ICMI DIY Gelar Silaturahim Lintas Partai

HZ: Halalbihalal Sekaligus Dialog untuk Keistimewaan DIY

COWASJP.COM – Hiruk-pikuk pemilihan umum (Pemilu) sudah usai. Mahkamah Konstitusi pun selesai menyidangkan sengketa hasil Pemilu. Semestinya, polarisasi yang terjadi di tengah-tengah masyarakat pun harus segera pulih. Sebagaimana kalimat yang banyak beredar di media sosial, tidak ada lagi 01 dan 02. Yang ada kini adalah Sila Ketiga: Persatuan Indonesia.

"Semua menyadari, kehidupan masyarakat sering terpolarisasi dalam beberapa kubu. Baik oleh pilihan politik kepartaian maupun ajang pilpres. Ketegangan hubungan yang terjadi pun sangat mengganggu harmoni dan kohesi sosial. Harus ada upaya, meski kecil, untuk menjembatani terjadinya dialog atau silaturahim untuk memperkuat kohesi sosial kembali," ujar Ketua ICMI DIY Herry Zudianto.

Dialog, pertemuan, silaturahim atau apapun dengan tujuan agar dinamika masyarakat kembali normal.  Dan petekonomian masyarakat juga segera bergeliat. "Dengan niatan seperti itulah, maka,  ICMI Orwil DIY memandang perlu digelarnya silaturahmi lintas partai," tambah Walikota Jogja Periode 2001-2011 ini.

Silaturahim ICMI DIY ini mempertemukan calon legislatif (Caleg) terpilih. Mulai dari caleg untuk DPRD DIY, DPR RI hingga senator Dewan Perwakilan Daerah (DPD) daerah pemilihan (Dapil) DIY. Silaturahim digelar Hari Sabtu (29/6) mulai pukul 08.30-12.00 bertempat di Gedung DPD DIY Jalan Kusumanegara.

"Alhamdulillah sudah 60-an wakil rakyat terpilih dari lintas partai yang konfirm untuk hadir. Termasuk anggota DPD terpilih GKR Hemas, Hilmy Muhammad, dan Afnan Hadikusumo," papar Ketua Panitia Silaturahim Drs Wahyudi MSi.

Wahyudi menambahkan, perwakilan calon legislatif juga sudah merata untuk setiap partai. Sejumlah Caleg terpilih dari PDI Perjuangan, Gerindra, PKB, PKS, Golkar, PAN, Nasdem sudah konfirmasi. "Ada beberapa yang izin karena partainya sedang mengadakan acara," tambah Wahyudi.

Yang menarik, kegiatan ICMI Orwil DIY ini mendapat dukungan kejutan dari ICMI Pusat. "Ketua ICMI Pusat Prof Dr Jimly Ashshidiqie berkenan menyampaikan keynote speaker mengawali silaturahmi. Bahkan pagi hari sebelum acara, secara khusus akan sharing dengan pengurus ICMI DIY," tegas Wahyudi.

Di awal-awal rapat persiapan, kesediaan dan kehadiran Jimly ini belum terkonfirmasi. "Baru dalam satu dua hari terakhir ini, beliau bisa hadir di Yogya. Ini tentu menjadi support yang luar biasa bagi ICMI DIY," kata Wahyudi.

Herry Zudianto menambahkan, selain sebagai ajang silaturahim, sekaligus halalbihalal, acara Sabtu ini diharapkan bisa berkontribusi untuk kesejahteraan masyarakat. Bisa memberi manfaat bagi keistimewaan DIY.

Saat kampanye, banyak caleg yang memberi angin surga.  Apabila dirinya terpilih,  akan melakukan program ini,  langkah itu, dan lain-lain. Komitmen yang tujuannya ingin mewujudkan tatanan dan kehidupan yang lebih baik. 

"Nah, pertemuan ini digelar untuk merangkum berbagai persoalan dan potensi yang sebenarnya dimiliki Daerah Istimewa Yogyakarta. Apa saja persoalan mendasarnya,  apa potensi terbesarnya, dan bagaimana pengelolaan menuju kondisi yang lebih optimal," tandas pria yang dikenal dengan inisial HZ ini.

Dalam forum silaturahim ini,  perwakilan partai diharapkan mengenalkan para calegnya dan memberikan gambaran program yang akan diperjuangkannya. Sehingga dalam forum ini benar-benar akan terjadi silaturahim, saling kenal, untuk kemudian bisa bertukar pikiran guna memperkuat keistimewaan DIY. (*)

Pewarta : Erwan Widyarto
Editor : Erwan Widyarto
Sumber :

Komentar Anda