Order Perdana Triple C

Bang Uncu Natsir saat menikmati kopi di kantor saya.

COWASJP.COM – Soal profesi barista, Anda sebaiknya jangan percaya. Tapi kalau bisnis kopi, itu benar adanya. Saya dan Jos Granados, barista Toekang Sedoeh, berkongsi menjalankan usaha ini.

Ide jasa coffee corner muncul di Surabaya, pekan lalu. Saat mengikuti pameran ekonomi syariah terbesar di Indonesia (ISEF 2019).

Selama menjaga stand Bank Indonesia, saya melihat begitu banyak orang yang kecanduan kopi. Setiap stand Bank Indonesia dikunjungi tidak kurang dari 300 orang per hari. Padahal ada 3 stand. Berarti 900 orang per hari. Umumnya eksekutif muda.

Dari situlah ide bisnis itu muncul. Mengapa untuk minum kopi manual brew harus ke café yang mahal? Dengan peralatan seduh yang simple dan pelatihan, semua orang bisa menjadi barista. Bisa membuat kopi sendiri di rumah atau di ruang kerja yang tidak kalah dibanding racikan barista di café-café.

Untuk merealisasikan ide ini, saya membeli satu set peralatan penyeduh kopi: manual brew. Mulai coffee grinder, coffee server, metal coffee drip, goose neck kettle hingga coffee scale dan thermometer.

Satu lagi yang unik, coffee corner ini dilengkapi bamboo cone coffee drip merk Ceeburial buatan warga dusun Ciburial. Karena itu paket peralatan penyeduh kopi ini saya namakan Ceeburial Coffee Corner (Triple C).

Ibarat tumbu mendapat tutup, paket Triple C langsung direspon pasar. Order pertama saya terima tadi siang dari Pontianak, Kalimantan Barat. Pemesan ingin menaruh peralatan barista itu di ruang kerjanya, untuk membangun komunikasi dengan pelanggan-pelanggannya.

Nah, setelah punya alat seduhnya, bagaimana dengan kopinya? Inilah tugas Jos Granados: sebagai kurator kopi, Jos bertanggung jawab menemukan kopi-kopi terbaik dari seluruh Nusantara. Beli langsung dari petani dalam kondisi green bean, lalu di-roasting di Jakarta. Selanjutnya dikirim ke pembeli paket Triple C. Setiap bulan.

Seperti berlangganan koran saja.

Ada yang berminat? (*)

Pewarta : Joko Intarto
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda