Sang Begawan Media

Jag-EV

PSM Blora saat menghadiri HUT Pesantren Sabilil Muttaqien di Jawa timur, Selasa, 10 Oktober 2023. Dahlan Iskan (baju putih).(FOTO: Istimewa - babad.id)

COWASJP.COMSAYA bertemu kembali teman lama. Selasa kemarin. Masih cantik. Mulus. Kulitnya hijau pupus. Dia sudah lama menanti saya di madrasah PSM (Pesantren Sabilil Muttaqin) Takeran. Sekitar 16 km di timur Magetan. 

Namanyi sudah ganti: Jag-EV. 

Di Takeran itu dia baru saja melakukan ''transplantasi hati''. Jerohannya diganti. Dari mesin bensin menjadi baterai. Jadilah Jag-EV mobil listrik konversi.

Yang melakukan konversi bisa Anda baca di stiker yang menempel di kanan-kiri: Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 2 Pesantren Sabilil Muttaqien, Takeran. 

Sudah dua tahun tim SMK 2 PSM ikut pelatihan konversi bersertifikat. Di Perindustrian. Di Dikbud. Di PLN. Sudah pula mempraktikkannya: dua sepeda motor diubah jadi motor listrik. Salah satunya diberi merek Take-Run. 

Karya SMK itu dipamerkan kemarin. Di HUT ke-80 PSM. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa hadir. Menyaksikan. Menggunting pita. Meraba-raba logo Jaguar mengilap yang seperti sedang meloncat itu. 

SMK PSM bukan satu-satunya yang bisa. Bukan pula yang pertama. Banyak SMK lain yang juga mampu. Pun bengkel swasta. Semua masih gamang: mau ke mana. 

Gubernur Khofifah sudah beberapa kali ke Takeran. Sejak masih sebagai ketua umum PP Muslimat NU (saja), sampai sudah merangkap menjadi menteri dan kini merangkap gubernur. Sejak masih ''hanya'' ustadzah sampai sudah menjadi birokrat teknokrat sekarang.

Khofifah adalah sedikit contoh bagi orang pesantren. Sosok yang bisa berkembang sampai memiliki kemampuan teknokrasi. Maka dia pun jadi rebutan calon presiden untuk jadi pasangan wakil presiden mereka.

Banyak lagi SMK di lingkungan PSM yang ikut pameran. PSM memang memiliki sekitar 120 madrasah. Umumnya di wilayah Magetan, Madiun, Ngawi, Nganjuk, Kediri, Tulungagung, dan sekitarnya. Ada juga yang di Randublatung (Blora) dan Pangandaran, Jabar. 

Banyak di antara madrasah itu berupa SMK. 

Saya keliling pameran mendahului gubernur. Takut ada yang kurang menarik. SMK PSM di Desa Tanjung Anom, Nganjuk, memamerkan baju digital. Yakni baju yang dibuat secara digital, dipasarkan secara digital dan pemakainya pun manusia digital: misalnya tokoh super hero atau sosok karakter digital.

SMK itu memang punya jurusan busana. Siswa kelas 2 nya hanya 6 orang. Saya kaget. Begitu sedikit. Ternyata ada persoalan mendasar di jurusan ini. Di mana-mana. Di semua SMK. Kurikulumnya harus dirombak. 

Maka enam siswa itu kini dibanting ke arah digital. Kebetulan dapat partner industri. Di Nganjuk ada anak muda yang bisnis baju digital. Pasarnya sudah menembus banyak negara, termasuk di Eropa dan Amerika.

Namanyi: Aulia Praba. Umur baru 23 tahun. Dia juga alumni SMK di Nganjuk. Ayahnyi jualan baju di pasar.

Aulia sangat energetik. Lincah. Geraknyi serba cekatan. Bicaranya cepat. Wajahnyi bulat mungil. Matanyi jelalatan. Semangatnyi 500 kVa.

Saya berterima kasih kepada Aulia. Anak penjual baju di pasar jualan baju digital. Saya juga puji guru busana di SMK itu: Bu Siti Syamsiatin. Dia cekatan menangkap peluang baru. 

disway.jpg1.jpgSMK PSM Tanjung Anom, Warujayeng, Nganjuk. (FOTO: sekolah.data.kemdikbud.go.id)

"Mengapa mau membina siswa SMK?" tanya saya kepada Aulia.

"Lebih mudah mengajar digital ke anak-anak busana daripada mengajar busana kepada anak-anak digital," ujar Aulia.

Maka Aulia minta semua enam siswa itu magang di kantornyi. Tidak perlu ada syarat. Tidak harus bisa coding atau menggunakan software. "Yang penting bisa menghidupkan dan mematikan laptop," katanyi lantas tertawa. 

Dia serius dalam tawanyi. 

Prinsip Aulia: lebih baik mengajari anak yang belum bisa tapi punya kemauan, daripada mengajar anak yang sudah bisa tapi kurang punya kemauan. 

Ini kata-kata mantra berikutnya dari gadis 23 tahun kita: "Anak yang sudah bisa tapi tidak punya kemauan, bisanya hanya akan itu-itu saja." 

"Sebaliknya, Anak yang belum bisa apa-apa, tapi punya kemauan ia/dia akan bisa banyak hal."

Maka sejak dibina Aulia SMK PSM Tanjung Anom jadi punya keunggulan. 

"Punya keunggulan" itulah tema rapat kerja pendidikan di PSM yang dibuka Gubernur Khofifah. Keunggulan SMK PSM Takeran jelas: di konversi motor dan mobil. Juga punya mentor di bidang itu. Dua orang: Jonathan dan Aling. Dua-duanya Tionghoa. Punya bengkel mobil di Surabaya. Selalu jadi tempat magang SMK PSM. Jo alumni teknik mesin Purdue University Amerika. Aling pembalap drag race. 

Maka semua madrasah di lingkungan PSM harus punya keunggulan. Bebas memilih. Satu bulan ke depan sudah harus lapor: mau pilih unggul di bidang apa. 

Sampai kemarin umumnya mereka belum tahu harus unggul di bidang apa. Rupanya tidak mudah memilih jenis unggulan secara dadakan. Saya pun mengalah. Tidak harus sekarang. Rundingan dulu. Sebulan. Tidak boleh lebih lama.

Kualitas guru memang ikut menentukan dalam menentukan unggulan. Belum tentu satu sekolah punya cukup guru yang berkualitas baik. Termasuk dalam hal passion. 

Maka saya akan izinkan bila satu madrasah hanya akan punya dua mata pelajaran saja. Terutama kalau di madrasah itu hanya punya dua guru yang bagus. Kalau ada mata pelajaran yang tidak ada gurunya yang bagus lebih baik mata pelajarannya dihapus saja. Untuk apa dipaksakan ada, dengan guru seadanya. Yang jadi korban: siswa. Juga orang tua mereka.

Begitu banyak persoalan yang dihadapi Majelis Pimpinan Pusat (MPP) PSM. Untung kiai kami yang baru, MT Yanuar Miryanta, masih muda. Ryan belum 30 tahun. Alumni hukum UII Yogyakarta. Ia jadi ketua umum dadakan karena ayahnya meninggal di masa Covid-19.

Keunggulannya: banyak senyum, banyak humor, dan pembelajar yang cepat. Meski begitu banyak masalah yang ia hadapi, ia senyum-senyum saja. Ia pandai mengejek diri sendiri. Ia mengartikan MPP sebagai majelis persoalan persoalan. (*)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan:
Edisi 11 Oktober 2023: Neraka Akuntan

mzarifin umarzain

AKUNTAN X TEKNOLOG. Seorang insinyur me-wanti2, jangan sampai enjiner jadi anak buah ekonom di suatu perusahaan. Ekonomi, akuntansi kuliah nya cuma matematika ringan. Barangkali ekonom tak berambisi harus jadi pimpinan. Seperti pak Karno & pak Hatta. Saya juga ngira akuntansi, pembukuan itu mudah. Ternyata tak semudah yg saya bayangkan. Karena butuh, saya beli buku: Akuntansi untuk menejer non ekonom. Neraca itu seperti foto. Setelah mengetahui, di LKM, Lembaga Keuangan Mikro, saya ajarkan kilat mbuat neraca & laba/rugi kpd menejer LKM yg lulusan IPA. Kini menejer tsb sudah S1 ekonomi. LKM yg lain belajar pd yg sudah mengetahui. Siapa saja yg bisa mimpin, berprestasi, silahkan berlomba dalam kebaikan.

rid kc

Amerika akhirnya melunak kepada Tiongkok. Samsung diijinkan untuk mengekspor chip ke Tiongkok. Pasti ada sesuatu yang urgent dibalik itu. Prediksinya jelas terkait Israel. Amerika ingin melobi Tiongkok agar menggunakan pengaruhnya untuk membujuk Iran, Saudi agar tidak cawe-cawe masalah Israel. Lucu AS ini negara lain dilarang ikut cawe-cawe sementara negara Barat ramai mendukung Israel padahal hanya berhadapan dengan HAMAS. Karakter preman tetap preman. Mainnya keroyokan walaupun yang dihadapi itu hanya organisasi kecil. AS dan NATO kalah perang di Ukraina sekarang ada musuh di Timur Tengah mau dikeroyok juga. Semoga Tiongkok tidak kena bujuk rayu AS.

Mukidi Teguh

Bagi seorang wartawan, deretan angka itu memang membosankan dan tanpa makna. Tapi bagi seorang akuntan, angka-angka tersebut seperti sebuah cerita yang sangat memukau, ibarat puisi yang mengharu biru. Kondisi ini mirip ketika orang lain menatap layar komputer saya yang penuh dengan deretan kode-kode pemrograman. Sesekali saya iseng menjelaskan ke mereka, bahwa huruf dan angka yang sulit dibaca ini sejatinya adalah sebuah jalan cerita yang seru dan menarik. Saking serunya, saya sanggup membaca dan menulisnya sampai berjam-jam lamanya. Kesimpulannya, sesuatu itu kata anak gen z, tergantung POV. Dan menjudgment seseorang dengan POV kita biasanya memang seru.

Wilwa

MBS berbaikan dengan Israel. Bahkan MBS juga berdamai dengan Iran. MBS juga menjalin hubungan dagang dengan China. Mari kita berharap MBS bisa memainkan langkah “kuda” menghentikan perang Israel vs Hamas yang hanya menyengsarakan penduduk sipil di jalur Gaza. Sebuah wilayah kecil di sudut barat daya Israel. Luasnya hanya 365 km2. Sekitar separuh luas Jakarta yang hampir 700 km persegi. Panjang Gaza Strait sekitar 40 an km. Lebar rata-rata 8 km. Pasokan air minum dan listrik dari Israel yang sekarang dihentikan. Tanpa listrik dan terutama tanpa air minum, bagaimana mungkin manusia bisa bertahan hidup? Bisa tewas kehausan sebagian besar penduduk jalur Gaza yang sekitar 2 juta orang itu. Sungguh memprihatinkan. Perang tidak memecahkan masalah tapi menambah masalah baru. 

Handoko Luwanto

Jurnal Perusuh Disway Edisi: Pasar Apung (10-10-2023) #Nama__<Komentar><Kata>Pilihan 
#1_ACEP YULIUS HAMDANI___<1><8> 
#2_Agus Suryono___<7><281>★ 
#3_alasroban___<2><55>★ 
#4_Amat K._<10><644> 
#5_AnalisAsalAsalan___<3><77>★ 
#6_bitrik sulaiman___<3><16> 
#7_DeniK___<2><12> 
#8_Ditya Afandhi___<1><3> 
#9_doni wj___<3><334>★ 
#10_Edi Sampana___<1><10> 
#11_Em Ha___<2><159>★ 
#12_Er Gham___<1><76> 
#13_Fa Za___<3><71> 
#14_Fachrizal Fadilah___<1><3> 
#15_Gregorius Indiarto___<1><43>★ 
#16_Guslurah___<1><1> 
#17_Handoko Luwanto___<1><109>★ 
#18_Hari Purwanto___<1><218> 
#19_Hendro Purba___<1><79> 
#20_heru santoso___<1><144>★ 
#21_ichsan Hamid___<1><6> 
#22_ikhwan guru sejarah___<1><132>★ 
#23_imau compo___<4><153> 
#24_Jimmy Marta___<4><170> 
#25_Jo Neca___<16><218> 
#26_Johannes Kitono___<3><306> 
#27_Jokosp Sp___<9><579> 
#28_Juve Zhang___<10><841> 
#29_Kang Sabarikhlas___<3><64> 
#30_KawaiChoco 003__<1><1> 
#31☀Lagarenze 1301__<10><281> 
#32_lailatul qodariyah___<1><17> 
#33_Legeg Sunda___<1><5> 
#34_Leong Putu___<26>❖<338>★ 
#35_Liam Then___<10><793>★★ 
#36_Liáng - βιολί ζήτα___<1><178> 
#37_M.Zainal Arifin___<3><6> 
#38_Mahmud Al Mustasyar___<1><54> 
#39_mimi Dk___<1><13> 
#40_Mirza Mirwan___<1><110>★ 
#41_MULIYANTO KRISTA___<16><238> 
#42_mzarifin umarzain___<4><109>★ 
#43_Pedro Patran___<1><38>★ 
#44_Pryadi Satriana___<1><59> 
#45_rid kc___<1><58> 
#46_Rigih Bayu Ratri___<1><9> 
#47_Rofi^udin___<1><35> 
#48_siti asiyah___<1><33> 
#49_thamrindahlan___<2><250> 
#50_Tuan Sumartan___<1><15> 
#51_Udin Salemo___<7><14

Liáng - βιολί ζήτα

Ibarat novel "kering" jikalau laporan bagian akuntansi disway.id : - angka view-nya tetap, - angka jumlah iklannya tetap, - angka pendapatnya tetap. Jadi "kering" itu bukan angka, angka dan angka. Tetapi@ tetap, tetap dan tetap ; tidak ada kenaikan. Coba kalau : - angka view-nya melonjak, - angka jumlah iklannya bertambah, - angka pendapatnya naik. Ngga bakalan tuh disebut novel kering, lha wong baca angka-angkanya pasti suenang, malahan bisa sambil kipas-kipas. wkwkwkwkwkwkwk.......

Mirza Mirwan

Harakah al-Muqāwwamah al Islāmiyyah -- Gerakan Perlawanan Islam -- yang dikenal sebagai Hamas, sebenarnya partai politik di Palestina. Partai yang berdiri tahun 1987 itu menguasai 74 kursi dari 132 kursi Dewan Legislatif, mengalahkan Partai Fatah, Harakah at-Tahrīr al-Watanī al-Filastini, yang didirikan tahun 1965 oleh almarhum Yasser Arafat yang hanya menguasai 45 kursi/132 -- 4 kursi independen, sisanya terbagi untuk 5 partai lain. Hamas menempatkan Mohammed Shtayyeh sebagai perdana menteri, sedang Fatah menempatkan Mahmoud Abbas sebagai presiden. Hamas mempunyai sayap militer bernama Izzuddin Al-Qassam Brigade. Saat ini brigade itu dipimpin Mohammed Deif dengan wakil Marwan Issa. Anggotanya sekitar 30-40 rb personel. Kalau dibandingkan dengan Tzahal -- Tsva ha-Hagane le Yisra'el (TNI-nya Israel) -- jelas Brigade al-Qassam kalah segalanya. Militer aktif Tzahal 120 rb, cadangannya 1,3 juta -- padahal populasi Israel kurang dari 10 juta. Senjata? Jelas al-Qassam kalah jauh. Anggaran militer Israel tahun 2023 US$24,3 miliar (Rp381,8 triliun) -- bandingkan dengan Indonesia yang hanya US$9 miliar (Rp140 triliun). Sabtu lalu dengan serangan dadakan Hamas bisa membuat Israel kerepotan. Tapi begitu Israel membombardir Gaza Strip, apa boleh buat, rakyat sipil yang jadi korban. Kini militer Israel juga memblokade Gaza Strip dari suplai pangan dan bahan bakar. Untuk mencegah penghancuran hunian sipil di Gaza memang Hamas punya "senjata" : (sambungannya di atas)

Liáng - βιολί ζήτα

edisi jahilin Abah D.I. CHDI : "Maka saya ikut berdoa dalam mengikuti persidangan Trump ini: lahirnya yurisprudensi. Bagaimana menetapkan harga sebuah nilai. Lalu bagaimana nilai sebuah harga." Lha koq mirip-mirip ya dengan statementnya Warren Buffet..... "Price is what you pay. Value is what you get". - ini mah pasti nyonték statementnya Warren Buffet... - supaya terlihat kerén, supaya pembaca bingung dan penasaran, diubahlah jadi bentuk pertanyaan... ayo ngaku..... Abah... wkwkwkwkwkwkwk... kabooooorrr...

Mirza Mirwan

Hamas punya puluhan sandera. Untuk setiap serangan Israel ke pemukiman warga, Hamas akan membunuh satu orang sandera dan akan menyiarkannya langsung Hamas bahkan sesumbar siap untuk perang dengan Israel untuk jangka waktu yang lama. Masalahnya, warga sipil bakal terancam kelaparan karena suplai bahan pangan terhenti. Hari ini perang sudah memasuki hari ke-5. Dan di Israel kini tak ada lagi tokoh seperti Yitzak Rabin dan Shimon Peres. Pun di Palestina tak ada lagi tokoh sekaliber Yasser Arafat. Yitzak Rabin, dalam kedudukan sebagai perdana menteri, dulu itu ditembak warganya sendiri gegara menandatangani perjanjian damai dengan Palestina. Bersama Shimon Peres (menteri luar negeri) dan Yasser Arafat, Yitzak Rabin diganjar Nobel Perdamaian tahun 1994. #....Dunia bagai pejamkan mata / serta terpasung tangannya / tidak mampu berbuat apa / sedangkan mungkar beraja....# (Ode Bumi Anbiya -- Siti Noorhaliza)

Asep Sumpena

Menyimak tulisan Pak DI tentang jarum. Saya langsung melihat kotak (dalam hal ini meja) rias istri saya, tidak ditemukan jarum tuh. Sebenarnya jarum yang dimaksud di atas untuk apa ya? Jangan-jangan jarum susuk.

Amat K.

Apakah ini yang dinamakan nilai? Ketika botol berisi air mineral dengan takaran isi yang hampir sama tetapi harganya berbeda. Yang satu seharga 3-4 ribuan. Satunya lagi seharga oli mesin motor. Kalau begitu mah mending saya minum oli, cukuplah beberapa bulan tidak minum lagi. 
 
Riyono ,SKP

Bicara nilai dan harga. Jadi ingat tentang slogan sebuah kerajaan. NKRA harga rata-rata.NgalengKa diRAja harga rata-rata. Takut mau ngetik yang harga mati. Ternyata harga nego. Selain takut mati juga saianya.
 
AnalisAsalAsalan

Harga Sebuah Nilai vs Nilai Sebuah Harga. 
1. Harga Sebuah Nilai Harga = HPP ++... '+' adalah nilai (value) sebuah barang/jasa. Jumlah '+' tergantung image/persepsi, segmen pasar, dan pesaing. Contoh: '+' pertama: terlihat berkelas/keren. '+' kedua: memudahkan dan mempersingkat pekerjaan '+' ketiga: bisa digunakan di mana saja sehingga banyak waktu bersama keluarga Begitu pula satu '+' diberi harga berapa, tergantung hal yang sama. Dengan demikian, tidak ada rumus pasti. Terlalu mahal tidak laku, terlalu murah juga sama. 
2. Nilai Sebuah Harga Sebenarnya tinggal dibalik dari 'Harga Sebuah Nilai'. Oleh karena itu, beda orang tentu beda penilaian. Contoh: Di sebuah gubug reyot, sang cucu melihat sebuah samurai kotor tanpa gagang di tumpukan barang. Ia jual ke pemulung, laku Rp50.000. Setelah dibersihkan, pemulung menjualnya ke pebisnis, laku Rp500.000. Dan, pebisnis tahu samurai itu berusia ratusan tahun. Ia jual ke pecinta barang antik, laku Rp10.000.000.000. 
 
Fiona Handoko

selamat pagi bp thamrin, bung mirza, bp prof pry, bp jokosp dan teman2 rusuhwan. john masuk ke bar dan duduk di sebelah wanita cantik. john, "minta bir bintang 2 botol. 1 untukku dan 1 untuk darling ini." wanita, "terima kasih. tapi jangan berharap banyak. karna saya lesbi." john, "lesbi? maaf. saya tidak paham." wanita, "kamu lihat wanita sexy pakai kaos ketat yg duduk di pojok itu? saya ingin kencan dengan dia, saya ingin mencium dia." john, "oh my god. berarti saya juga lesbi." 
 
Juve Zhang

Nilai sebuah perusahaan memang harus dilambungkan ke langit atas. Untuk menjebak para pebisnis. Berapa nilainya ? Gak ada aturannya memang. Anda pernah kejebak beli saham GOT#?. Kalau ya gak perlu sedih kalau cuma hilang sejeti dua jeti .sedih kalau hilang puluhan atau ratusan jeti. Tapi ada yg gak sedih hilang ton ton an daun kering .siapa itu? Anda sudah tahu kan yg beli saham GOT# di kala sedang di puncak. Habis 6,7 ton daun kering di beri imbalan 2% saham. Artinya nilai GOT# itu 335 Ton. Masuk akal sehat . Masuk akal orang waras?? Tentu gak masuk akal .tapi kenapa dibeli juga. Ini sudah ke tahap "supra natural"" gak bisa pake akal sehat. Wkwkwkqkwk. Anda ingat kan sebelum "sihir" 6, 7 Ton ada orang swasta jadi petinggi di GOT#. Itulah misi "Sihir" ahlinya ahli sihir. Wkwkwkkwkw. Ilmu kita belum nyampe ke ilmu sihir tingkat Ton Ton an. Cukup bahagia bisa cukup beras. Lauk pauk. Sehat walafiat. Tak doyan main "sihir". Jantung masih normal denyutnya belum perlu "turun mesin" .otak memori masih bagus. Masih bisa pulang ke rumah sendiri tanpa bantuan GPS. Wkwkwkkwwkw
 
Lagarenze 1301

Urusan jarum yang bersumber dari kotak rias memang agak merepotkan. Nusuk jok mobil. Nusuk jok kursi di rumah. Malah kadang di tempat tidur, sampai pantat saya pernah tertusuk. Itulah jarum pentul, peralatan yang sangat penting bagi istri saya yang pakai jilbab. Tapi, sayang, tidak disiplin menyimpannya. Mau negur istri? Hmm, ada hukumnya. Sampai nomor berapapun selalu kembali ke hukum nomor satu. Istri selalu benar.
 
AnalisAsalAsalan

Kalau akuntan kan baca angka milik orang lain, maka 'neraka' bagi dia. Andai angka berderet itu miliknya, pasti akuntan bersorak kegirangan karena berada di surga. Hahahahaha.
 
Leong Putu

Ndak selamanya mbaca banyak angka bagai di neraka. Bagi saya yang bukan akuntan pun senang membacanya. Contoh : awal bulan saat cek saldo tertera Saldo Anda RP. 8.672.943. Saya hepi bacanya, walau banyak angka. Beda saat sudah tanggal 8 ke atas. Saldo Anda Rp. 99. Malah bagai nunggu neraka menghampiri. Seperti kemarin saat momen 10.10, hawa panas, telinga mendengung terus, dengar ocehan si dia.
 
Wilwa

Kelemahan terbesar Accounting menurut saya adalah di soal Value. Dan ini yang dimanfaatkan Trump. Accounting pada dasarnya adalah historical value or past value. Bukan market value atau current value. Padahal rumah atau tanah yang dibeli 10 tahun lalu tentu sudah berubah valuenya. Dan harus direvaluasi. Memanfaatkan jasa Appraisal company. Trump bermain di appraisal value ini untuk mark up guna mendapat atau memperpanjang kredit dari bank. Legal. Tapi ya tetap saja namanya tipu-tipu. Sebaliknya untuk pajak bisa jadi Trump tidak menggunakan value dari appraisal company. Dampaknya adalah mark down. Ujung-ujungnya tidak bayar pajak atau bayar pajak lebih rendah dari pajak seorang guru. Demikian yang pernah saya baca di beberapa website, jauh hari sebelum Trump jadi presiden. Diperkuat setelah saya menonton film dokumenter mengenai Trump. Accounting walau banyak memakai angka tapi bukan matematika murni. Appraisal untuk menutupi kelemahan Accountingmengenai current or market value misalnya lebih merupakan approach. Pendekatan. Jadi tak bisa dikatakan 100 persen akurat. Ini adalah celah yang bisa dimanfaatkan. 
 
Agus Suryono

"Bandingkan dengan akuntan. Literaturnya membosankan. Mengerjakannya pun tidak ada unsur hiburannya. Alat-alatnya pun itu-itu saja: kalkulator", begitulah tulis Abah DIS. Dan pasti begitu juga Abah membayangkan "dunia akuntan". Tapi tidak bagiku. He he.. Saya belajar akuntansi di UGM setelah tua dan setelah menjalani berbagai "dunia lain" sebelumnya. Di usia 35-36 tahun. Sebelumnya saya sempat berpikir hal yang sama. Saya belajar akunting dari nol, tetapi bareng beberapa teman yang sebelumnya sudah belajar tatabuku, dan juga ajun akuntan, dan atau saat sekolah menengah sekolahnya di SMEA. Dengan kata lain, mereka, sebelumnya sudah kenal akuntansi. Saya perhatikan, umumnya mereka mempelajari akunting pertama lewat "praktek hitung menghitung", dan belajar dengan kekuatan "menghafal". Di UGM, saya diajari akunting, dengan pertama kali mengetahui "persamaan akuntansi". Atau dengan pendekatan matematika. Persamaannya sebenarnya sederhana dan hanya satu: Harta = Utang + Modal. Tetapi persamaan ini bisa dikembangkan menjadi: Aset + Beban = Utang + Modal + Pendapatan. Dan sebagian persoalan akunting bisa "dibahas" dan "didiskusikan" menggunakan pendekatan itu. Dengan pendekatan itu saya menjadi sangat tertarik. Antusias. Dan lulus sebagai lulusan terbaik. ### Jangan lupa, di Akunting ada mata kuliah namanya "Teori Akuntansi". Isinya berbicara tentang akunting, tapi tanpa berbicara angka. He he.. Dan dari mata kuliah itu, akhirnya, saya jatuh cinta ama akunting.
 
Liam Then

Bahkan Jin pun takut urusan akuntansi hahaha 
 
Lagarenze 1301

Seorang akuntan negara sedang menyusuri jalan di kawasan pinggiran. Hari ini lelah sekali, ia ingin refreshing. Mobil ditinggal di kantor dan ia pilih pulang jalan kaki. Di bawah jembatan tua, dia menemukan lampu berwarna perak. Oww, ini 'kan lampu Aladin. Dia pun bergegas menggosoknya hingga keluar jin. Wusshhhh. "Aku jin di atas jin, bisa mengabulkan satu permintaan, sebutkan apa saja," kata si jin. Si akuntan sedang pusing atas perubahan angka-angka keuangan akibat perang Israel dan Hamas. Maka dia pun mengeluarkan peta Jalur Gaza dan berkata, "Keinginan saya adalah selesainya konflik di Arab ini." Jin melirik sesaat peta itu, memegang janggut, lalu menggeleng. "Sangat syulit, sangat syulit mendamaikan Isral dan Palestina, itu konflik yang sudah lebih seratus tahun, bahkan raja jin pun kesulitan," ujarnya. "Sebutkan keinginan lain." Si akuntan berpikir sejenak. Ia lalu berkata, "Bu Menteri meminta saya membuat sistem akuntansi yang bisa dipahami oleh siapa saja dengan mudah, bukan cuma akuntan saja. Tolong buatkan?" Mendengar permintaan itu, wajah si jin berubah menjadi jelek. Ia memijat-mijat kepalanya, lalu berkata, "Mari kita kembali ke urusan peta yang tadi saja."
 
Leong Putu

Hati hati kalau makan Nangka/ 
Awas baju kena getahnya/ 
Uang hanya deretan angka/ 
Tanpa kuasa menggunakannya/ 
.... 356_mantun ATM

Liam Then

Harta = utang + modal Istri = aset yang ada ongkos Anak = liabilitas +aset masa depan Harta kehidupan =suami+istri+anak. Suami +istri+istri+istri+istri+anak+anak+anak+anak,+anak+anak+anak+anak+anak = pejantan tangguh 

Agus Suryono

TENTANG TEORI AKUNTANSI.. Praktek akunting lahir lebih dulu dari "teori"nya. Praktek akunting lahir karena pedagang pingin mencatat aktivitas "bisnis"nya. Teori akuntansi, kemudian lahir dan dibuat untuk "menjelaskan praktek". Dan juga untuk menyusun "standar" akuntansi. Standar akuntansi dibuat agar antar laporan keuangan disusun dengan standar atau "GAAP" yang sama, sehingga "bisa dibandingkan". Apakah akuntan bosan dengan GAAP yang panjang dan tebal itu..? Kalau itu ya tergantung orangnya. Karena saya kalau ngajar, dan bicara GAAP, saya bisa bicara panjang lebar cukup hanya dengan mengingat "satu persamaan matematika": Harta = Utang + Modal. Kalau saya ngajar seperti itu di komunitas yang tidak tertarik, pastilah membosankan. Tetapi bagi komunitas akuntan yang masih suka belajar dan mengajar, itu menarik sekali.. ### Dunia lain..

Agus Suryono

Pak LT.. Dari persamaan ini.. Harta = Modal + Utang Yang kemudian menjadi: Asset + Beban = Utang + Modal + Pendapatan.. Nah, akun-akun yang ada di sebelah kiri, yaitu Aset dan Beban, saldo normalnya adalah Debet. Sedangkan yang ada di kanan, Utang/ Modal/ Pendapatan, saldo normalnya adalah Kredit Kalau hafal itu tak kan tersesat pak. ### Sambil Bapak ingat-ingat ya pak. He he..

Liam Then

Kesan saya terhadap pelajaran akuntansi dulu, kok susah sekali membedakan satu soal, masuk kolom debet atau kredit angkanya. Pas sampai di bagian akhir kolom mendapati dua jumlah yang tak sama : Neraka rasanya.

Agus Suryono

APA saja sih elemen dari Teori Akuntansi, kok saya di bawah sana nulisnya seakan Teori Akuntansi itu "gimana gitu".. Nah inilah elemen dari Teori Akuntansi, yaitu: 
1). Prinsip-prinsip akuntansi. 
2). Sistem akuntansi. 
3). Struktur akuntansi. 
4). Standar akuntansi. ### Nah yang saya paling antusias belajar dan bicara adalah yang nomor urut 1 dan 4. Yang menurut Abah DIS literaturnya tebal-tebal membosankan. Padahal bagi saya, itu cukup 1 persamaan matematika, dan saya tahan bicara tentang itu sampai 1-2 jam. Tanpa buka buku..
 
Gregorius Indiarto

"Akuntan langsung masuk surga, karena sudah terlalu lama di 'neraka', sejak masih muda". Untuk suami suami takut istri, Anda juga langsung masuk surga, karena, biasanya, suami yg takut istri akan merasa dirumah seperti di 'neraka'. Semakin lama usia pernikahan, semakin lama rasa 'neraka'nya. Tapi,......suami-istri masih ada surganya, hhhh. #bukancurhatlho!
 
Agus Suryono

Berapa harga website Disway..? Kalau tanya ke Abah DIS, saya yakin jawabnya adalah: "Tidak dijual mas.."
 
Lagarenze 1301

Berapa harga website "disway.id" milik Pak Dis ini? Ada banyak situs yang menghitung harga website dengan indikator yang berbeda-beda. Tapi, pada umumnya, mengacu pada daily unique visitors, daily pageviews, dan daily ads revenue. Satu di antara situs penghitung harga website adalah "siteprice.org". Harga estimasi "disway.id" 88.325 dolar AS atau sekitar Rp 1,3 miliar. Situs lain, "urlrate.com" memberi angka yang jauh lebih besar, 894.960 dolar AS atau sekitar Rp 13,4 miliar. Situs ini mencatat daily income yang lebih besar. Kok kecil? Padahal "disway.id" juga merupakan domain induk dari puluhan, bahkan ratusan, subdomain. Tenang, itu hanya estimasi dengan dasar perhitungan yang sangat makro. Lagi pula, hitung-hitungan visitors dan pageviews yang dicatat situs tersebut pasti jauh lebih kecil dibanding data "disway.id" dari Google Analytics. Demikian pula ads revenue-nya, pasti yang real jauh lebih besar. Saya yakin harga "disway.id" yang real tak semata berdasar hitung-hitungan indikator di atas. Merek "disway.id" menjadi sesuatu yang jauh lebih bernilai karena ada nama Dahlan Iskan di situ. **Jangan mengecek ke situs "urlwebsite.com". Angkanya tidak keluar, yang muncul kalimat aneh seperti ini: "website ini berisi kata-kata buruk". 
 
yea aina

Cicilan 7.600.000.000/hari, kalau dibelanjakan pangan seharga 14.000/kg, anda dapatkan 542.587,429 kg. Kalkulator "cepat", mudah dihitung sulit diwujudkan.
 
Mahmud Al Mustasyar

Sudah cukup lama anak alay tidak muncul di forum ini; mungkin sejak migrasi CHDI ke disway.id Beberapa hari yang lalu, sy baca komen di detik.com dengan akun Anak Alay; tapi kelihatannya tidak se alay sewaktu di CHDI dulu. Mungkinkah orang yg sama; antara anak alay di CHDI dan detik.com ?
 
Liam Then
Saya tuh dari dulu mikir agak lancang, Indonesia pulau begitu banyak, wilayah begitu luas. Kalau misalnya Israel kita tawari pindah saja kesini, kita kasih lahan, di Kalimantan, atau mepet Malaysia sono ,dekat laut China Selatan. Kita kssih juga ZEE teritori laut, sebesar yang mereka kuasai sekarang di Palestina, jadi tukeran. Apakah Israel mau pindah yah? Demi rakyat Palestina dan perdamaian dunia, Indonesia tawarkan sedikit tanah dan airnya. Tapi harus disertai perjanjian traktat pertahanan selama seribu tahun, bahwa Israel harus ikut mempertahankan integritas territorial NKRI , berapapun ongkosnya. Saya menebak-nebak dalam hati, apakah Israel mau kalo ditawari begitu? Tinggalkan kawasan gurun, sebagai gantinya diberi lokasi mirip surga, di daerah tropis pulau Kalimantan, air cukup, suhu stabil, gempa jarang,tak ada angin ribut. Tanam apa saja tumbuh, ikan banyak. Apakah mereka mau? Tinggalkan gurun berganti "surga" dunia? Sebagai harga kemerdekaan Palestina, dan perdamaian dunia? Tapi Ndak jadilah, takut juga mengundang buaya masuk rumah. Bahaya.
 
Mirza Mirwan

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, Menteri Kebudayaan Lucy Frazer, dan Menteri Imigrasi Robert Jenrick, uring-uringan. Mereka mengecam British Broadcasting Corporation (BBC) yang tak mau menuruti maunya pemerintah Inggris untuk menyebut Hamas sebagai organisasi teroris dalam pemberitaannya. Maunya pemerintah, lewat Lucy Frazer, BBC seharusnya "say it as it is" -- mengatakan apa adanya. Maksudnya Hamas adalah organisasi teroris. Itulah adanya, menurut pemerintah Inggris -- juga menurut Uni Eropa, AS, Kanada dan sekutunya. Tetapi BBC adalah BBC. Alih-alih hanya Rishi Sunak. Dulu Margareth Thatcher juga tak bisa mendikte BBC. Perusahaan penyiaran yang sudah berusia lebih dari satu abad, yang kantor pusatnya hanya "sak rokokan" dari British Museum itu selalu menyebut Hamas dengan "kelompok militan" (militant group), bukan "terrorist group/organization). Lha iya, ya. Kalau Hamas disebut kelompok teroris, bagaimana dengan militer Israel? Bukankah korban yang tewas akibat ulah militer Israel berkali-kali lipat ketimbang korban akibat ulah Hamas? BBC ogah memakai standar ganda seperti maunya penguasa.
 
Mirza Mirwan

Israel itu sudah lama termasuk negara maju (developed country). Tiongkok meskipun GDP nomer 2 setelah AS masih termasuk negara berkembang (developing country).
 
Liam Then

Israel GDP USD 488,5 miliar (2021) mereka kaya, eksportir teknologi. Ini daftar mitra dagang terbesar mereka yang anehnya termasuk Palestina didalamnya. The most common destination for the exports of Israel are United States ($17B), China ($5.04B), Palestine ($4.16B), India ($2.82B), and Germany ($2.22B).
 
Agus Suryono

Ada juga kritik kepada akuntan yang jadi Executic. Kabarnya, jarang yang sukses. Konon kalau ada masalah, akuntan bisanya hanya "cost cutting". He he.. Jadi intinya, semua tergantung "orang"nya. ### Bukan predikatnya..

Lensa Glori
Kita punya contoh akuntan yang hebat. Helmy Yahya dan Ignatius Jonan. Dengan perhitungan yg tepat mampu menyelamatkan TVRI dan PT KAI. Saya punya pengalaman juga pernah dapat kepala sekolah seorang akuntan. Dalam setahun sudah bisa menaikkan gaji guru 2 kali lipat... 
 
*) Dari komentar pembaca http://disway.id

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda