Sang Begawan Media

Bapak Anak

Hun Sen, Perdana Menteri Kamboja yang mengundurkan diri dan digantikan anaknya. (FOTO: AP Photo/Bullit Marquez - voacombodia.com)

COWASJP.COM – IA sangat percaya klenik. Tanggal lahirnya pun sampai diubah. Juga tahunnya. Mestinya tahun 1951, dijadikan 1952. Akhirnya ia jadi perdana menteri: 38 tahun. Lebih lama berkuasa daripada Pak Harto.

Baru pekan lalu ia berhenti. Itu pun atas permintaannya sendiri. Ia begitu bulat untuk meletakkan  jabatan karena hatinya sudah mantap: anaknya sendiri yang menggantikannya.

Maka Anda pun sudah tahu: ia adalah Jenderal Hun Sen, perdana menteri Kamboja sejak 1979. Kemarin Raja Kamboja mengangkat anak Hun Sen sebagai pemimpin pemerintahan tertinggi negara itu.

Memang pengangkatan itu masih harus mendapat pengesahan dari parlemen, tapi itu lebih mudah dari mencabut uban. Anggota parlemen di sana 125 orang. Yang dari Partai Rakyat Kamboja 120 orang. Ketua partai itu Anda sudah tahu: Hun Sen sendiri.

Dan Hun Sen tetap menjabat ketua partai meski sudah berhenti sebagai perdana menteri. Dari pemain depan merangkap pemain tengah dan belakang, kini Hun Sen hanya akan jadi pemain belakang. Mungkin masih merangkap sebagai kapten dan pelatih.

Nama sang anak adalah: Hun Manet. Umur 45 tahun. Ia lima bersaudara: Manet, Mana, Manith, Mani, and Mali. Semuanya terjun ke politik. Ada yang jadi wali kota, gubernur, dan anggota DPR.

Hun Sen memang hebat. Inilah resepnya untuk terus berkuasa: "Saya tidak hanya melemahkan oposisi, tapi oposisi saya buat mati. Kalau ada yang cukup kuat untuk mencoba menggerakkan demonstrasi saya akan pukul semua anjing-anjing itu dan saya masukkan kurungan".

Hun-Manet.jpgHun Manet, Perdana Menteri Kamboja yang anyar. Anak Hun Sen. (FOTO: wikipedia.org)

Itu diucapkan Hun Sen di bulan Januari 2011, tanggal 20, ketika berbagai diktator di Timur Tengah jadi sasaran penggulingan oleh demonstrasi massa.

Hun Sen terpilih lagi dan lagi. Sampai periode keenam. Ekonomi Kamboja maju pesat 10 tahun terakhir dan penggerak utamanya adalah Tiongkok. Kiblat tiga negara di IndoChina memang Tiongkok: Kamboja, Vietnam, dan Laos. Politiknya hampir 100 persen meniru tetangga utara mereka. Politik komunis. Partai tunggal. Mayoritas mutlak.  Ekonomi mereka juga meniru Tiongkok: liberal. Lengkap dengan penyakit liberalnya: korupsi.

Begitu Juli lalu memenangkan pemilu lagi, Hun Sen mengajukan surat pengunduran diri ke raja Norodom Sihamoni, sekaligus meminta agar anaknya, Hun Manet dilantik sebagai perdana menteri baru.

Hun Manet lulusan sekolah militer terkemuka Amerika Serikat: Fort Benning. Lalu kuliah di New York. Kuliah lagi menjadi doktor di Inggris. Pangkatnya jenderal. Jabatannya wakil panglima militer Kamboja.

Ekonomi Kamboja pernah tumbuh 7,7 persen selama 10 tahun berturut sampai tahun 2010. Masih tinggi setelah itu. Tapi lantaran berangkatnya dari posisi terlalu miskin, Kamboja masih sangat miskin. Pendapatan per kapitanya baru separo Indonesia.

Dengan beralihnya kekuasaan dari bapak ke anak, Kamboja bisa bikin iri penguasa di negara sekitarnya. Kekuasaan ternyata bisa dengan mudah diwariskan. Mungkin karena tidak ada Rocky Gerung di sana. (*)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan
Edisi 7 Agustus 2023: Batas Umur

Mbah Mars

EMBOEN PAGI Hal pertama yang selalu kulakukan untuk mengawali hariku adalah membuka hadiah istimewa dari Tuhanku. Yaitu kedua kelopak mataku. Alhamdulilah. 

Agus Suryono

EMBOEN MALAM.. Saat dia lahir, ayahnya lagi lembur malam. Tidak bisa pulang, menemani istri yang lagi melahirkannya. Tigapuluh enam tahun yang lalu.. Saat lahir, hanya dokter, perawat dan emboen malam yang menemaninya. Mungkin itulah yang menyebabkan, kini namanya disebut dalam percaturan wakil presiden Republik.. ###Angin malam, yang ditiupkan Dewa Bayu, ikut mengatantarkan sang bayi, yang kini sudah dewasa, entah ke mana.. ###Mudah-mudahan ke Merdeka Utara.. Kalau para Perusuh antusias menyambutnya.. Dengan komen.. Atawa dengan melubanginya, mencoblosnya..

mzarifin umarzain

05.37. BATAS UMUR DEWASA. Menurut Islaam, batas umur dewasa, aqil baliigh, batas berakal, Adalah saat pertama keluar sperma/air mani nya, Bagi lelaki, Dan keluar darah haiidz/menstruasi bagi perempuan. Sekitar umur 13 tahum. Umur 13 tahun jadi batas Capres, Boleh saja, asal ada yg mau dicalonkan Dan ada yg milih.
 
Ketut Bagiarta

Pembatasan usia minimal 40 tahun konon bertentangan dengan jaminan UUD 45 bahwa setiap warga negara Indonesia berhak memiliki kedudukan, perlakuan dan kesempatan yang sama dan adil dalam hukum. Kesannya, alasan ini logis dan bukan karena kepentingan untuk mengakomodir kemauan oligarki. Padahal alasan (baca: dalih) ini akan jadi logis bila penggugat juga menggugat kesetaraan dalam hukum (equality before the law) untuk hal yang lain. Misalnya, presidential threshold 20%. PT 20% mencederai kesetaraan hak warga negara, tapi MK (Mahkamah Keluarga?) berulangkali tak mengabulkan gugatan pembatalan/ penghapusannya. Apakah hal tersebut karena tidak sesuai kemauan oligarki? #LawanOligarki!
 
Jokosp Sp

Afdruk kilat. Ini cerita orang yg masuk golongan kolonial. Bagi yg milenial pasti gag tau. Bawa negatif film ke tukang foto kalau di desa, kalau di kota ya dibawa ke fuji film lab atau konika film lab untuk dicetak ulang. Bahasanya macam-macam, ada yg bilang mau mbasuh foto. Negatif film bisa lengket dan kabur di dalam amplop ketika kelamaan nyimpan. Melihatnya harus diangkat dan diterawang di terang lampu atau matahari untuk mengetahui kondisinya. Duhhhhh jadul bener ya masa itu. Beruntunglah kita mengalami zaman itu, befoto masuk ke ruangan gelap......ada bunyi cepret dan lampu kilat menyala. Mas tunggu besok siang ya jadinya, pesan si tukang foto dengan senyum merekah.
 
hilman g

Jokowi memang cukup sukses menjadi presiden. Parameternya banyak yg bisa disebutin, misalnya jalan tol, lalu media yang bisa dia kontrol, sampe dpr yang selalu mengiyakan apa maunya jokowi seperti omnibus law yang mulus lancar. Kalaupun ada hambatan bisa diakalin dengan mudah dan gak banyak yang protes. Gara2 itu banyak yang beranggapan semua yang berbau jokowi pasti bagus dan baik buat bangsa Indonesia. Contohnya, ada partai yang mau milih dukung calon presiden tapi nunggu instruksi jokowi. Pokoknya harus berbau jokowi. Tapi untuk rakyat biasa, siapapun presidennya, kuli bangunan tetap jadi kuli bangunan. Tukang nasgor tetap akan jadi tukang nasgor. Yang berubah hanya foto di dalm ruang kelas, ruang meeting, aula, dll...
 
ACEP YULIUS HAMDANI

Batas umur menjadi penting ketika banyak kepentingan, dan batas umur menjadi tidak penting ketika tidak ada kepentingan. Sebenarnya bukan batas umur yang diperlukan untuk menentukan sesuatu atau bahkan menjadi sesuatu, tapi kematangan, kemampuan, kebijaksanaan bisa menjadi tolok ukur. Tidak bisa dipungkiri semakin batasan jelas, semakin mudah untuk mendorong dan memasarkannya, tapi kembali lagi kalau hanya batasannya umur, maka kebijakan dan kemampuan menjadi nomor 2, akhirnya menjadi ada orang-orang yang tidak kompeten menjadi pucuk pimpinan dan tunggulah kerusakan di muka bumi.......
 
Sri Wasono Widodo

Di jagad pewayangan, kematangan tidak usah menunggu usia 40 tahun. Gatutkaca begitu lahir "ceprot" harus menghadapi raksasa Prabu Kalapracana dan Patih Sekipu. Setelah dimasukkan kawah candradimuka tubuhnya kebal dan semakin besar. Digigit raksasa pun justru membesarkan tubuhnya. Wisanggeni yang lahirnya tidak dikehendaki kroni Dewa Srani dengan dukungan Bathara Guru dan dimasukkan kawah Candradimuka justru menjadi "matang" tubuhnya merah membara dan mengobrak abrik markas kroni dewa Srani cs. Anoman yang merupakan putera dari Bathara Guru dan Dewi Anjani juga segera matang karena langsung mendapat tugas membantu Prabu Rama menghadapi Rahwana. Namun ketiga tokoh wayang itu cepat matang karena anak para dewa.
 
SAPARDI ST

Terimakasih akhirnya bisa Login... Sebenarnya saya sudah hampir putus asa untuk login sekedar setor muka ke Abah DI, setiap kali pencet login, selalu slow respon... Sampai saya berpikir bahwa saya sudah masuk daftar hitam yang harus yang harus diblokir tanpa mengetahui saya salah apa... Iseng iseng tadi klik kolom komen ternyata, mungkin mbah google atau mas admin sedang baik hati dan tidak sombong, membukakan pintu maaf sehingga bisa curcol disini... Mohon maaf sudah nggladrah... M E R D E K A....!!!!
 
Juve Zhang

Wartawan : tanya om JP kenapa pemimpin Tiongkok usia nya diatas 55 tahun semua? Om JP : Pemimpin muda itu ibarat Abg yg bisa membuahi telur tapi tak tahu merawat memberi gizi membuat otaknya penuh nutrisi pada saat balita karena otak saat balita adalah saat terbaik di beri pupuk terbaik jangan sampai saat otak perlu nutrisi terbaik cuma makan nasi putih plus sayur osang oseng sekedar kenyang tanpa protein yg memadai. Akibatnya ketika masuk sekolah dan ditanya guru 1 tambah 1 berapa maka sang anak dengan penuh percaya diri lantang dan nyaring suaranya langsung menjawab 11. !!!! Itu kisah nyata anak zaman now 1 tambah 1 sama dengan 11 memang masuk akal juga jawaban anak ini. Kwkwkwkwk
 
Agus Suryono

USUL NGAWUR.. Anggota DPR dan Hakim MK, jangan baca komentar ini. Nanti bisa bahaya.. Usulan saya untuk Presiden maupun Wakilnya: Usia termuda: 35 tahun. Usia tertua: 53 tahun.. ###Angkanya cantik khan..?
 
Amat K.

Saya melihat batasan usia dewasa dan batasan usia anak di berbagai peraturan perundang-undangan di Indonesia tidak ada keseragaman. Ada yang batasannya umur 17 tahun, 18 tahun, 21 tahun, dst. Dalam peraturan KPU, satu syarat menjadi pemilih pemilu, "Sudah berusia 17 tahun atau lebih pada hari pemungutan suara, sudah kawin, atau sudah pernah kawin." Meskipun belum berumur 17 tahun, tetapi ia sudah kawin, duda/janda, ia berhak dimasukkan ke dalam daftar pemilih KPU. Artinya, tidak perlu menunggu umur 17 tahun untuk dianggap "dewasa". Di bawah, Pak Arifin pun menyebutkan bahwa dewasa (balig) menurut Islam lebih sederhana, anak laki-laki mengalami "mimpi basah" dan anak perempuan yang haid. Setelah itu terjadi anak-anak sudah dianggap dewasa. Balig artinya sampai; cukup umur. Istilah lainnya mukallaf, yaitu dapat dikenai kewajiban atau perintah agama dan diwajibkan menjauhi segala larangan-larangan dengan segala konsekuensinya (pahala & dosa). Terakhir, saya menyimpulkan umur dewasa menjadi dua. Pertama, dewasa terhadap diri sendiri yang artinya dapat mempertanggungjawabkan keputusan dan perbuatannya. Kedua, dewasa untuk orang lain. Selain dapat bertanggung jawab terhadap dirinya juga bertanggung jawab untuk orang banyak. Ini bagi yang ingin menjadi pemimpin.
 
Mirza Mirwan

Tentang Vivek Ramaswamy. Kalau disebut sebagai calon presiden sebenarnya kurang tepat. Vivek baru mendaftar ke GOP (Partai Republik) untuk memperebutkan tiket sebagai Capres AS dari GOP dalam pilpres November 2024 mendatang. Siapa yang aksn mendapatkan tiket itu baru diketahui setelah digelarnya Konvensi GOP di Milwaukee, Wisconsin, 15-18 Juli 2024. Masih setahun lagi. Dan pesaing Vivek buka n hanya Donald Trump, Ron deSantis, dan Mike Pence. Ada 17 orang yang mengajukan diri untuk ikut konvensi (Ah, saya jadi ingat Konvensi Partai Demokrat yang diikuti dan dimenangi Pak DI dulu itu). Berikut ini daftarnya: 
1. Donald Trump. 
2. Nikki Haley (mantan Gub. South Carolina) 
3. Vivek Ramaswamy (pengusaha). 
4. Asa Hutchinson (mantan Gub. Arkansas) 
5. Tim Scott (kulit hitam). 
6. Ron deSantis (Gub. Florida). 
7. Chris Christie (mantan jaksa federal). 
8. Mike Pence (mantan Wapres Trump). 
9. Doug Burgum (Gub. North Dakota). 
10. Francis Soarez (Walikota Miami). 
11. Will Hurd (kulit hitam). 
12. Glen Youngkin. 
13. Kristi Noem (Gub. South Dakota). 
14. Liz Cheney (mantan anggota Kongres). 
15. John Bolton (msntan penasehat Trump) 
16. Mike Pompeo (mantan Menlu dan direktur CIA) 
17. Chris Sununu. Biasanya dari daftar panjang itu tinggal 3-4 yang sampai ke gelaran konvensi. Selebihnya mundur, karena melihat hasil polling yang jeblok.
 
Xiaomi A1

Saya tdk akan membahas proses gugatan batasan umur yg berlangsung di MK.. Misalnya, akhirnya batasan umur tsb memang turun dari 40 jadi 35..maka calon kuat nya bukan hanya Gibran, bisa saja tokoh publik dgn influence tinggi seperti Raffi Ahmad (follower ig 70jt) sangat mungkin digandeng sbg calon..
 
Amat K.

Empat bait pantun seloka/ Kisahnya haru sajak balada/ Usia itu deretan angka/ Soal selera tetap yang muda.
 
*) Dari komentar pembaca http://disway.id

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber : Disway.id

Komentar Anda