Lenggang Kebaya Blitar yang Bikin Awet Muda

COWASJP.COM – Line Dance adalah olahraga yang unik dengan sentuhan musik yang asyik. Beragam genre mulai dari pop, keroncong, dangdut, klasik, hingga langgam. 

Olahraga ini disempurnakan dengan sentuhan koreografi gerakan tari. 

Asal olahraga ini dari Amerika Serikat, dan sudah familier sejak tahun 1800-an, di mana para pesertanya menari bersama dengan iringan musik country. Dipadukan dengan berbagai gerakan tari serta dansa. 

Line dance masuk ke Indonesia pada tahun 2008. Diperkenalkan oleh The Universal Line Dance. Beragamnya musik tradisional Indonesia, seperti musik tradisional Betawi, musik tradisional Sumatera Barat, hingga lagu khas Maluku seperti ‘Poco-Poco’ membuat olahraga ini menjadi lebih menarik dan mengasyikkan. 

erna1.jpgIbu-ibu cantik Kota Blitar. (FOTO: istimewa)

Gerakan Line Dance yang menyenangkan diiringi musik tradisonal khas Indonesia membuat kontingen lebih totalitas, sehingga mereka menjuarai berbagai kompetisi Line Dance internasional.

Gerakan dasar yang mirip dengan tari Poco-Poco inilah yang menyenangkan. Gerakan terpenting adalah gerakan kaki, yatu gerakan melangkah dan gerakan memutar. 

Olahraga ini dapat dilakukan secara sendiri atau berkelompok secara bersama-sama. 

MODIFIKASI

Gerakan line dance ini pula yang menginspirasi para anggota Komunitas Pecinta Kebaya Kota Blitar untuk memodifikasinya dengan tarian tradisional yang mereka namakan “Lenggang Kebaya Blitar.”

Para anggota komunitas menarikannya dengan riang gembira, karena mereka meyakini bahwa line dance membuat mereka sehat, langsing, dan awet muda. Mereka rajin berlatih setiap hari Sabtu, dimulai pukul 10.00.

Komunitas Pecinta Kebaya Kota Blitar yang di komanditeri oleh Ibu Soeci Ilyas, Ibu Rina Irianti, Ibu Mandani Monoarfa, ada di bawah naungan Komunitas Pecinta Budaya Nusantara, yang dimotori oleh Ir. Ris Handana Prawiradirja dan Dr. Erna Setiyaningrum, MM, MA, MPd, Mkes, D,CL, Prof. Sutrisno Sabar, dan Ki Didik Utoya, dan kawan kawan.

MANFAAT LINE DANCE

Line Dance dinilai dapat mencegah cepat lupa atau pikun bagi manula. Bagi kelompok manula, olahraga ini dapat meningkatkan daya ingat dan meningkatkan konsentrasi dengan banyaknya langkah-langkah yang diulang-ulang dalam olahraga ini.

Gerakan dengan langkah diulang-diulang sebagai dasar gerakan Line Dance yang dilakukan oleh sekelompok orang ini tergolong senam low impact, sehingga minim cedera. 

erna.jpgIbu-ibu Komunitas Pecinta Kebaya Kota Blitar. (FOTO: istimewa)

Manfaat lainnya dari olahraga ini di antaranya adalah: mampu meningkatkan refleks, keseimbangan, dan kekuatan tubuh bagian bawah serta melatih kardio, menjaga kepadatan tulang atau mampu mencegah osteoporosis seperti disebutkan di atas, meningkatkan keseimbangan tubuh, mengencangkan otot pinggul.

Line dance membuat suasana hati menjadi gembira, sukacita, dan bahagia. Saat hati gembira itulah hormon endorfin mengalir deras di dalam tubuh.

Hormon endorfin adalah hormon yang bisa meregenerasi sel-sel yang rusak terjadi secara luar biasa, termasuk hormon yang memiliki andil besar dalam mencegah penuaan. Meningkatkan proses penyembuhan segala penyakit di dalam tubuh kita. 

Jika Anda ingin sehat, ingin cantik dan awet muda, berlatihlah menari line dance bersama ibu-ibu yang tergabung dalam Komunitas Pecinta Kebaya Indonesia. Seperti  yang dilakukan oleh ibu-ibu cantik dari kota Blitar, Jawa Timur. (ern@)

Pewarta :
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda