Sang Begawan Media

Siaga Silat

Persaudaraan Setia Hati Terate – Silat School. (DESAIN GRAFIS: silat.net)

COWASJP.COMTAHUN politik ternyata tanpa konflik politik. Atau belum. Yang banyak terjadi justru konflik di perguruan pencak silat. Khususnya di perguruan silat Setia Hati Terate. Yang pusatnya di Madiun.

"Konflik politik 0, konflik perguruan silat 515 kali," ujar Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto.

Angka itu ditampilkan kapolda di acara Anugerah Patriot Jawi Wetan 2023 kemarin malam. Anugerah itu diberikan kepada desa yang juara dalam menjaga kekompakan ''tiga pilar desa'': Kepala Desa/Lurah, Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Kepala desa kepanjangan tangan gubernur Jatim. Babinsa kepanjangan tangan Pangdam V/Brawijaya, dan Bhabinkamtibmas dari Polda Jatim.

Juaranya Desa Kendalbulur, Kecamatan Boyolangu, Tulungagung. Pemenang kedua Desa Purwosono, Kecamatan Sumbersuko, Lumajang. Pemenang ketiga Desa Batuporo, Kecamatan Kedungdung, Sampang. Lalu ada pemenang 7 kategori: Inovasi Bela Negara, Inovasi Keamanan Lingkungan, Inovasi Pelayanan Publik, Inovasi Sinergi Antarlembaga, Inovasi Partisipasi Masyarakat, Inovasi Komunikasi Publik, Implementasi Program Nasional. Acara ini hasil kerja sama antara Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf, Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto, dan Harian Disway.

Jatim kelihatan ingin banget menjaga wilayahnya agar tidak panas. Khususnya di tahun panas politik sekarang ini. Maka faktor yang dianggap berpotensi konflik dicegah sejak awal.

Ternyata yang paling berpotensi konflik justru di luar politik. Dari 515 konflik silat itu (2020-2023) yang luka berat 26 orang. Meninggal 6 orang. Luka ringan 526 orang.

Bagi yang sering ke Madiun, Magetan, Ponorogo, dan sekitarnya memang ada pemandangan baru tahun-tahun belakangan: menjamurnya prasasti Setia Hati Terate. Terutama di persimpangan-persimpangan jalan. Sampai ke desa-desa. Terbuat dari semen. Ukurannya bervariasi sekitar 1 x 2 meter. Ada lambang SH Terate. Warna dominasinya hitam, hijau, dan merah.

Banyaknya konflik ditengarai terkait dengan persaingan di perguruan silat itu. Menjamurnya prasasti dianggap salah satu sumbernya.

Maka Pangdam Farid Makruf, Kapolda Toni Harmanto, dan Gubernur Khofifah sepakat: prasasti itu harus dievaluasi. Terutama yang dibangun di tanah fasilitas umum.

Hasil evaluasi: semua prasasti itu tidak boleh berdiri di situ. Harus dihancurkan. "Banyak yang menentang, tapi kami jalan terus," ujar Pangdam Farid Makruf. "Lokasi itu tanah milik umum," katanya.

Sampai kemarin sudah lebih 450 prasasti yang dihancurkan. Masih banyak lagi. "Ada yang mengancam pengerahan masa sampai 15 juta orang. Kami tidak tanggapi," tambah Farid.

Tentu tidak semua prasasti  didirikan di fasilitas umum. Ada juga yang di tanah pribadi. Untuk yang seperti ini dilakukan perundingan. Diminta dirobohkan atau diganti dengan prasasti Desa Merah Putih. "Sudah banyak yang mengganti menjadi pertanda desa Merah Putih," bisik Gubernur Khofifah kepada saya yang duduk di sampingnyi.

Sejak ada gerakan penghapusan prasasti itu jumlah konflik menurun drastis. "Mereka sudah takut berkonflik di sini. Eh....mereka memindahkan tempat berkelahi ke Taiwan," ujar Kapolda setengah bercanda.

Anda sudah tahu: dua pekan lalu 30 orang asal Indonesia berkelahi di dekat stasiun Taiwan. Mereka dari dua kelompok perguruan silat asal Indonesia. Satu orang meninggal dunia. Satu lagi luka-luka tapi tidak berat. Polisi Taiwan menahan 15 orang. Mereka ditetapkan sebagai tersangka.

Yang meninggal itu asal Trenggalek. Dimakamkan di Trenggalek hari Minggu lalu. Ribuan anggota SH Terate mengiringi jenazah ke makam di Trenggalek. Tidak ada konflik hari itu. Entah di dalam hati mereka.

Konflik terbesar terjadi jauh sebelum Covid-19. Kota Madiun sangat mencekam. Pun di peringatan satu abad SH Terate:  juga terjadi konflik berat.

Anggota perguruan ini memang sangat besar. Ada yang menyebut sampai 1,5 juta orang. Bahkan ada yang mengklaim 15 juta orang. Cabangnya hampir di 400 tempat, sampai di banyak negara.

Awalnya perguruan silat ini hanya bersifat persaudaraan. Yakni persaudaraan Setia Hati. Antar anggota selalu merasa bersaudara. 

Saat itu mereka menyebut dengan nama Sedulur Tunggal Ketjer. Artinya, saudara satu gemblengan. Guru mereka satu. Yang menggembleng (melatih dengan keras) mereka tunggal. Yakni pendekar yang mengajarkan silat itu: Ki Ngabehi Surodiwiryo. Ia memulai perguruannya di Tambak Gringsing Surabaya. Tahun 1903. Surodiwirjo pindah ke Winongo, Madiun, perguruannya pun ikut pindah.

Salah satu muridnya berinisiatif mendirikan pusat pendidikan silat yang lebih terbuka. Lebih massal. Dari sinilah kemudian berkembang pesat. Lalu muncul nama Setia Hati Terate.

Sebagian murid tidak setuju cara itu. Silat adalah ilmu yang harus  diajarkan hanya kepada sesama saudara seperguruan. Mereka berprinsip ilmu silat tidak boleh dipertontonkan. Tidak boleh pula dipamer-pamerkan. "Logo Setia Hati hanya boleh ada di dalam hati masing-masing".

Untuk bisa menjadi 'saudara sehati' pun harus sangat selektif. Tidak semua yang belajar silat di situ bisa diterima. Setiap angkatan yang boleh diterima hanya dua orang. Yang terhebat. 

Kelompok ini menamakan diri Setia Hati Winongo.

Setia Hati Terate berkembang  sangat cepat. 

Setia Hati Winongo tetap eksis.

Konflik keduanya menjadi legenda. Madiun tidak hanya dikenal sebagai kota Pecel tapi juga kota Silat. Belakangan gelarnya bertambah: kota konflik perguruan bela diri.

Tahun politik, di Jatim, menjadi tahun Siaga Silat. (*)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan

Edisi 21 September 2023: Tanpa Walini

Agus Suryono

DENGAN "modal dasar", sudah membuat perencanaan dan sekaligus melaksanakan pembangunan kereta cepat Jakarta - Bandung.. Yang penuh dengan dinamika.. Saya berharap, tim yang sama, bisa melanjutkan.. Merencanakan dan melaksanakan, melanjutkan pembangunan, untuk route Bandung - Surabaya.. Harapannya, dari pengalaman sebelumnya, maka pembangunan lanjutan ini.. 

1). Perencanaannya jauh lebih baik. 

2). Biayanya per kilometernya jauh lebih murah. 

3). Waktu penyelesaian jauh lebih cepat. 

4). Tidak ada kendala sama sekali. 

5). Meski dibiayai pakai utang, tetapi bisa segera dilunasi nantinya, karena prospek penumpang jauh lebih baik.. ###Indonesia makin ruar biasa.. Meski ibukota udah pindah dari Jakarta..

Jo Neca

Duluu sekali waktu kecil. Sering berenang di sungai.Sambil menyelam. Dan yang kebetulan di luar. Pasti menyaksikan banyak Burinik..

Mukidi Teguh

Burinik arti letterleknya adalah gelembung-gelembung udara kecil yang muncul ke permukaan air, yang keluar dari mulut iwak haruan alias ikan gabus, biasanya saat ikan ini melahap makanan. Jadi jika sebuah kubangan air ada burinik, maka itu tandanya ada ikan gabus disitu dan siap untuk dipancing. Arti burinik secara istilah adalah "tanda-tanda awal". Jadi kalo Abah bilang tidak ada buriniknya, artinya tidak ada tanda-tandanya, atau tidak ada hilalnya sama sekali.

Agus Suryono

SAAT ini, keluarga saya tinggal di Surabaya. Saya masih bekerja di Jakarta. Sehingga kalau nanti kereta cepat Jakarta sudah terwujud, meski belum tahu kapan selesainya, saya berharap.. 

1). Pembangunan sudah selesai saat saya masih "wira wiri" Jakarta - Surabaya pp. Jadi maksudnya jangan terlalu lama. Waktu 5 tahun seperti kata mas Alan Tandiono, itu sudah mencakup proses: perencanaan, persetujuan, pembebasan lahan - kalau diperlukan, dan pembangunannya. 

2). Saat percobaan, saya diminta mencoba, ngicipi, gratis kayak Abah sekarang ini. 

3). Karena prospek penumpangnya bagus, saya berharap tarif atau harga tiket Jakarta Surabaya tidak terlalu mahal. Harapannya sih, paling mahalnya tidak lebih mahal daripada tiket pesawat. ### Semoga saya benar-benar mengalami itu, di saat saya masih di posisi saat ini.. (Semoga ini bukan sekedar mimpi)..

thamrindahlan

Selamat Pagi. Kenapa Tiongkok Mau ? Pertanyaan Abah ini boleh di kategorikan "Gaharu cendana pula sudah tahu bertanya pula" Artinya Disway.id lebih tahu perihal gerakan ekonomi Tiongkok dibanding dengan pengetahuan komentator (kecuali Pak Mirza). Pengalaman mukim di Tiongkok serta banyak berteman dengan sahabat papan atas konglomerat tentu Abah bisa menjawab pertanyaan itu. Kedua awak ingin pula berharapkan disway.id yang dibaca jutaan warga melakukan konsisten investigasi jurnalis. Peran CHD sudah banyak membuktikan menyampaikan fakta yang terkadang belum tercover media lain. Dari sisi humaniora informasi tentang Pesantren Al Zaytun paling tidak akan menjadi referensi di pengadilan kelak. Ada informasi yang layak dipertimbangkan Hakim nanti di pengadilan. Informasi bisa meringankan hukuman seandainya terbukti Pandji Gumilang bersalah. Inilah peran besar CHD yang disadari atau tidak memberikan warna putih di dunia Pemberitaan Indonesia. Bersebab hal itu permasalahan yang berkembang di masyarakat terutama menyangkut HAM seperti di Pulau Rempang Kepulauan Riau menjadi informasi penyeimbang setelah Abah menurunkan wartawan investigasi. Inilah kesejatian Roh CHD menurut hemat awak. Selamat berjuang, Idependensi adalah kehormatan dan kemuliaan yang dibawa kemana mana sampai wafat. Prof Dr. R Widyo Pramono, SH, MM, M.Hum dalam Buku Pembrantasan Korupsi Sebuah Prespektif Jaksa menuliskan bahwa "Kain Kafan tidak ada kantongnya". Salamsalaman

Juve Zhang

Semangat Tiongkok bangun infrastruktur luar biasa di Pakistan mereka bangun jalan raya yg sangat sulit sampai dibuatkan makam khusus pekerja Tiongkok yg banyak meninggal waktu mengerjakan medan yg luar biasa sulitnya. Rakyat Pakistan sangat menghargai makam itu. Di Saudi Arabia kereta cepat Mekah Madinnah sangat sulit lewat medan gurun pasir yg suka berubah ubah kena badai kontraktor nya rugi gede. Di siberia kontraktor Tiongkok lah yg maju ngebor gas Jerman Jepang mundur lihat medan sulit musim dingin mengigit. Dan Siberia sukses Gas memgalir deras ke Beijing Tianjin Shanghai Guangzhou. Sekarang baru pipa ke dua siberia ke Tiongkok tengah dan barat lewat mongolia. Anda ingat Suramadu??? Gigihnya kontraktor Tiongkok .di tengah yg dalam tanggung jawab mereka di pinggir yg "cetek" bagian bumn karya. Ditengah jalan yg "cetek" lempar handuk putih. Kepaksa yg di tengah harus "cawe cawe" ambil alih. Gimana gak "gila" semua pekerja suramadu harus tidur di laut terapung .kalau bolak balik habis waktu. Di pedalaman kalimantan mereka harus bangun pltu nyari nyari subkontraktor lokal gak ada yg minat terlalu dalam mereka cerita pusing .gak ada yg mau kerja terlalu dalam masuk hutan . Tapi mereka gak mundur bawa pekerja dari Tiongkok karena sekali tanda tangan gak akan mundur. Rugi biasa Cuan luar biasa. Mereka kaya akan pengalaman .pltu di tangerang medannya sulit tanah super lembek. Disnalah pertama kali saya lihat soil improvement kelas paten. Kelas dunia .yg lembek dan loyo dibuat 

Amat K.

"Kota Walini sendiri tidak ada burinik-nya." "Burinik" itu apa? Dalam KBBI tidak ada lema itu. Berikut saya kutip langsung dari buku "SASINDIRAN DAN SASYAIRAN SUKU BANJAR PAHULUAN" yang risusun oleh Djumri Obeng. Diterbitkan pada 1995. "Tidak ada buriniknya", dalam bahasa Banjar "kadada buriniknya". Maknanya "Tidak ada tanda-tanda akan terjadi sesuatu misalnya, seorang perantau yang tidak pernah memberi kabar tentang rencana kepulangannya atau seseorang yang dinilai tidak berniat untuk membayar utangnya." "Burinik" adalah gelembung-gelembung kecil yang muncul ke permukaan air. Bila ada "burinik"-nya, selalu ada ikan atau binatang lain yang berada di dalam air. Om Otong ke mana ya? Kadada buriniknya.

Hari Purwanto

kalo waktu mancing dah muncul prupus prupus gelembung gelembung kecil, itulah burinik... pertanda umpan dah mulai dimakan ikan 

imau compo

Aamiin. Waalaikum salam wr.wb. Komentar Pak Mirza di atas sdh menggambarkan aspek komersialnya. Saya hanya ingin melihat sisi safety-nya, jangan sampai kerugian ekonomi ini ditambah musibah pula nanti. Kalau dibandingkan pendahulunya tidak ada kecelakaan yg diberitakan, tapi informasi yg saya miliki mengenai kereta cepat sangat kecil. Ada baiknya Abah buat juga feature-nya utk sisi ini karena Abah lah yg punya akses informasi terbanyak di antara jurnalis yang ada. Sebenarnya, keterpercayaan produk Cina ini banyak catatan buruknya. Berita CNBC kemarin, baterai motor EV yg dijanjikan berumur 3-4 tahun, sudah rusak dalam 1 tahun. Abah juga pasti ingat PLTU yg di Sumatera Utara yg hanya punya umur operasi 6 bulan sebelum rusak, tidak bisa operasi sama sekali. Cinta hati dan bebek Peking harus dipisahkan dengan yg tidak ada hubungannya dengan keduanya. Cerita lain yg saya baca di CHD yg lalu, Pemerintah Mahathir mengoreksi utang pemerintah Malaysia karena proyek-proyek Cina yg dibuat semasa Najib sangat jauh dari nilai pasarnya sehingga terkoreksi sangat besar. Pantas saja Presiden Jokowi menginginkan pengganti yg satu frekuensi karena presiden sepertinya tidak punya sistem pencegahan korupsi yg baik bisa di lihat dari proyek BTS, MBZ dan yg lain dgn ukuran gajah. Pendekatan yg diharapkan seperti teman saya mengubah narasi tutorial belajar komputer dulu. Tekan tombol enter diganti dengan "sentuhlah tombol enter dengan mesra."

Mirza Mirwan

Konon CR400AF (KCIC400AF) si Komodo Merah atau Petir Merah itu ada 11 unit (trainset). Setelah beroperasi komersial akan melayani 68 perjalanan per hari. Artinya dalam sehari akan mengangkut penumpang 600x68=40.800 penumpang. Dan itu jelas hil yang mustahal. Kita ambil saja perkiraan yang optimis, tiap hari mengangkut 60% dari 40.800. Kita dapatkan 24.480 penumpang. Kita anggap semua penumpang kelas dua -- toh VIP Class hanya 18 kursi dan First Class 28 kursi --- yang harga tiketnya Rp300rb. Kita dapatkan angka Rp7.344.000.000 per hari. Artinya dalam sebulan Rp220,32 miliar. Dalam setahun Rp2,643.840.000.000. Kalau proyek KCIC melahap biaya Rp113,9 triliun, ya hitung sendiri BEP-nya berapa puluh tahun. Tidak sampai 50 tahun, memang. Tetapi angka 24.800 penumpang per hari itu kan perkiraan optimisnya. Pada kenyataannya, ya lihat saja beberapa bulan ke depan. Untuk libur NATARU ya mungkin bisa tercapai angka itu, bahkan bisa nyaris penuh. Masalahnya kalau di luar libur NATARU dan Lebaran penumpangnya hanya kisaran 15rb per hari, balik modalnya kan tambah lama. Bayi yang baru lahir saja sudah punya cucu (dan mungkin cicit). Btw, udah diuja-uji coba, tapi kok operasi komersialnya (konon) nunggu 1 Oktober, ya. Oh, mungkin bersamaan denga Hari Nasional Tiongkok. Hari ketika Ketua Mao memproklamasikan Republik Rakyat Tiongkok di tahun 1949.

Lukman Nugroho

Ijin bertanya. Siapa yang mengambil foto sampul CHD hari ini? Saya kurang terima. Sebab di foto itu, Pak Dahlan terlihat sangat tua. Dan mengapa pula, admin CHD mensetujui foto itu yang dimuat. Sebagai pecinta Dahlan Iskan. Saya tidak mau Pak Dahlan terlihat tua. 

Lutfi wae

Ada kalanya tidak harus serba cepat, mahal-mahal pakai viagra apa enaknya sampai tujuan cepat. Berlama-lama dalam kereta sambil satu buku seri Ko Ping Ho selesai dibaca.

agyan

Cepatnya....Wuzzzz utang dan bunganya...Wessssss

Echa Yeni

Alhamdulillah still a life 

Alhmdllh masih sehat 

Alhm iseh waras A. 

Iseh isa kreja 

Alhamdulillah utk apa aja &Aabppa ajja 

Alhamdulillah AkAtpA 

Alhamdulillah kwabbeh 

Alhamdulillah thok Pancet/panggGah 

Alhamdulillah 

*(Mesqi only amung lamis,setidaknya Tettap berSyukurlah) Bikos.., "YANG DIBERI LEBIH BWAANYAKK DARIPADA YG KAU MINTA"

Wilwa

@Mirza. Berdasarkan data Anda, investasi high speed train Jakarta-Bandung sekitar 0,8 T Rupiah per km. Sedangkan Mekah-Madinah sekitar 0,5 T Rupiah per km. Selisih 0,3 T Rupiah per km itu saya kalikan km Jakarta Bandung itu kembali lalu saya bagi luas tanah yang diganti untung yang sekitar 600 hektar itu didapatkan angka ganti untung 6 jutaan rupiah per meter persegi tanah yang dibebaskan untuk proyek KCIC. 

Mirza Mirwan

Bung Key, angka US$16 miliar itu saya baca di Al Jazeera 26 September 2018, dua minggu sebelum HHSR resmi beroperasi. Judulnya: "Saudi Arabia opens high speed rail linking Islam's holiest cities". Lead berita itu tertulis begini: "The 450 km Haramain Hivh Speed railway, which cost $16bn, will link Mecca and Medina via the Red Sea city of Jeddah." Wikipedia bahasa Indonesia memang menyebut $60 miliar, entah dari mana sumbernya. Yang jelas dari semua referensinya saya tengok tak ada angka $60billion. Di wikipedia bahasa Inggris juga tak menyebutkan angka sebesar itu. Kalau angka $16 billion itu, dulu, juga saya baca di portal Reuter dan Associated Press.

KEY

menurut wikipedia proyek Haramain menelan USD 60 miliar alias IDR 900 T, bukan USD 16 miliar bukan lebih murah, malahan lebih mahal sekitar 3x lipat pembiayaan KCIC per kilo meter nya

Mirza Mirwan

Setelah saya itung-itung biaya proyek kereta cepat Jakarta-Bandung ternyata lebih mahal ketimbang kereta cepat Makkah-Madinah ( Haramain High Speed Railway). Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung menelan biaya Rp113,9 triliun (US$7,4 miliar) untuk panjang 142,3km dengan 4 stasiun. Sementara Haramain High Speed Railway (HHSR) dengan panjang 453 km --- 449,2km Makkah-Madinah + 2,75km mengarah ke Bandara King Abdul Aziz Jedah -- biayanya US$16triliun denga 5 stasiun. Padahal kereta cepat Jakarta-Bandung itu semuanya serba dari Tiongkok, CRRC Xingdao Sifang Co. Ltd. Sementara HHSR itu 35 trainset keretanya dari Spanyol, TALGO Co.Ltd. Tiongkok hanya mengerjakan rel dan stasiunnya. Dari tongkrongan keretanya sih lebih stilis KCIC400AF, moncongnya lancip. Kalau TALGO350 HHSR moncongnya kayak kereta biasa kita. Warnanya juga tidak menarik, hijau tua. Tetapi, memang, untuk kecepatan lebih unggul KCIC400AF ketimbang TALGO350. KCIC400AF menempuh jarak 142,3km dalam waktu 30 menit, TALGO350 menempuh 449,2km dalam waktu 150 menit. Dari harga tiket kelas dua juga lebih murah, Rp300rb untuk jarak 142,3 km, sementara HHSR 332 riyal (Rp1,3 juta) untuk jarak Makkah-Madinah yang 449,2 km. Pukul segini sempat berkomentar karena nggak bisa "kerja". Hurup "a" di laptop saya ngadat. Maklum sudah hampir 4 tahun umurnya. Tapi kalau nggak ngadat juga nggak bakal beli laptop baru. Jadi ya alhamdulillah.

Lagarenze 1301

Kok sekarang begitu gampang keluar? Tak sampai 5 menit sudah keluar sendiri. Padahal, untuk masuk perlu perjuangan, tekan berkali-kali sampai jebol. Itulah perkara sulit login komen CHD, yang beberapa waktu terakhir saya alami. Dulu, saya ngece komentator yang ngaku susah login karena saya kok lancar-lancar saja. Eh sekarang  saya juga mengalaminya. Segala cara, segala trik, gonta-ganti peramban dari Samsung Internet, Chrome, Mozilla, hingga Opera sudah dicoba. Namanya nggak bisa login, ya nggak bisa. Setelah didiamkan beberapa lama, coba lagi, tetap nggak bisa. Eh, eh, pada percobaan iseng selanjutnya, kok berhasil beralih ke halaman login. Masukkan email dan password, logo nama di sebelah kiri ruang komen pun muncul. Saya pun nulis komen dan langsung tayang. Karena ada keperluan lain, HP ta' tinggal. Lima menit kemudian saat buka CHD lagi dan hendak membalas komen, loh loh sudah logout maning. Celakanya, saat mau login kembali, masalah seperti sebelumnya terjadi lagi. Aduh, sudah, sudah, ta' tinggal saja. Ini bisa login setelah satu jam kemudian. Pengaruh teknis HP? Rasanya tidak. HP saya memori 12GB, kapasitas penyimpanan 512 GB dan belum setengahnya terpakai. Sudah versi Android 13. Internet kencang di atas 100 Mbps, wifi kantor. :)

Hari Purwanto

Kalaupun ada satu saja yang saya kurang suka, itu adalah pemilihan desain eksterior kereta cepat, lebih suka warna tiongkok atau shinkansen.....lah Abah opo yo ora kurang suka karo anggaran kercep yang nyampai Rp113 trilyun dan bunganya 3,4%...mahal itu, itu larang tenaaan. Jadi inget ame mpok ida royani ngridit piring jegong yg ade kembang ijonye ke bang Benyamin selusin tujuh ratus panjernye due ratus sehari gocap ditagih nyap nyaaaap hargenye keliwetan eeh mending beli kontan ngutang melulu nurutin setan Lagu ini mah gak bakalan disetel sbg on board music dalam KCIC, ndak dikiro nyindir...Wk Wk Wk selebihnya : wuzzzzz....

Leong Putu

Jakarta Bandung Surabaya/ 

Jangan lupa mampir Semarang/ 

Yang penting bisa bergaya/ 

Walau semua hasil utang/ 

... 365_mantun Semarang

Johannes Kitono

Kalau saja Direksi PTPN VIII sempat membaca CHD. Kota Walini pasti beda nasibnya. Dapat rezeki nomplok dari PT.KCIC. Sudah tahu investornya dari China kok nama Walini belum diganti. Walini bisa diplesetkan Wah - Linenya- cuma segini. Terbatas dan tidak bisa berkembang. Coba konsultasi dengan Chandra Adiwana pakar merangkai kata dan nama. Nasibnya mungkin bisa berubah. Contohnya kota Padalarang yang mengingatkan investor China dengan Forbidden City, Kota Terlarang. Stasiunnya di dandan dengan Gaya Belanda Lama dan Gaya Tiongkok Modern. Sekedar menunjukkan bahwa Forbidden City adalah masa lalu. Tinggal sejarah dan China sudah modern. Percaya atau tidak nama yang dimulai dengan WA harus hati-hati. SIti Hartati Murdaya, isteri Konglo Murdaya Poo. Adalah Ketua Walubi yang sering diplesetkan Wanita Luar Biasa. Sayang, beliau sempat tersangkut perkara dan harus indekost di Bukit Duri. Bagi anak muda dan lansia yang sedang jatuh cinta. Jangan lupa ucapkan kata-kata : " Wa Ai ni "

Liam Then

@Bang Jimmy. Kata kunci disini "hak kelola" yang diberikan kepada PT.MEG. Entah apakah di surat keputusan yang dipegang PT.MEG ada tertera hak-hak lain. Saya pribadi interpretasikan "hak kelola" sebagai pemberian hak eksklusif kepada satu PT.MEG, tidak untuk entitas perusahaan lain, untuk mengelola kawasan Pulau Rempang. Entah bagaimana interprestasi "hak kelola " ini atau isi detil surat keputusannya. Saya kira tidak mungkin ada tertera "hak mindahkan masyarakat setempat" didalam surat keputusannya. Ini sangat penting kiranya, karena bisa jadi preseden untuk peristiwa -peristiwa serupa, tentang pemberian hak kelola kawasan tertentu oleh pemerintah kepada perusahaan swasta. Konflik vertikal seperti ini sangat tidak kondusif dan merugikan semua pihak. Juga merobek rasa keadilan. 

Liam Then

Ini saya kutip dari google : "Dengan luas mencapai 17.000 hektare, Pulau Rempang rencananya akan dibangun menjadi kawasan yang mencakup sektor industri, perdagangan, hunian, dan pariwisata yang terintegrasi." Dan kemudian ada wacana pabrik kaca asal Tiongkok akan investasi gede-gedean. Masalah timbul ketika ada penolakan relokasi masyarakat setempat. Pertanyaannya kenapa butuh relokasi? Seberapa besar sih pabrik bisa dibangun? Pabrik terbesar di dunia ,ada di Washington, Boeing Everett Factory namanya , volumenya 13,3jt meter kubik ,diatas lahan seluas 93 ekar atau 37,6 hektar. Pertanyaannya sebesar apakah itu pabrik kaca, dan pabrik lain-lainnya ,sehingga membutuhkan relokasi penduduk. Jika kita kembali ke paragraf pertama, tentang tujuan pembangunan Pulau Rempang. Sudah jelas tertulis, salah satunya akan dikembangkan sebagai kawasan HUNIAN. Sekarang maksudnya apa relokasi masyarakat asli Rempang? Yang sudah turun-termurun memiliki dan MENGHUNI lokasi itu? Jika Pulau Rempang akan dibangun menjadi kawasan yang MAJU dan TERPADU nanti, kenapa massyarakat ASLI Rempang harus di relokasi? Kenapa masyarakat ASLI Rempang tak boleh pilih menetap dan nanti ikut menikmati hasil pembangunan? Tujuan pembangunan sebenarnya untuk SIAPA? 17.000 hektar bisa muat untuk apa dan siapa saja, pabrik terbesar di dunia saja yang muat jumbo jet 777 cuma 39 hektar. Pak Jokowi dan jajaran menteri terkait, mohon keadilannya untuk masyarakat Rempang. 

Udin Salemo

Aku panggil asistenku. Kuberikan catatan bumbu dan bahan lainnya yang harus dia beli pagi ini. Aku berikan kartu atm Bank BNI. Nomor PIN-nya dia sudah hapal. Aku jarang memberikan uang cash pada asisitenku ini untuk belanja keperluan warung kami. Dia orang yang jujur. Kejujurannya sudah teruji. Dia segera berangkat ke pasar dari warung kami yang ada di Parit Haji Husin. Kesibukan menyiapkan nasi kotak untuk acara mahasiswa Untan kemaren menguras tenagaku. Aku tertidur sangat lelap. Sempat bangun pukul dua malam, untuk ke toilet. Aku bermimpi kereta api itu lagi. Sampai dibangunkan asistenku itu. Asistenku itu aku bawa dari satu pondok tahfidz di daerah 28 Oktober. Setelah sholat subuh kesibukan rutin harian sudah menunggu. Masam-memasak ternyata adalah passion yang aku cari selama ini. Aku bekerja dalam cinta dan dengan menyenangkan. Inilah pekerjaan impian yang jadi kenyataan.

Udin Salemo

#cerpen kamis KERETA API Aku menyaksikan kesibukan pekerja yang sedang membangun proyek kereta api dari Pontianak ke Pelabuhan Samudera di Kijing. Siang malam para pekerja tak hentinya bekerja. Alat-alat berat terdapat di banyak tempat. Spot penempatan alat berat itu banyak di pinggiran sungai dan daerah rawa. Daerah yang dilalui jalur rel terdapat banyak sungai dan rawa-rawa. Dibeberapa tempat rel kereta api dibuat melayang. Kelihatan pilar beton untuk tiang penyangga dudukan rel berdiri kokoh. Berjejer rapi. Seperti jejeran pilar beton penyangga dudukan rel kereta cepat yang aku lihat di sisi jalan tol di Bekasi. Lahan diseberang Masjid Cheng Ho di daerah Parit Pangeran itu aku lihat sudah dipagar rapi. Lahan seluas hampir 10 hektar itu sudah lama dibebaskan pemerintah pusat. Kabarnya disitu akan dibangun stasiun penumpang, depo dan stasiun untuk gerbong yang akan mengangkut hasil bumi ke Pelabuhan Samudera Kijing. Alat-alat berat juga banyak terdapat dalam lahan yang dipagar itu. Gemuruh bunyi alat berat mesin bor pile kedengaran dibeberapa tempat. Truk mixer beton hilir mudik. Sibuk mengangkut ready mix yang siap dituang ke lobang bored pile yang akan dicor. Tiba-tiba aku merasakan seperti gempa. Seseorang menggoyang-goyangkan tubuhku. "Boss, bangun, banguuun..." "Sudah pukul lima, nih. Jadi aku ke Pasar Flamboyan beli bumbu?" Aku segera bangun. Badan masih terasa belum kuat. Mata masih berat. Aku senderkan diri ke dinding. lanjutan dibawah...

Ibnu Shonnan

Apa kabar Bus Gerbangkertosusilo. Bagaimana cerita hari-harimu kini? Kapan perjalananmu sampai Jombang? Kapan kamu mampir di terminal Lamongan? 

Wilwa

@Mirza. Setahu saya kereta semi cepat paling lambat adalah yang menuju Lhasa ibukota Tibet. Sekitar 100 km per jam. Mengapa? Karena di ketinggian lebih dari 3 km seperti provinsi Tibet, kadar oksigen lebih tipis. Dan konon ini mempengaruhi performa bullet train.

Trifa Gustiyan

Mungkin Walini tidak ditinggalkan. Dulu Jokowi sempat meletakan batu pertama di kawasan itu. Kemudian harga tanah langsung melonjak berlipat-lipat. Akhirnya diumumkan batal. Tapi sekarang tersiar kabar ada Rp 20 T siap untuk ubah kebun teh PTPN jadi kawasan rumah mentering dan Elit. Katanya Ciputra Land dibelakangnya. Lantas heboh buat patung Soekarno 100 meter yang lagi duduk itu. Mungkin bisa jadi Walini itu pura-pura ditinggalkan.. 

Udin Salemo

#everyday_berpantun 

Berhenti bus di Kota Paris/ 

Bus mau menuju Kota Nancy/ 

Di dalam bus dilarang merokok/ 

Aku sungguh melihat miris/ 

Pemimpin lebih pentingkan legacy/ 

Daripada memenuhi kebutuhan pokok/ 

Hati-hati jalan ke Rumpin/ 

Jalannya ada yang berlobang/ 

Hati-hatilah pilih pemimpin/ 

Jangan yang suka buat utang/ 

Ka Solok nak ka Silayo/ 

Rang Taluak nak pai ka Padang/ 

Maratok nasib denai baibo/ 

Nan ditangan lapeh ka urang/ 

Tarantang pukek jo jalo Tabaok anak tanggiri/ 

Dari jauah inyo main mato/ 

Manusuak ka jantuang hati/

Mahmud Al Mustasyar

Pak Jokowi kembali absen pada Sidang Majelis Umum PBB di New York yg sedang berlangsung sa'at ini. Mungkin nantinya akan selalu hadir; sekaligus memberi kejutan setelah terpilih jadi Sekjend PBB, sesuai hasil penerawangan Chandra Adiwana di CHDI tempo hari.

Agus Suryono

PAKET UMROH JALAN DARAT "MAKA, di KTT G20 di India barusan, Presiden AS Joe Biden meluncurkan program spektakuler: membangun jalan pintas dari India sampai Saudi Arabia. Lewat Pakistan, Iran, dan negara-negara Teluk. Itu akan diteruskan ke Turki. Lalu ke Eropa", begitu tulis Abah.. Saya kok jadi membayangkan peluang, membuka paket "umroh jalan darat". Semoga akan ada yang melanjutkan membangun jalan dari Malaysia sampai India, melalui Thailand dan Bangladesh. Kalaupun tidak ada yang minat, mungkin jalan yang di jalur Malaysia - Thailand - Bangladesh tetap sudah bisa dilewati.. Kalau terealisir, kelebihan paket ini, mestinya adalah: 

1). Harga relatif murah. 

2). Ada tambahan "wisata" 6-8 negara. ### Bagaimana menurut Anda..?

*) Dari komentar pembaca http://disway.id

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber : Disway.id

Komentar Anda