Gudangan Ride Singgahi Tempat-Tempat Wisata Klaten

Peserta Gudangan Bike #7 melewati sejumlah tempat Wisata di Klaten.

COWASJP.COM – GUDANGAN adalah nama makanan khas Klaten. Sejenis olahan sayur. Mirip urap. Mengambil nama yang ikonik untuk Kota Klaten itulah sejumlah pesepeda membuat event rutin. Gudangan Ride. 

Gudangan Ride ini diselenggarakan satu  bulan sekali. Bulan Desember ini event yang ketujuh. Digeber pada 28 Desember 2019. Mengambil rute sejauh 40 Km dengan melewati beberapa tempat pariwisata di Klaten. 

Gudangan Ride #7  mengambil start dan finis di Monumen Juang 45 Klaten. Acara diakhiri dengan makan bersama dengan menu gudangan yang diwadahi pincuk. Serta teh hangat dan hiburan lagu-lagu dari EO. 

erwan.jpg1.jpgBrigjen Agus Winarna mengibarkan bendera  start mengawali Gudangan Ride #7.

Walaupun event tidak resmi, Gudangan Ride #7 diikuti 10 dari 13 klub pesepeda yang ada di Klaten. Setidaknya 200 pesepeda roadbike mulai dari atlet porda/PON dan penghobi sepeda Roadbike ikut serta.

Event ini juga diikuti pesepeda tertua dan pernah memperkuat PON, yakni Muljono, 69 tahun. Moeljono ikut PON ke-7 thn 1969. Lalu ada juga  pesepeda dari Jakarta Cycling Team Faiz Achmad Taufik. 

Saat menyampaikan sambutan, Ketua Komunitas Roadbike Klaten Purwanto Anggono Cipto mengajak peserta untuk memasyarakatkan olahraga sepeda. Ajakan yang disampaikan Purwanto diamini  Ketua ISSI Klaten Bowo. 

erwan.jpg3.jpg

Peserta Gudangan Bike #7 ini diberangkatkan oleh Brigjen TNI Agus Winarna. Perwira Tinggi TNI AD yang kebetulan pulang kampung dan menyempatkan bersepeda dengan teman-teman road bike Klaten. 

Gudangan Ride ini tak lepas dari kiprah Beny Kimpling Erdeve (BK). Seorang yang berprofesi di bidang  EO dan MC. Selama setahun ini BK ikut menginisasi dan meng-improve event sepeda ini di Klaten.

erwan432044.jpg

Event ini inisiatif penghobi sepeda. Dari, oleh dan untuk pesepeda. Setiap penyelenggaraan didukung oleh anggota. Kali ini, Gudangan Ride #7 diunduh oleh Taufik Nurrachman. Pria yang akrab dipanggil Mas Maman ini adalah Kepala BPJS Ketenagakerjaan Sleman yang asli Klaten. Maman, saat ini sedang mengambil program Magister di almamaternya UII Yogyakarta. Maman didaulat  sebagai tuan rumah, dalam helatan rutin ini.  

Event ini juga mendapat support dari Disparporakab Klaten,  Polres Klaten dan Koramil Jatinom. Polres Klaten ikut memberikan pengamanan dan Koramil Jatinom memberikan tempat check point sebagai regrouping pesepeda.

erwan5.jpg

"Alhamdulillah Gudangan Ride #7 berjalan aman, lancar dan tertib. Menjadi penutup yang manis tahun 2019. Semoga tahun 2020 Gudangan Ride makin eksis dan turut memajukan pariwisata Klaten," tegas Agus Winarna. (*)

Pewarta : Erwan Widyarto
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda