Sang Begawan Media

Suhu Panas

Goenawan Susatyo Mohamad, pendiri Majalah Berita Mingguan TEMPO. (FOTO: tempo.co)

COWASJP.COM – RERATA suhu badan ternyata mengalami penurunan 0,5 persen. Selama 10 tahun terakhir. Itu bukan hasil penelitian di Indonesia –yang minggu ini mungkin suhu rerata badan naik paling tinggi.

Terutama setelah ormas ProJokowi (Projo) mengadakan rapat kerja nasional Sabtu kemarin. Wali Kota Solo nan putra sulung Presiden Jokowi hadir. Gibran. Meski hanya 15 menit. Presiden hadir. Ketika Gibran sudah pergi. Ketua umum partai-partai pendukung Prabowo hadir. 

Anda sudah tahu: justru capres yang akan mereka dukung yang tidak hadir: Prabowo Subiyanto. Sampai-sampai rakernas ditutup mendadak: justru para pimpinan rakernas yang ke rumah Prabowo. Di situlah Projo resmi deklarasi: mendukung Prabowo. Itu, kata Ketua Projo, sudah mendapat restu Presiden Jokowi.

Penelitian turunnya rerata suhu badan dilakukan di Amerika. Melibatkan 30 juta orang. Turun dari 97,9 Fahrenheit ke 86,7 derajat. Berarti penyakit radang dan pembengkakan saluran darah menurun.

Tapi tekanan darah tinggi mungkin justru naik di rerata orang Indonesia. Terutama yang sudah telanjur cinta Jokowi sekaligus cinta PDI-Perjuangan dengan Capres Ganjar Pranowo-nya.

Ada yang menyebut minggu ini adalah puncak perang dingin. Bahkan bisa menjadi perang terbuka. 

Jangan takut: itu perang politik. Tidak ada Hamas, Palestina, dan Israel di situ.

Ada. Sedikit. 

Soal sepak bola Piala Dunia yang batal digelar di Indonesia. Salah satunya gegara Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, menuruti sikap Ketua Umum Megawati Soekarnoputri: tolak kedatangan tim Israel.

Perang politik itu sudah melanda grup-grup WA. Grup orang-orang NU terbelah ke tiga sikap: pro Ganjar, pro Prabowo, dan pro Amin. Seru sekali. Melibatkan suara langit.

Yang juga beredar sangat luas adalah sikap Goenawan Mohamad. Pendiri majalah TEMPO. Sastrawan kelas ayatullah. Kini juga pelukis. 

Awalnya berupa banner di medsos. Isinya: kekecewaan kelas berat GM atas sikap Presiden Jokowi di akhir masa jabatan keduanya. 

Itu bukan kekecewaan biasa. GM menyatakan dirinya adalah pendukung Jokowi. Pendukung aktif. 

Sehari kemudian muncul penjelasan GM. Panjang. Tentang banner itu. Tentang lainnya juga. "Nama saya Goenawan Mohamad. Dalam paspor ada tambahan Susatyo di tengahnya".

Penjelasan itu seperti hendak meluruskan bahwa banner tersebut bukan buatannya. Nama di akhir banner itu tertulis Gunawan Muhammad. Seolah banner itu hoax.

Ternyata isi banner itu sama saja dengan penjelasan panjang GM. Bahkan lebih menohok. Kekecewaan GM diuraikan lebih di penjelasan panjang. Juga lebih runtut. Dengan bahasa khas GM yang istimewa dan sulit ditiru. 

Di bagian awal berisi pujian untuk Jokowi. Setinggi ars. Jokowi adalah presiden terbaik sepanjang sejarah republik. Jokowi sangat dicintai rakyat. Juga presiden yang bersih.

Diuraikan juga perannya dalam memenangkan Jokowi di kala Pilpres. Termasuk menyelenggarakan pertunjukan musik tujuh malam. Sampai di usianya yang sudah tua –sekarang 82 tahun– ikut berjalan kaki siang hari bersama rombongan pedagang kaki lima dari Dukuh Atas sampai ke istana. Yakni dalam pesta rakyat atas kemenangan Jokowi.

Setelah itu mulailah GM menguraikan kesedihan dan kekecewaannya. Di akhir periode kedua Jokowi ternyata melakukan apa yang dilakukan Presiden Soeharto. Soal anak-anaknya.

Di akhir tulisan GM lebih optimistis. Ia percaya masih tetap ada harapan. Tentu, siapa tahu Mahkamah Konstitusi tidak mengabulkan permohonan memudakan usia calon presiden dan cawapres –dari 40 tahun ke 30. Atau memutuskan itu, tapi baru berlaku di Pilpres 2029. Dengan begitu Gibran, 36 tahun, belum bisa maju sebagai cawapres Prabowo.

Apakah tokoh sealiran dan sekaliber GM lainnya juga akan menulis hal yang serupa?

Saya menghubungi Butet Kartaredjasa. Kemarin pagi. 

''Saya harus lebih alus, lebih sopan,'' jawab Butet. ''Dan ora kesusu,'' tambahnya. ''Kan MK belum menyatakan keputusan final,'' katanya.

Saya sendiri punya harapan. Khas pengusaha. Perang ini cepatlah berlalu. Termasuk perang politik. Keadaan yang tidak menentu tidaklah nyaman. Di hati. Dan di ekonomi. (*)

Komentar Piilhan Dahlan Iskan 

Tulisan Edisi 15 Oktober 2023: Perang Gaza

mzarifin umarzain

PERANG. Perang terjadi bila jalan politik, diplomasi buntu. Qobil mbunuh Habil. Karena iri, dengki. Kenapa harus ada pembunuhan? Karena menghambat mau nya, serakah nya? ISROOIIL= 'AbduLlaah= Nabi Ya'quub a.s. Palestina harus banyak bersabar. Bila ditindas, sementara bisa hijroh. Hamas, Palestina, yg muslim, semoga bertaqwa dg benar, Tuhan kan beri jalan keluar, solusi, wayout.l Dewan Keamanan PBB tak bisa cegah perang. Gimana bila diganti dg: Dewan Perdamaian?

m note

di sebuah sekolah ada seorang anak yang tiap hari kena buli. diejek, dipukul, dimintai uang jajan. anak ini sudah lapor ke guru BP tapi gurunya diam saja. hingga suatu hari, anak ini mengambil botol di kantin kemudian memukulkan ke kepala anak pembulinya. anak tukang buli tadi kepalanya berdarah tapi karena fisiknya yang cukup besar dia mampu membalas anak yang sering dibulinya tadi, yang memukul kepalanya dengan botol tadi, dengan lebih keras hingga anak tersebut babak belur lebih parah dari luka yang dialaminya. pertanyaannya, dalam kondisi seperti ini siapa yang salah? apakah anak yang duluan memukul pakai botol tadi, atau anak tukang buli tadi, atau guru BP nya yang sudah tahu tapi hanya diam membiarkan?

Komentator Spesialis

Harus diluruskan, itu bukan serangan ke wilayah Israel. Tetapi serangan pembebasan tanah Palestina. Karena itu masih dalam batas yang disepakati dalam sidang PBB

Mirza Mirwan

Kapan hari itu saya menulis bahwa serangan Hamas di Sabtu pagi (7/10) ke wilayah Israel itu memang salah. Tapi saya bisa memaklumi, mengapa Hamas melakukan itu: akumulasi kemarahan atas kebrutalan tentara Israel selama puluhan tahun yang telah menelan ribuan korban. Tetapi, sekali lagi, langkah Hamas itu salah. Saya berempati kepada korban sipil di pihak Israel. Dan langkah Hamas itu menjadi blunder. Ibarat pelanduk coba-coba mengganggu harimau. Dan perang di negeri lahirnya para nabi itu sudah berlangsung 8 hari/malam. Sampai hari ke-7, korban di pihak Israel di kisaran 1300 tewas, sedikitnya 3400 luka-luka. Sementara di pihak Palestina: 2215 tewas di Gaza, sekitar 8700 luka-luka, dan di daerah pendudukan West Bank ada 53 tewas dan 1100 luka-luka. Total tewas di pihak Palestina 2268, luka-luka sekitar 9800. Kemarin saya tulis: dunia ini tidak adil. Lihatlah apa kata petinggi Israel dan negara pelindungnya. Korban serangan Hamas mereka sebut "the innocent victims" -- dan saya juga menyebutnya begitu, memang; sementara korban di pihak Palestina akibat kebrutalan tentara Israel mereka sebut "the guilty perpetrators". Kalau sebutan itu untuk milisi Hamas yang tewas, boleh saja. Tapi kalau rakyat sipil yang-sama-tak-berdosa-nya dengan rakyat sipil Israel masa iya disebut "pelaku yang berdosa". Israel dan Palestina d.h.i. Hamas sama-sama mengabaikan Hukum Perang. Tetapi, apa boleh buat, sepertinya tak ada kejahatan perang yang telah dilakukan Israel.

Juve Zhang

Anggota parlemen Irlandia Robert Boyd adalah pembela paling gigih Palestina. Menyebut Israel sebagai pemerintahan Apartheid sama dengan Afsel dulu zman Nelson Mamdela di penjara. Rasanya Boyd benar benar lebih palestina dari orang palestina. Perjuangan nya layak di jadikan monumen di Palestina jika jadi 2 states. Boyd bertempur di parlemen demi membela palestina.luar biasa ada orang kulit putih yg mampu secara jernih melihat akar masalah di sana.

Atho'illah

Sarapan pagi minumnya susu/ Cuci mulutnya buah cempedak/ Andinda rinau saya pun rindu/ Hanya terhalang mertua galak.

Atho'illah

Sebagai penulis sekaligus pembaca Disway yang setiap hari membaca seluruh komentar di CHD. Apakah Abah nggak tergoda untuk jadi perusuh juga? Cobalah sesekali ikut balas-balasan pantun atau ikut bikin puisi emboen pagi di kolom komentar, Bah. Atau mungkin coba sesekali berantem sama Pak Pry. Hahaha 

Udin Salemo

Jaman dulu, kalau saya mau lihat kerjaan arah ke Batulicin saya pasti makan di daerah Batibati. Menu wajib buat saya ikan papuyu bakar + goreng ikan haruan. Maknyus tenan. Pulang dari daerah hulu wajib singgah di Gambut (samping Pasar Kindai Limpuar) untuk makan gulai itik. Jaman itu kayaknya lontong orari belum terkenal.

Jokosp Sp

Saat dulu ke rumah kakak di Brebes Jawa Tengah, kami sering ke sawahnya yang dekat dengan Pasar Brambang ( Bawang ) di Bulakamba. Sawah dibuat berselokan di pinggir-pinggirnya galengannya ( sekat antar sawah, bisa disebut juga galengan kalo di Jawa ). Ketika sawah mulai surut itulah ikan-ikan betik luar biasa banyaknya pada berlarian ke sana ke mari mencari air yang posisinya paling dalam. Saya ambil itu ikan/ saya panen tanpa tahu kakakku. Sampai di rumahnya malah diomelin "ehhhhh buat apa itu ikan?, gag bisa dimakan disini, banyak tulangnya, susah mbuang sisiknya". "Sisiknya keras, bahaya kalau sampai ketelen". Lebih canggih orang Hulu Sungai ternyata dalam pengolahan ikan betik ( papuyu ). Dan soal rasa dagingnya pasti 9,5 kalau minta jawaban sama Si Galuh Banjar........ehmmmmm. 

Jokosp Sp

Musim kemarau sudah dua bulanan berjalan. Air sungai sudah sangat surut. Aliran ke sawah terhenti, tidak bisa naik. Petani tadah hujan takkan berhenti beraktifitas untuk sawahnya, tak rela dibiarkan merana tanpa hasil. Ada sawah-sawah yang dibuat kolam-kolam besar setahun sebelumnya. Kini saatnya panen raya kolam besar itu. Inilah kearifan lokal, di Amuntai ( Hulu Sungai Utara ) dan di Barabai ( Hulu Sungai Tengah ) saat ini petani sawah lagi pada panen raya. Panen Iwak PAPUYU ( betik kalo di Jawa ). Warbiasyah pagi ini Ibu Negara ada kejutan mamasak, mambanam iwak papuyu lawan sambal limau kuit. Kadak lupa ada lalapan terong babanam, daun kustela, lawan pucuk gumbili. Duhhhhhh nikmat mana lagi yang kau dustakan. Iwak Papuyu itu luar biasa nikmatnya. Dan di sini sakilo isi 4-6 ekong bisa sampai Rp 80,000,-, bisa ngalahin rasa ikan yang harganya 6 juta yang dipamerkan Abah itu. Tak percaya?, tanyakan sama Si Galuh Banjar mana enaknya lawan Iwak Papuyu babanam ?. Cuma harus hati-hati makannya, banyak duri tajam dan keras. Jadi ada tehnik husus cara memakannya biar tidak ikut tertelan. Orang Banjar jelas ahlinya.#selamat menikmati Minggunya, terus beraktifitas mengejar si Do'i.

Lagarenze 1301

Sangat manusiawi: "Saya sering terhibur. Juga sering tersinggung. Campur aduk. Semua itu bagus untuk latihan mengendalikan emosi. Juga baik untuk latihan tahu diri."

Siswanto AJI

Saya sangat penasaran. Nama bung Mirza sering disebut-sebut Abah. Pasti tulisannya keren, sekeren tulisannya Abah. Malas mencari di kolom komentar, saya mencari di search, tombol kaca pembesar di pojok atas, di bawah tanggal. Klik. Dan wauu.. yang muncul mbak Nikita Mirzani. Semuanya. Takut terlewat saya buka page 1, page 2 sampai selesai, page 6. Dan ya, semuanya mbak Nikita Mirzani, nihil bung Mirza. Tak mau menyerah, saya tulis "Mirza Mirwan" di kata kunci. Saya enter. Muncul "404 Halaman Tidak Ditemukan". Tak mau menyerah, terpaksa saya cari satu-persatu di kolom komentar.. alhamdulillah, gak jauh, komen bung Mirza ada di kolom urut tujuh pilihan Abah. Dan tulisan tentang hamas-israel memang keren, seperti yang Abah ceritakan. Tak selesai disitu, saya buka catatan disway yang lain, hanya untuk membaca komennya bung Mirza. Tulisannya enak dibaca lagi, buka yang lain lagi, enak lagi... dan lagi. Saya jadi auto penggemarnya Bung Mirza. Saran untuk Abah dan Disway, agar bisa tersedia search untuk permasalahan saya di atas. Harapannya membuka Disway tidak hanya untuk membaca tulisan Abah, juga tulisan "anak-anaknya" Abah. Disway bukan hanya tempat berkumpulnya penggemar Abah, namun juga penggemar "anak-anaknya" Abah. Bung-bung Mirza, Liang, Liam Then, Zuve Zhang, Komentator Spesialis dan banyak lainnya. Maka seperti politik kita yang sedang gandrung anaknya politisi, Disway juga akan menjadi gandrung anaknya Abah. Dan dinasti per-tulis-menulis secara alami muncul.

Komentator Spesialis

Mirza dan Mirzani beda beda tipis. Mungkin sama sama enak dibaca dan perlu

Amat K.

Pak Mirza, enak dibaca tulisannya. Bu Mirzani, enak di-....

Xiaomi A1

Kereta Panoramic.. KAI sedang menguji coba Kereta Panoramic (lebih tepatnya gerbong) untuk rute Sby (Gubeng)-Banyuwangi..untuk saat ini gerbong ini masih dirangkaikan mengikuti KA Wijayakusuma.. Dinamakan panoramic karena sisi samping kiri kanan nyaris full kaca, bagian tengah atap pun kaca, jadi benar2 berasa kental suasana pikniknya.. Untuk info lebih lengkapnya kita bisa mencarinya di google, tapi jika Abah DIs yg mencoba langsung dan menuangkannya melalui tulisan pada CHD tentu akan sangat menarik..

Agus Suryono

KA PANORAMIC.. Selain yang diceritakan pak Xiaomi, tentang pengoperasian KA panoramic untuk Surabaya - Banyuwangi, sebelumnya juga sudah ada gerbong panoramic yang digandengkan 1) Ke KA Argo Wilis (Bandung - Surabaya) 2). Ke KA Turangga (juga Bandung Surabay). 3). Ke KA Parahiangan (Bandung Jakarta). ### Taripnya.. Butir 1 dan 2 di atas : Sekitar Rp 1.120.000. Butir 3: Rp 400.000

Mukidi Teguh

Sungguh menarik fenomena media sosial terkait Perang Gaza. Saya melihat supporter Negeri Talokan mendominasi jagat maya, tak terkecuali di Negeri Wakanda yang tercinta. Ini tidak terjadi by chance. Sudah sejak lama Punggawa Talokan membayar mahal buzzer lintas negara untuk memposting hal-hal baik tentang Talokan. Para influencer diundang gratis ke Talokan menggunakan penerbangan kelas satu, dengan imbalan satu tweet positif per hari tentang negeri yang mengundangnya. Sekarang hasilnya nyata. Hipnotis kolektif para buzzer dan influencer selama bertahun-tahun membuahkan dukungan yang luar biasa buat Negeri Talokan, bahkan ketika mereka secara terang-terangan membom bayi dan orang yang sedang dirawat di rumah sakit. Sekali lagi dunia membuktikan, bahwa marketing yang baik bisa mengalahkan kebenaran.

Jimmy Marta

Hanya sedih dan prihatin dg yg terjadi di gaza skrg. Banyak yg menyayangkan, ini gegara hamas yg nyerang duluan. Banyak yg memaklumi jk ini pembalasan pihak israel. Tapi kalau disimak, serangan tgl 7/10 itu adalah reaksi yg sudah menggumpal. Di berita hampir tiap hari ada saja warga palestina jadi korban. Warga yg melawan dari kekangan dan tekanan berlarut tentara israel. Tembakan yg dibalas lemparan. Kehidupan di gaza itu sungguh berat. Israel sudah memberlakukan blokade sejak awal th 2000 an. Rakyat sipil bertahan hidup dg rasa was was. Dengan alasan mencari militan, setiap saat tentara bersenjata lengkap bisa datang. Bukan kita hendak memaklumi serang menyerang ini. Tp ini adalah pilihan para pihak garis keras. Faksi hamas sejak lama memang sudah gk percaya dg semua diplomasi. Mereka pilih angkat senjata. Sekarang derita rakyat gaza makin menjadi. Suasana sangat mencekam. 50rb tdk seimbang dg 500rb. Batas hidup dan mati makin tipis. Sedih...prihatin.. 

Fiona Handoko

selamat siang bp thamrin, bung mirza, bp liang, bp jo, bp jokosp dan teman2 rusuhwan. bila membaca berita2 tentang perang hamas vs israel, ukraine vs rusia. tentu kita teringat akan lagu yg dinyanyikan john lennon. "imagine all the people. living life in peace...." namun dibalik lagu2 john lennon yg kerap menyuarakan cinta kasih, humanisme dan perdamaian. ternyata sikap john lennon terhadap cynthia (istri pertama) dan julian (anak) berbanding terbalik dengan lagu2 nya. cynthia selama menikah dgn john lennon, kerap mengalami kdrt. hingga lahir putra mereka, julian. john seperti tidak peduli. julian tidak pernah merasakan kasih sayang ayah. malah ada satu ucapan john lennon yg menyakitkan hati julian. yaitu julian adalah seorang anak yg lahir dari sebotol whisky. sampai2 julian berkomentar. satu satunya yg diwariskan ayah kepada saya adalah mengajari bagaimana caranya menjadi ayah yg tidak baik. untung julian tidak dendam kepada ayahnya. saat john lennon telah meninggal, ia banyak menyelamatkan memorabilia peninggalan ayahnya. 

Agus Suryono

HUMOR LAMA SAAT TERJADI PERANG YOM KIPPUR.. Saat perang itu terjadi, hubungan dagang Mesir vs Israel tetap jalan. Saat perang itu terjadi, saat itu justru permintaan "kippah" (kopiah putih Yahudi) dari Israel kepada Mesir meningkat. "Kok pengiriman seret..?" "Begini.. Dulu yang biasanya kami kirim Kippah asli. Saat ini persediaan Kippah asli terbatas". "Jadi..?" "Jadi ini terpaksa, stock BH yang ada, kami potong dua. Menjadi 2 kippah.." "Bukan BH bekas kan..?" "Ya pasti bukanlah.. Tapi pertanyaan Anda itu juga menginspirasi kami. He he.." ### Konon. Dulu ini adalah juga bagian dari Humor Gus Dur..

Alon Masz Eh

Saya lupa pernah liat di dokumenter mana. Ada beberapa warga israel dan Palestina yang sesungguhnya bersahabat dan saling membantu. Hidup berdampingan walau beda perbatasan. Biarlah yang bermasalah petinggi pemerintahan... Begitu alasan mereka. Walau tidak dipungkiri banyak juga yang warga yg anti satu sama lain, mungkin yg termakan propaganda. Mungkin Pak DI yang suka keliling2 pernah ngobrol langsung dengan warga Israel dan Palestina. Apa benar yang bermasalah militer dengan militan saja? "Sekali lagi, Saya Prihatin. Seyogyanya masalah ini tidak perlu sampai terjadi". Coba tebak, ini quote siapa Pak DI? 

Handoko Luwanto

Benar kak Alon, pengelola akun medsos Nasdaily adalah gabungan warga Palestina dan Arab.

Gianto Kwee

Mengenang saat usia 17 tahun di tahun 1969, datang di Undangan "Sweet Seventeen" Teman cewek, lagu ini sangat indah menurut kami saat itu ! Ada beberapa lagu yang jadi Legenda sampai sekarang yang "Release" Hampir bersamaan, "He Ain't Heavy He Is My Brother" The Hollies, Alan Clarke dengan suara Harmonika di awal yang memukau, "Too Young To Be Married" juga The Hollies, yang sangat dikenang oleh sahabat ku yang pesta "Sweet Seventeen" Karena di tahun itu juga dia "Harus" Married di usia 17 tahun !

Liáng - βιολί ζήτα

selingan "Take My Hand For A While" - Glen Campbell. Lagu "Take My Hand For A While" ditulis oleh Buffy Sainte-Marie (terlahir dengan nama : Beverly Sainte-Marie) - seorang penyanyi, musisi, komposer dan penulis lagu - kelahiran Qu'Appelle Valley, Saskatchewan, Canada - pada tanggal 20 February 1941. "Take My Hand For A While" liriknya penuh dengan emosi dan kerentanan, melodinya dengan sempurna menangkap rasa sakit hati dan kerinduan. Secara keseluruhan, lirik lagu "Take My Hand for A While" mengisahkan tentang seseorang yang disakiti oleh orang yang dicintainya dan memohon penjelasan atas tindakan sang kekasih untuk membantu dia memahami mengapa cintanya tidak pernah berbalas. Kalimat pembuka "Take my hand for a while (Pegang tanganku sebentar)" merupakan permohonan kenyamanan dan empati dari orang yang menyebabkan rasa sakitnya. Dia kemudian memohon sang kekasihnya untuk menatap matanya, berharap dengan melakukan itu dia dapat memperoleh pemahaman mengapa cinta yang dia pikir dia miliki tidak pernah benar-benar ada. [1].

Komentator Spesialis

Proyek elevated to Jakarta Cikampek, yang lebih dikenal sebagai tol MBZ ini, pengerjaan sudah tuntas. Bahkan sudah operasional bertahun tahun. Ternyata Waskita Karya masih punya tunggakan hutang ke Bukaka Rp 200 Milyar. Hal ini diungkap oleh JK beberapa waktu lalu. Yang mencengangkan adalah, tol Jakarta Cikampek ini termasuk salah satu tol tergemuk. Tarif tol sudah dinaikkan secara luar biasa memakai sistem tarif terbuka. Artinya jauh dekat harga sama. Contohnya dari cikarang barat ke cibatu yang jaraknya tak sampai 2 Km, anda harus merogoh kocek Rp 20rb. Pesta cuan melalui kasus korupsi juga terungkap. Proyek senilai Rp 13.53T ini diduga telah dikorupsi sebesar Rp 1.5T. Dibalik PSN ternyata telah terjadi banyak kasus korupsi. Ini akan menjadi tugas Presiden dan penegak hukum baru setelah tahun 2024 nanti. Jangan sampai kekuasaan negara ini jatuh ke dinasti yang anda sudah ketahui.

Leong Putu

Baru baca artikel siang ini. Eehhh...Pak Bos ternyata nyebut tanggal 15 - 16 Desember untuk pertemuan perusuh. Tidak ada lagi alasan jadwal mendadak. Sulit dapat ijin dan segala alasan yang dibuat-buat lainnya. Yang mau jalan darat, bisa mulai dari sekarang. Waktunya cukup lama, hingga acaranya berlangsung 15 - 16 Desember nanti. Begitu juga bagi "Perusuh"yang berkebutuhan khusus, bisa mempersiapkan dari sekarang. Selimut, termos, teko, kompor portable bisa dipersiapkan mulai sekarang. Hanya karena kemungkinan lokasinya nanti bakal di IKN, disarankan membawa senjata angin. Buat jaga-jaga saja. Untuk hari, tanggal 15 Desember itu jatuh pada Jumat Kliwon. Jumat = 6 , Kliwon = 8 (total 14). Hari yang cukup bagus. Bagi yang lahir di Jumat Kliwon akan menjadi pribadi seperti saya. Sopan lemah lembut kata katanya, murah hati, sabar, baik hati, tekun dan terampil dalam bekerja. Namun, Jumat kliwon identik dengan hal-hal mistis. Jika nanti lokasi pertemuannya benar di IKN, patut hati-hati. Pocong, jin, kolor ijo, kunti lanak dan genderuwo bisa ikut nimbrung. Saya ndak mau menakut-nakuti, di Agrinex ancamannya cuma longsor dan ular. Di IKN? Binatang buas juga mahluk halus. Tempat yang angker juga mungkin bisa memicu kesurupan masal. Baiknya tanggalnya dipindah saja. 29 Desember lebih "adem". Jumat wage. Lebih pas untuk acara kumpul kumpul dan makan makan. Tanggal 15 itu "panas" karena saldo baru saja dipotong angsuran KPR BTN.

Komentator Spesialis

Islam adalah agama yang menyuruh kita melindungi 4 hal berikut : 1) Menjaga Nyawa. 2) Menjaga Harta. 3) Menjaga Nasab. 4) Menjaga Kehormatan. Tentu syaratnya selama tidak dalam kondisi didzolimi atau dirampas hak haknya. Tidak ada satupun alasan syar'i untuk berbuat tidak adil terhadap non muslim sekalipun, apabila syarat diatas tsb. terpenuhi. Dalam kasus ini Israel telah melakukan pendzoliman terhadap warga Palestina. Maka otomatis gugur kewajiban tsb. Bahkan timbul satu kewajiban baru untuk menjaga dan merebut kembali hak hak yang telah dirampas kaum Yahudi ini.

Liam Then

Bahkan negara kaya raya seperti Arab Saudi, dengan kuasa minyaknya 16% cadangan dunia, tidak punya kuasa pendulum, yang bisa mengarahkan arah geopolitik kawasan. Ini menyedihkan. Apakah ini tanda-tanda bahwa egoisme sektoral yang sudah mengental dikawasan ini, begitu dalam hingga ia merusak, semangat persaudaraan yang selalu diagung-agungkan? Demi yang namanya uang ,kesejahteraan, keamanan, membiarkan saudara menderita penindasan? Sebagai Non Muslim, saya sering membayangkan andaikan saya seorang Muslim, menempatkan diri saya sepenuhnya dalam semangat Persaudaraan Islam, kemudian memandang konflik di Palestina dalam perspektif muslim. Entah sejak kapan, atau berapa kali, setiap saya baca penindasan berulang di Palestina, selalu saya berpikir, apa susahnya menekan Barat , jika kompak, Timur Tengah punya kuasa besar untuk menekan Barat. Stop saja produksi minyak barang sejenak, seminggu, dua minggu, tiga minggu, jika saudara saya di Palestina harus menderita tirani kegelapan, mari setidaknya rasakan bersama-sama kegelapan literal meskipun sejenak. Mari rasakan setidaknya sedikit saja level penderitaan yang dihadapi oleh orang Palestina dalam skala harian. Kadang kala empati juga harus dicekokkan. Dirasakan langsung, agar bisa tahu macam mana rasanya. Kalo sudah begini, jadi sadar, awak sendiri bahkan tak kalah keras dari Hamas, lebih radikal malah. Chaos macam apa yang bisa terjadi, kalau langkah stop produksi minyak dilakukan? Saya kayaknya lebih radikal dari Hamas.

Gregorius Indiarto

Awal berita perang antara Hamas vs Israel yg saya tahu, korban nyawa rakyat Israel 900 orang, sementara korban pihak Hamas 600 orang, tidak tahu itu hari keberapa. Setelahnya saya malas baca berita perang, karena saya yakin, Israel akan mebalas lebih dari jumlah korban rakyatnya. Nyawa seolah olah jadi bahan mainan bagi kedua belah pijak. Dan ndilalahnya hari ini kok dibahas tentang perang Gaza, meski malas, tetap saya baca. Meski hanya berupa "Rangkuman berita perang gaza dari komentar para komentator handal". Sehat selalu utk kita semua.

Komentator Spesialis

Kalau masuk Palestina harus dapat visa dari Israel, maka artinya bahwa bangsa Palestina belum merdeka dan masih dijajah Israel. Saya punya mimpi ke Baitul Maqdis (Al Aqsa). Pengen beribadah disitu. Setidaknya dapat pahala 500 kali dibanding sholat di masjid manapun, selain Masjidil Haram dan Nabawi. Masuknya anda sudah tahu, ke Jerusalem melalui Jordan. Saya googling sekitar 3-4 jam naik bis. Nggak terlalu jauh dibanding naik bis Madinah ke kota Neom. Jadi ingat seseorang..wkwkwk.... Ternyata untuk masuk Jerusalem harus mendapatkan visa Israel di Jordan nanti. Waduh... Dan ternyata memang benar, visa transit umroh bisa dapat gratis. Bisa sampai 4 hari. Anda tinggal booking langsung penerbangan Saudia, dan cari rute penerbangan dan jadwal yang anda inginkan. Tinggal masalah transpor lokal, hotel dan guide kalau anda nggak paham bahasa Arab. Alternatifnya silahkan pakai bahasa tarzan atau google translate, wkwkwk...

Komentator Spesialis

Andai Hamas dan israel bersedia mengadopsi kearifan lokal suku di Papua, saya yakin selesai. Kabarmya, kearifan lokal tsb. adalah sengketa, baik itu perkelahian maupun perang, sepakat dihentikan apabila jumlah korban telah seimbang. Artinya, seharusnya serangan Israel ke Palestina sudah bisa dihentikan dan kembali ke meja perundingan.

Liam Then

Kwkwkkwkwkk durian lagi murah banget di Pontianak, enaknya musim buah di Pontianak sekalian dengan musim duku,rambutan dan cempedak.

Handoko Luwanto

Singgasana Perusuh Disway periode: 08-10-2023 s/d 14-10-2023 (101 orang) 

Komentar Pilihan Terbanyak 

#Nama__(Komen)(Kata)<REWARD> 

#1_Liam Then___(92)(6297)<17★2✒️4⭐️> 

#2_Agus Suryono___(39)(2259)<13★2⭐️> 

#3_Mirza Mirwan___(33)(3891)<13★1⭐️> 

#4_Handoko Luwanto___(20)(1548)<10★> 

#5_Udin Salemo___(41)(2144)<7★1⭐️>

#6_Lagarenze 1301___(33)(1728)<7★1⏰> 

#7_Leong Putu___(99)(1753)<6★3✒️> 

#8_Wilwa___(67)(4120)<6★1✒️1⭐️> 

#9_Amat K._(32)(1350)<6★1⭐️> 

#10_Jokosp Sp___(26)(1575)<6★> 

#11_Liáng - βιολί ζήτα___(24)(2560)<6★> 

#12_Mahmud Al Mustasyar___(18)(892)<6★> 

#13_mzarifin umarzain___(27)(515)<5★1⭐️> 

#14_AnalisAsalAsalan___(21)(903)<5★> 

#15_Juve Zhang___(57)(4789)<3★> 

#16_Johannes Kitono__(19)(3003)<3★> #17_Hari Purwanto_(7)(549)<3★> #18_Gregorius Indiarto__(6)(530)<3★> 

#19_Mukidi Teguh___(5)(481)<3★> 

#20_Fiona Handoko___(5)(418)<3★> 

#21_Jo Neca___(65)(1070)<2★2✒️> 

#22_Er Gham___(34)(1279)<2★> 

#23_yea aina___(21)(691)<2★> 

#24_thamrindahlan___(10)(1263)<2★> 

#25_Em Ha___(9)(654)<2★> 

#26_Pryadi Satriana___(8)(876)<2★> 

#27_rid kc___(6)(528)<2★> 

#28_Fa Za___(6)(158)<2★> 

#29_ikhwan guru sejarah___(3)(269)<2★> 

#30_heru santoso___(2)(338)<2★> 

#31_Alex Ping___(2)(85)<2★1⭐️> 

#32_MULIYANTO KRISTA___(91)(839)<1★4⏰1✒️> 

#33_imau compo___(26)(1281)<1★> 

#34_Jimmy Marta___(23)(971)<1★> 

#35_Kang Sabarikhlas___(13)(473)<1★> 

#36_Echa Yeni___(11)(231)<1★> 

#37_alasroban___(9)(136)<1★> 

#38_Riyono ,SKP___(7)(171)<1★> 

#39_Tuan Sumartan___(5)(43)<1★> 

#40_doni wj___(3)(334)<1★>

Komentator Spesialis

Keluarga Prayogo Mandi cuan !! Prayogo Pangestu adalah salah satu sosok konglomerat besar di tahun 80 an. Bersama kongklomerat lain seperti Liem SL, Eka Cipta, keluarga cendana seperti Tutut, Bambang, Tomy dll. Itulah era keemasan mereka. Dan jangan lupa saat itu juga periode miskin saya (Alhamdulillah, sekarang sudah kaya. Kaya hati saja cukup). Prayogo dikenal sebagai boss besar group Barito Pacific. Tetapi ndilalah kok terpuruk saat krisis ekonomi 1998. Berkat ke-istiqomahan Prayogo dalam membangun Candra Asri membuahkan hasil. Bukan cuman bisnis Petro chemicalnya moncer. Tetapi telah merambah ke berbagai sudut lapangan bisnis. Belum lama, saya pernah tulis di kolom perusuh, mengenai IPO BREN, tangan bisnis pembangkit listrik Geo Thermal Barito. Yang saya garis bawahi adalah, dengan nilai kapitalisasi sekitar Rp 200T an, OJK atau IDX mengijinkan BREN melepas hanya 3.32% saham ke publik. Idealnya, mereka harus melepas saham free float minimal 10%. Kalau tidak, maka tidak diragukan akan terjadi cornering harga saham alias saham akan melejit gila gilaan. Saya pernah cerita cuan ratusan juta sehari karena akumulasi saham cornering. Dan itu sedang terjadi ! Dalam beberapa hari sejak IPO, BREN telah mengantongi kenaikan 142% lebih !! Artinya kalau anda investasi beli saham BREN Rp 1 milyar, maka duit anda akan bengkak menjadi Rp 2.42 Milyar. Kentungan yang lumayan bisa untuk beli Huawei Mate 60 Pro.

*) Dari komentar pembaca http://disway.id

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber : Disway.id

Komentar Anda