Jasa Konsultan Annual Report

PT Kereta Api Indonesia salah satu BUMN yang sukses. (FOTO: Good News from Indonesia)

COWASJP.COM – Banyak media cetak yang mati. Pembacanya pindah ke media online. Bagaimana nasib wartawan media cetak, setelah medianya tidak terbit lagi? ‘’Wartawan bisa beralih profesi sebagai konsultan penulisan annual report,’’ kata Anab Afifi, CEO Bostonprice Asia, perusahaan spesialis jasa penyusunan laporan tahunan itu.

Annual report adalah laporan tahunan yang sifatnya wajib bagi perusahaan BUMN dan BUMD, perusahaan terbuka (Tbk), lembaga pengelola dana publik seperti yayasan, koperasi, lembaga amil zakat dan lembaga wakaf. Laporan tahunan merupakan bentuk keterbukaan informasi kepada masyarakat. 

jasa-konsultan.jpgPenghargaan Wow Brand untuk Semen Gresik (BUMN). (FOTO: JPNN.com)

‘’Jumlah perusahaan dan lembaga itu sangat banyak. BUMN beserta anak perusahaannya saja hampir 1.000 unit. Jumlah BUMD lebih banyak lagi. Lembaga amil zakat juga ada ratusan unit,’’ kata Anab.

Mengawali profesinya sebagai wartawan ekonomi, bisnis dan keuangan, Anab kemudian banting setir menjadi penulis annual report, sejak 18 tahun lalu. Setiap tahun, Anab menyelesaikan sekitar 15 laporan tahunan. ‘’Terlalu sedikit bila dibandingkan dengan jumlah perusahaan yang wajib menyusun laporan tahunan,’’ kata Anab.

Salah satu problem dalam bisnis jasa penulisan annual report, kata Anab, adalah kurangnya konsultan. Jumlah wartawan sangat banyak. Tetapi wartawan yang mau menjadi konsultan annual report bisa dihitung dengan jari.

Mengapa begitu? ‘’Ini soal mindset. Kerja sebagai wartawan lebih membanggakan. Beda dengan penulis annual report yang hanya berdiri di belakang layar,’’ jelas Anab.

Apakah profesi sebagai konsultan annual report cukup menjanjikan? Anab hanya tersenyum. ‘’Alhamdulillah, saya sudah menjalaninya selama 18 tahun,’’ katanya.

Sulitkah menjadi konsultan annual report? Menurut Anab, tidak sulit bagi seseorang yang telah berpengalaman menjadi wartawan untuk beralih menjadi konsultan annual report. Dua-duanya menggunakan dasar ilmu yang sama: Jurnalistik. Wartawan hanya perlu belajar untuk memahami filosofi dasar sebuah laporan tahunan.

jasa-konsultan-2.jpgAnab Afifi, CEO Bostonprice Asia. (FOTO: Istimewa)

Menyadari perubahan situasi saat ini, Anab ingin membuat pelatihan bagi para wartawan yang ingin belajar menjadi konsultan maupun penulis annual report. Pelatihan dilakukan secara online dalam lima sesi. Setelah mengikuti pelatihan, peserta akan harus mengikuti evaluasi. Yang memenuhi kualifikasi akan mendapat sertifikat dari Bostonprice Asia.

Sertifikat itu menjadi syarat wajib bagi wartawan untuk membuka jasa konsultan annual report dalam jaringan Bostonprice Asia Network. ‘’Kami ingin punya standarisasi sendiri. Katakanlah itu sebagai standar Bostonprice Asia,’’ jelas Anab.

Pelatihan perdana akan dibuka pada bulan Mei 2019 di Warweb Wiramice, Jl Tebet Barat Dalam V No 6B, Jakarta Selatan. Gratis.

Wartawan dalam kota boleh hadir. Tapi jumlahnya dibatasi hanya 10 orang. Wartawan luar kota boleh mengikuti pelatihan online. Jumlahnya dibatasi 100 orang. Waktunya: setelah ashar dan berakhir saat maghrib. Harinya: Sabtu. Tanggalnya menyusul.

Setelah mengikuti pelatihan perdana, peserta bisa melanjutkan ke pelatihan kedua, ketiga dan seterusnya, mulai Juli 2019. Setelah libur Lebaran.

Anab akan menjadi business coach kedua di Warweb Wiramice, setelah Lambang Saribuana. Apakah Anda tertarik menjadi business coach berikutnya? (Warweb Wiramice)

Telepon/Whatsapp: 081-386-191-010

Pewarta : Joko Intarto
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda