rakyat Indonesia bersatu padu demi merawat Indonesia 

Mbah Mars

Istri: "Bahasa jawanya "Aku cinta kamu" apa Mas? 

Suami:"Aku trisna sliramu" 

Istri:"Lha nek "Istriku cantik?" 

Suami:"Bojoku ayu" 

Istri:"Apaaaaaaaaa ? Main api dengan Ayu, janda sebelah ya ? Awas!"

Pryadi Satriana

Kemarin siang sudah ada berita Erick Thohir urus surat2 utk syarat Cawapres. Hari gini masih 'ndlahom': Gibran atau Erick? Jurnalis kelas comberan!

Liáng - βιολί ζήτα

lha wong PhD koq... Pria hidup Damai wkwkwkwkwk...

Mirza Mirwan

Soal capres/cawapres biarlah dikomentari pembaca yang suka berkomentar soal itu. Bagi saya, yang penting 14 Februari 2024 nanti dari tiga pasang capres/caeapres akan saya pilih salah satunya. Siapapun yang akan memenangi kursi RI-1/RI-2 saya legawa menerimanya, karena pasangan itulah yang dipilih mayoritas pemilih. Que sera sera. Yang ingin saya komentari justru soal lain: kunjungan Biden ke Israel. Terutama pernyataannya yang mengamini apa kata Tzahal/IDF dan Netanyahu: bahwa yang melakukan pengeboman RS Al-Ahli bukanlah Tzahal, melainkan militant Palestina non Hamas -- maksudnya Jihad Islam di West Bank. "Based on what I've seen, it appears as though it was done by the other team, not you," kata Biden kepada Netanyahu. "Berdasarkan apa yang saya lihat..."? Mungkin, maksudnya dari laporan yang Biden terima. Dan itu artinya penyangkalan Israel bahwa mereka yang membom RS Al-Ahli, karena yang terjadi adalah roket dari Jihad Islam yang salah sasaran (misfired). "Israel itu sudah biasa berbohong," kata juru bicara Jihad Islam. Dan... iya juga sih. Saya ingat, dulu itu Israel juga membantah bahwa tentaranya yang membunuh jurnalis Shireen Abu Akleh di Jenin, wilayah pendudukan, 22 Mei 2022. Kalau ada "hasil positif" dari kunjungan Biden, barangkali, kesediaan Israel membuka perbatasan Rafah agar bantuan kemanusiaan bisa masuk Gaza. Soal janji bantuan untuk Gaza dan West Bank senilai US$100juta, itu baru janji doang.

thamrindahlan

Selamat Pagi. Luka Tidak. Luka Bapak. Dua duanya luka. Luka perasaan lebih dalam ketimbang luka teriris pisau. Saking mendalamnya bekas luka tersimpan lama dan mungkin abadi. Acap menganggu pikiran dan semoga tidak menjadi dendam. Wajar semua manusia terluka dalam hidup pergaulan sehari hari apalagi di dunia politik. Tidak ada kawan sejati yang ada kawan sekepentingan. Pasti tulisan disway kali ini bukan termasuk jenis " ngompori" namun lebih kepada bagaimana menganalisa dari gestur pemberitaan media non hoax. Perseteruan terselubung antara Ibu Megawati dan Pak Jokowi bisa dilihat dari peristiwa terutama di masa kepemimpinan Jokowi jilid 2. Kosa Kata Petugas Partai itulah mungkin agak janggal ketika seorang terpilih menjadi Presiden secara konstitusional. Presiden Republik Indonesia bukan lagi presiden dari partai. Presiden NKRI kedudukan sebenarnya yang wajib dihormati. Patut Pak Jokowi berterima kasih dari warga negara biasa menjadi walikota, gubernur kemudian presiden 2 periode . Kepada siapa lagi kalau bukan ke Ibu Megawati. Ini fakta. Demikian pula Bobby dan Gibran menjadi Walikota menggunakan kendaraan politik PDIP. Akhir jabatan periode ke - 2 sudah mulai tampak tanda tanda perlawanan mohon maaf ala orang jawa. Sangat halus namun bisa dibaca khalayak. Mengangkat Prabowo menjadi Menhan kemudian sangat lekat ketika Projo terang terangan memihak kesana. Kaesang juga bergerak seolah menjauhi PDIP setelah menjadi Ketua Umum PSI. Masih banyak lagi tanda ?

Liáng - βιολί ζήτα

"Everybody Hurts" ............ Sometimes everything is wrong Now it's time to sing along ............ 'Cause everybody hurts Take comfort in your friends Everybody hurts ............ in the end... everyone will probably ask themselves: "for what..."

Mirza Mirwan

Jim Jordan, R-Ohio, gagal lagi di pemungutan suara kedua. Kalau Selasa lalu ia meraih suara 200, Rabu kemarin malah berkurang 1, tinggal 199 suara. Sementara Ketua Fraksi Demokrat Hakeem Jeffries, D-New York, tetap mendapat dukungan seluruh anggota fraksinya, 212 suara. Waktu pemungutan Selasa, ada 20 anggota GOP yang justru memilih orang yang tidak maju ke pemilihan. Satu anggota lagi, Gus Bilirakis dari Florida berhalangan karena menghadiri pemakaman ibu mertuanya. Dalam pemungutan Rabu kemarin 22 anggota GOP terkesan slenge'an. Yang Selasa milih Jordan, Rabunya milih orang yang tak ikut perebutan kursi Speaker, seperti Steve Scalise (R-Louisiana), Lee Zaldin (R-New York), bahkan John Boehner. Padahal nama terakhir itu sudah lama pensiun dari DPR -- tapi pernah menjadi Speaker sebelum Pelosi. Dan slenge'an para "detractor" GOP itu dimanfaatkan anggota Demokrat untuk mendukung Hakeem Jeffries saja sebagai Speaker. Jeffries hanya butuh 5 suara lagi. Jim Jordan masih belum menyerah. Tetapi untuk mendapat dukungan 217 suara alangkah beratnya. Sudah 15 hari DPR tanpa Speaker -- yang ada Speaker interim. Kalau sampai 17 November nanti belum ada Speaker definitif, janji Biden akan menambah bantuan ke Ukrania -- termasuk ke Israel, Palestina, dan yang lainnya -- ya sebatas janji doang. Karena AS harus shutdown. Anggota DPR, juga tentara, tenaga kesehatan, tetap menerima gaji. Tetapi pegawai federal lainnya harus nganggur. Tanpa gaji.

Handoko Luwanto

Jurnal Perusuh Disway Edisi: Almas Gibran (Rab,18-10-2023) #.Nama__(Komen)(Kata)AWARD [diReplyOrangLain]{meReplyOrangLain} 

#1.ACEP YULIUS HAMDANI__(1)(133) [2] 

#2.Agus Suryono__(8)(340)★⏰ [2]{1} 

#3.ahmad faqih__(2)(81) {1} 

#4.Ahmad Zuhri__(6)(164) [1]{4} 

#5.alasroban__(2)(5) 

#6.Alex Ping__(1)(175) [1] 

#7.Amat K.__(9)(129) [9]{5} 

#8.AnalisAsalAsalan__(1)(23) [1] 

#9.Asep Sumpena__(1)(84) 

#10.Atho^illah__(7)(100) [6]{2} 

#11.Azwar Anas__(1)(68) 

#12.Beny Arifin__(1)(50) [3] 

#13.bitrik sulaiman__(4)(48) [1] 

#14.didik sudjarwo__(3)(29) [2]{1} 

#15.Echa Yeni__(1)(51) 

#16.Eksan Susanto__(2)(31) {1} 

#17.Er Gham__(17)(354) {2} 

#18.Fiona Handoko__(1)(78) [4] 

#19.Gianto Kwee__(1)(3) {1} 

#20.Gregorius Indiarto__(6)(219) {1} 

#21.Guslurah__(1)(1) 

#22.Handoko Luwanto__(2)(228)★★⭐️ 

#23.Hari Purwanto__(1)(4) {1} 

#24.idamha idam__(2)(124) 

#25.imau compo__(4)(218) [1]{3} 

#26.Jimmy Marta__(6)(225) [3]{3} 

#27.Jo Neca__(13)(209) [2]{11} 

#28.Johannes Kitono__(8)(1220) [5] 

#29.Jokosp Sp__(7)(336) [7]{3} 

#30.Juve Zhang__(27)(1464)✒️ [18]{10} 

#31.Kang Sabarikhlas__(7)(171) [3] 

#32.KawaiChoco 003_(1)(3) 

#33.Ketut Bagiarta__(2)(49) [1] 

#34.KEY__(1)(45) {1} 

#35.Komentator Spesialis__(13)(328) [6]{8} 

#36.Lagarenze 1301__(8)(600)★★⭐️ [11] 

#37.Leong Putu__(18)(172) [15]{9} 

#38.Liam Then__(11)(696) [2]{9} 

#39.Liáng - βιολί ζήτα__(7)(883)★★⭐️ [2] 

#40.M.Zainal Arifin__(2)(4) 

#41.Macca Madinah__(1)(83) 

#42.Mahmud Al Mustasyar__(3)(89) {2} 

#43.Mbah Mars__(3)(115) [9]{1} 

#44.Mirza Mirwan__(5)(695) [6]{2}

Handoko Luwanto

Jurnal Perusuh Disway Edisi: Almas Gibran (Rab,18-10-2023) #.Nama__(Komen)(Kata)AWARD [diReplyOrangLain]{meReplyOrangLain} 

#45.Mpok Dipa__(2)(140) {1} 

#46.Mukidi Teguh__(1)(15) 

#47.Mulia Rezq__(1)(92) 

#48.MULIYANTO KRISTA__(26)(203) [2]{21} 

#49.mzarifin umarzain__(11)(175) {9} 

#50.Pedro Patran__(2)(77) 

#51.pendatang baru__(1)(46) 

#52.Pryadi Satriana__(5)(432) [1]{2} 

#53.Purnawan HW__(1)(10) 

#54.Purnomo__(1)(132) 

#55.Republik Print__(2)(60) [1]{1} 

#56.rid kc__(1)(89) 

#57.Riyono ,SKP__(4)(88) [1]{3} 

#58.saeful uyun__(1)(142) [1] 

#59.Siswanto AJI__(1)(134) 

#60.siswondo sadig__(1)(51) [1] 

#61.thamrindahlan__(5)(185) [3] 

#62.Tuan Sumartan__(3)(25) {2} 

#63.Udin Salemo__(5)(197) [2]{2} 

#64.Wilwa__(19)(751) [4]{10} 

#65.yea aina__(7)(156) [1]{5} 

#66.Yellow Bean__(5)(92) [1]{3} 

Total: 333 Komentar dengan 7★ dari 4 Perusuh

Kang Sabarikhlas

lho Arwana silver itu membuat hati Luka Tidak kalau mati, langsung goreng beri garam+bawang enak gurih,..

Er Gham

Turunkan gula darah dulu. Jika luka lama tidak sembuh.

Leong Putu

Om imau, kita sebagai rakyat mau melucu model gimana lagi untuk menghibur diri? Semua kejadian lucu terjadi di depan mata kita (TV) dengan pemeran yang bukan kaleng-kaleng apalagi figuran. 8T 2T 27M belum lagi korupsi gerobak dan banyak lainnya. Yang membuat selera humor banyak orang jadi hilang.

Wilwa

@YA. Begitulah Amerika persis Indonesia. Gatotkoco. Gagal total kokehan cocot. Trump dengan cocot gedhenya terbukti “sukses” dalam perang ekonomi melawan Tiongkok. Sukses menambah defisit neraca perdagangan dengan Tiongkok walau produk Tiongkok sudah dikenakan bea masuk tinggi. Sukses menambah utang Amerika sebanyak 8T USD. Kritik jago. Kerja? Yang dikritik payah malah lebih baik setelah dibandingkan hasil kerjanya. Itulah yang disebut bacot jago kerja bego. Hihihihihi

yea aina

Dalam debat capres Amerika sana. Ketika Hillary Clinton berkata: " dengan pengalaman saya selama 30 tahun di politik dan pemerintahan, maka saya akan ini, melakukan itu ..." Donald Trump mengkomentari: "lantas apa yang anda lakukan selama 30 tahun tersebut? mengapa anda tidak melakukan yang anda sebut "akan ini, akan itu" saat memegang kekuasaan atau di dalam pemerintahan?? Itu artinya saat 30 tahun Anda melakukan 0 buat America !!" Sebuah pelajaran berharga buat calon pemilih presiden di sini he he he...

Beny Arifin

Romahurmuzy pernah ngomong. Jokowi ini suka ya main di bibir jurang. Pengikut yg kurang pengalaman bisa saja terpeleset kedalam jurang. Ketua MK salah satunya. 

Mahmud Al Mustasyar

Berikut ini lirik pantun yg disampaikan Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani ttg ciri² cawapres dari Prabowo S. : 

Beli pisang sambil sepedahan/ 

Pulangnya mampir stasiun Balapan/ 

Cawapres Prabowo akan segera diumumkan/ 

Dia sosok berpengalaman di pemerintahan/ 

Koq nyinggung pisang, speda, dan stasiun Solo. 

Pertanda, apa ini ?

Muh Nursalim

Sejak Gibran jd walkot solo, kota bengawan jd sering macet. Krn banyak even nasional digelar d solo. Belum lg peziarah masjid Syeikh Zaid setiap saat penuh sesak jln menuju ke sana. Efeknya bagus dr sisi ekonomi. Pertumbuhan ekonomi solo konon tertinggi d jateng. Apa ini keberhasilan Gibran ? Perlu riset yg komprehensif. Telanjur basah, Gibran pasangkan sekalian dg Prabowo. Juga Kaesang nyaleg lewat dapil solo biar tarung dg puan. Nanti akan ketahuan. rakyat solo tu pro Mega atau Jokowi.

Tuan Sumartan

Luka Tidak, Romelu Lukaku..

Liáng - βιολί ζήτα

'sore semuanya... Oom Amat K, kalau strateginya "playing victim" berarti komentator tsb sangat pintar, sangat cerdas, jago strategi, dan pastinya menguasai psikologi sosial (psikologi pemilih), tapi saya tidak menangkap indikasi seperti itu pada beberapa komentator yg semangatnya luar biasa.

Jimmy Marta

'Memilih cerdas'. Inilah kampanye yg baik untuk digaungkan bersama. Kalau saya lebih suka pakai, 'Terangkan lampu anda tp jangan matikan lampu yg lain'.

Liáng - βιολί ζήτα

iseng-iseng saja. Secara psikologis, terkadang saya tidak bisa "MENAHAN TAWA" atas perilaku kampanye dari beberapa komentator, yang secara psikologis justru "MENGUNTUNGKAN" Capres-Cawapres lawan-nya jagoan Anda. Anda paham kan apa itu "SIMPATI" ?? Orang-orang pada umumnya cenderung akan bersimpati kepada orang lain yang terlihat mendapat kemalangan seperti dijelek-jelekkan terus-menerus, dibully habis-habisan, dlsb. Persepsi tingkat kemalangan akan menjadi penentu pada tingkat simpati seseorang. Capres-Cawapres X misalnya yang terus-menerus dijelek-jelekkan dan dibully habis-habisan di ruang komentar ini justru akan mendapatkan simpati yang lebih besar dari silent-reader nya CHDI. Anda, hanya beberapa orang saja secara kuantitas yang melakukan hal seperti penjelasan saya di atas, tetapi efeknya akan menimbulkan rasa simpati yang mendalam bagi ratusan-ribu silent-reader nya CHDI. Terkadang semangat yang menggebu-gebu justru secara tidak langsung menenggelamkan intelegensi Anda sendiri !! Mengapa Anda tidak berkampanye secara cerdas saja, dengan mengemukakan hal-hal yang positif dari Capres-Cawapres jagoan Anda ?? TANPA HARUS MENJELEK-JELEKKAN Capres-Cawapres yang lain !!

doni wj

Patah hati. Terluka. Jadi tema yg tak lekang oleh waktu sebagai inspirasi lagu. Banyak komposer mengabadikannya dengan berbagai sudut pandang. Mulai yg tegar seolah "aku rapopo" seperti The Rain dalam Terlatih Patah Hati, "Aku sudah mulai lupa saat pertama rasakan lara, Oleh harapan yang pupus hingga hati cedera serius, Terima kasih kalian, barisan para mantan, Dan semua yang pergi tanpa sempat aku miliki.. Tak satupun yang aku sesali, Hanya membuatku semakin terlatih, oh.. (Begini rasanya) Terlatih patah hati, (Hadapi getirnya) Terlatih disakiti, Bertepuk sebelah tangan (Sudah biasa), Ditinggal tanpa alasan (Sudah biasa), Penuh luka itu pasti tapi aku tetap bernyanyi.." Yang berusaha meyakinkan sekelilingnya bahwa ia baik2 saja meski harus mengambil sedikit momen menangis, seperti Feby Putri dalam Runtuh, "..Tak perlu khawatir, ku hanya terluka, Terbiasa 'tuk pura-pura tertawa, Namun bolehkah s'kali saja ku menangis? Sebelum kembali membohongi diri.." Yg paling menggambarkan situasi di atas, Jatuh Bangun-nya Meggy Z, "..Sudah tahu luka, Di dalam dadaku, Sengaja kau siram, Dengan air garam.. Kejamnya sikapmu, Membakar hatiku, Sehingga cintaku, Berubah haluan.." Hingga yg justru menyemangati yg meninggalkan seperti Sheila on 7 dalam Waktu Yang Tepat Tuk Berpisah, "Dan bila kau harus pergi, Jauh dan tak kan kembali, Ku akan merelakanmu agar kau bahagia.. S'lamanya, Di sana, Walau tanpaku.." Kita memang bangsa yg (seolah) mencintai dan merayakan luka

Hari Purwanto

LUKA TIDAK Dalam struktur kalimat sesuai tata bahasa Indonesia yang menganut rumus DM, kata Tidak disini berarti yang menerangkan Luka, ke "Tidak" an dalam bentuk apa saja ya yang dalam konteks ini membuat "Luka", saya hitung dalam catatan abah ada 17 kali kata Tidak, namun dari semua itu menurut saya biasa aja sih, karena "Tidak" disini dilatari perilaku tekuk ringkel para politisi,.....embuh itu terkait dukung mendukung, penghianatan, gabung-pisah; ...memang udah begitu dunianya...nggak ada yang luka atau dilukai. Apalagi Abah yang "saya Tidak sanggup menjawabnya"; "saya Tidak bisa menduga seberapa dalam hati bu mega"....blass ora ono lukane. justru yang potensi bikin luka itu ga ada atensi Abah buat para Rusuhwan....mbok sepotong kaos Disway CHD kek,....nraktir nduren kek...blass!!!

Liam Then

Bagi saya sudah jelas yang oaling terluka dari 3 calon presiden yang ada , Pak Prabowo lah orangnya. Kalah berapa kali coba? Habis-habisan dukung tarik Pak Jokowi naek jadi Gubernur Jakarta, meskipun perolehan suara di DKI menyebabkan Gerindra punya kekuatan besar di DPRD DKI. Itu tak sebanding dengan kesempatan yang pupus karena sekaligus menciptakan penghalang besar bagi ambisi beliau. Kelukaan Pak Prabowo ini, kalau pakai grade A (paling dalam) , ini sudah grade AAA, luar dalam lukanya. Yang luar anda sudah tahu? Yang dalam anda juga sudah tahu, begitu banyak anak buah tak kompeten, bukannya membantu naikan, tapi malah merusak reputasi beliau di DPRD, baru naek sekali sudah kena kasus. Kejadian ini terjadi sekali lagi, barulah self healing, gabung dengan pemerintahan, Gerindra yang baru mulai akan self healing , dihajar lagi dari dalam, oleh anak buah yang tak kompeten, ketauan terlibat kasus benih udang. Pak Prabowo kurang kompeten apa sebenarnya, seorang diri membesarkan partai . Di hajar luar dalam. Jangan-jangan slogan bocor,bocor,bocor dulu itu jeritan luka hati Pak Prabowo. Pak Prabowo kurang kompeten apa? Beliau cukup kompeten, khususnya dalam hal geopolitik internasional, berani menyuarakan suara Indonesia ( lihat kejadian di Singapur). Langkah kuda pesan Rafale, sekaligus menegasikan tekanan Amerika, sehingga malah Indonesia ditawari F-15 yang range terbangnya 1965 km, dibanding F-16 yang cuma 546 km. Cuma sayang anak buahnya kurang pandai bercocok tanam. 

Lagarenze 1301

LUKA My name is Luka I live on the second floor I live upstairs from you Yes I think you've seen me before If you hear something late at night Some kind of trouble, some kind of fight Just don't ask me what it was Just don't ask me what it was Just don't ask me what it was I think it's because I'm clumsy I try not to talk too loud Maybe it's because I'm crazy I try not to act too proud ...

Handoko Luwanto

Mohon saran kepada bung Admin, soal info berapa menit/jam suatu komentar terposting apakah bisa diganti dengan jam & menit & detiknya? Agar bisa ditentukan oleh aplikasinya siapa yg berhak mendapatkan Kapak Naga Geni 212. Jika aplikasi membaca komentar ini besok pagi, maka akan kesulitan menentukan komentar siapa lebih dulu dari siapa karna infonya sudah berganti menjadi jam atau hari.

Er Gham

PM Belanda akhiri masa tugas saja cuma pakai sepeda. Lapor ke raja, sekalian pamit. Sendirian. Pake sepeda pulang pergi. Dan rakyat cuek aja. Toh semuanya cuma rakyat biasa. Di sini, seolah olah, pilih presiden seperti mau pilih raja. Bangsa feodal.

Yellow Bean

Kalau Ibu rumah tangga sudah jadi harian kena cipratan minyak panas atau kesenggol panci penggorengan yang panas. Belang/bopeng di tangan adalah saksi kegiatan di dapur hehe 

Jimmy Marta

Jangan takut luka, sebab waktu akan menyembuhkanmu. Waktu bisa menyembuhkan semua luka, tp tidak menghapus bekas luka-Jane Yolen-

Amat K.

"Waktu tidak menyembuhkan apapun. Kau hanya dipaksa untuk terbiasa dengan luka yang masih tersisa."

Hari Purwanto

Nyanyi disik, Luka - by Biru Langit bilaku ingat bayanganmu menggugah lukaku smakin terasa kau tanamkan perasaan cinta kau tinggalkan aku dalam kecewa bukit sepi pun sedih tanpa kita berkasih ketika kau katakan cinta dengan seribu rayuan yang mempesona namun kini kau lepas sudah terbujuk rayu godaan asmara tepi sungai kecewa tempat kita bercinta kita bercinta untaian kata-kata mutiara kau jadikan alat pemikat jiwaku meski itu semuanya semu hingga kini kau jauh dari sisiku ketika sang amor melepaskan panah asmara terlukalah dikau karena kasihmu pergiiii

Juve Zhang

Nasehat Bu Mega ke pak Mahfud kalau ada yg nyumbang uang jangan diterima katakan saja kalau mau sumbang kaos .spanduk .topi boleh .uang jangan. Kalau pak Mahfud perlu uang untuk keperluan kampanye dll minta sama bendahara. Ini benar benar partai berbakti buat bangsa dan negara. Pak Mahfud cerita kalau disuruh nyediakan ratusan milyar mendingan gak nyawapres. Wkwkwkwk .daripada short selling malah jadi beban kutang lagi hutang lagi. Betul pak Mahfud jalan nya lurus lurus saja ngapain stress mikirin hutang kampanye. Mending pensiun saja. Cocok jadi wapres pak. Dan nasehat bu Mega sangat bagus jangan terima uang .bahaya . Pun ke pak Ganjar pasti sama jangan terima uang pasti ada mau nya .kan. namanya yg jiwa Penjudi banyak disini. Kasih Uang 10 milyar karena tahu misal peluang pak Ganjar akan menang. kalau terima jadi beban setelah jadi Presiden harus "mengerti". Saham GOT # saja banyak yg mau judi beli ratusan milyar begitu nyungsep habis sudah ke laut. Wkwkwkk. Tim Ganjar Mahfud memang tim paling miskin harta. Tapi semangat nya untuk berbakti bagi negara dua jempol. Semoga sukses pak Ganjar Mahfud 14 februari 2024. Kalau buka akun BCa untuk sumbangan rakyat demi perjuangan untuk Indonesia maju. saya siap menyisihkan uang jajan akan ikut nyumbang .wkwkwkwk ayo bangun Indonesia bersih korupsi. Pilih Ganjar Mahfud.

Property Property

Dibalik pendaftaran pasangan AMIN, ada Toyota Alpard yang melayang. Itu kalau konsisten. Karena yang kemarin mau potong kuping pun gak jadi. 

*) Dari komentar pembaca http://disway.id

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber : Disway.id

Komentar Anda