The Power of Silaturahim

Hargai Waktu = Hargai Diri Sendiri

Arif Bambang Rahardjo

COWASJP.COM – Waktu secara harfiah artinya masa. Waktu adalah seluruh rangkaian saat ketika proses perbuatan atau keadaan berada atau berlangsung.

Seperti yang kita pelajari di sekolah. Waktu memiliki jangka, masa, durasi dalam setiap saatnya, selama atau selambat apa pun semua memiliki waktu. Sehingga waktu bisa diawali dengan detik, menit, jam, makin lama waktu bisa jadi hari, minggu, bulan, tahun dan seterusnya.

Setiap waktu memiliki masa, setiap masa memiliki waktu. Semua itu tak terpisahkan. Karena waktu memang menjadi hakikat kehidupan.

Ada banyak pandangan orang mengenai waktu dan pemahaman orang mengenai waktu. Tentu setiap orang mempunyai pemahaman yang berbeda-beda mengenai waktu.

Setiap orang mendefinisikan waktu sesuai dengan pengelolaan atau manajemen dalam menggunakan waktu dalam kehidupannya.

Waktu memang akan selalu ada. Tapi jangan lupa akan yang namanya masa. Masa merupakan periode, peristiwa, kronologi, moment yang dihitung atau ditandai pada waktu kapan terjadinya.

Maka orang yang selalu menyia -  nyiakan waktu atau membuang - buang waktunya dengan hal yang tidak berguna atau kegiatan tidak berguna. Tentulah masa yang baik tidak akan ia alami.

Surah Al Asr : 1 - 3  Demi masa sesungguhnya manusia itu dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan beramal soleh, dan mereka pula yang berpesan-pesan dengan kebenaran, dan berpesan-pesan dengan sabar.

Face to face pertama 14 Januari 2019 saya dengan Dr Aqua Dwipayana di kediamannya, Jalan Cempedak Blok H no 10, Perum Sawitsari, Sleman, Jogjakarta. 

Saya datang satu jam lebih awal dari waktu.

Pukul 14.30 WIB, Dr Aqua Dwipayana bersama putranya Ero (Savero Karamiveta Dwipayana). 

arif1.jpgDr Aqua Dwipayana (kiri) dan Ventje Chandraputra Suardana (Presdir PT Duta Anggada Realty) saat peluncuran buku Dahsyatnya Silaturahim Bersih Hati Bersih Pikiran.

"Ayo Mas Arif ikut ke Magelang. Nanti kita bicara - bica di mobil aja. Kita harus memanfaatkan waktu dengan baik dan memperlakukan waktu dengan perbuatan positif," kata Aqua Dwipayana yang dikenal sebagai pakar komunikasi dan motivator nasional itu.

Tepat pukul 16.00 tiba di kantor Gubernur Akmil (Akademi Militer), Bapak Mayjen TNI Dudung Abdulrachman. Dialog antara Dr Aqua Dwipayana dan Mayjen TNI Dudung Abdulrachman berlangsung dua jam tanpa jeda. Padat akan makna kehidupan.

Hasil dari Dr Aqua Dwipayana yang selalu menggunakan waktu dengan baik, dengan kegiatan yang selalu positif, positif.

Dr Aqua Dwipayana mendapat mandat sharing komunikasi dan motivasi dengan Gubernur Akmil berserta staf dan jajarannya. Yang pesertanya mencapai ribuan orang.

Face to face kedua. Senin 18 Februari 2019 pukul 05.00. Pagi - pagi sekali. Kali ini Dr Aqua Dwipayana yang silaturahim di rumah Ibu saya, Pakis Tirrtosari IX no 4 Surabaya.

Dr Aqua Dwipayana ingin mengetahui secara langsung kondisi kesehatan Ibu saya dan saya sambil silaturahim tentunya.

"Saya habis dari Bandara Juanda mengantar isteri ke Jakarta, terus langsung ke sini. Sebentar aja saya ya Mas Arif. Persiapan ada sharing komunikasi dan motivasi dangan Garuda, besok harus terbang ke Banyuwangi, lusa juga harus tebang ke beberapa kota di Sumatera," kata Aqua Dwipayana.

Beliau selalu menghormati waktu dengan baik, dan memperlakukan waktu untuk kegiatan yang positif. Orang yang menghormati waktunya = menghormati dirinya sendiri.

Intinya, jika kita menghargai waktu dengan hal - hal yang positif dan menguntungkan, akan menjadi bagian kita. Beda dengan mereka yang menghabiskan waktu dengan hal - hal yang kurang manfaat, mereka rawan mendapat masalah dari luar. Dan, mereka sukar untuk berhasil.

Kisah - kisah sukses para entrepreneur atau mereka yang sudah berhasil, dasar utama keberhasilan mereka adalah menghargai waktu. Manajemen waktu adalah dasar keberhasilan.

Mana mungkin orang yang menghabiskan waktunya dengan hal - hal yang tak berguna akan berhasil, kecuali mereka yang berani mengubah sikapnya.

Orang yang cenderung hidupnya susah dan sering mendapat banyak masalah lebih banyak yang sukses dari pada orang yang hampir semua kebutuhannya terpenuhi. Orang miskin akan berjuang lebih keras dan mengelola waktu dengan baik. Demi mengubah hidup. (*)

Penulis: Arif Bambang Rahardjo, owner Riz Printing.

Terimakasih banyak DR. AQUA DWIPAYANA atas ilmu harus menghormati waktu dengan kegiatan positif

Salam arif

Pewarta :
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda