Menegur Bule Jelang Take Off

Tofan Mahdi saat berbicara di workshop jurnalistik. (FOTO: Istimewa)

COWASJP.COM – Attitudes of airline passanger. Dalam penerbangan GA571 rute BPN-CGK Rabu sore 28 November ini 2018, kembali saya mendapati rendahnya "attitude in altitude" seorang penumpang pesawat terbang.

Seorang pria bule paruh baya, dari aksennya American English, duduk sebelah saya di kursi isle  kelas ekonomi barisan depan. Seorang flight attendant memperingatkan dia  agar segera mematikan ponsel karena pesawat dalam proses push back.

"Inconsistent. Sometimes we do, sometimes we don't," omel dia seolah mengadu kepada saya. 

"But better we do," timpal saya agak bete ketemu bule kurang tahu aturan. 

Pesawat berjalan menuju landasan di tengah mendung pekat di atas Bandara Sepinggan Balikpapan. Namun, saya lirik, penumpang bule tadi tetap asyik mengirimkan pesan WhatsApp.

"I think you have to turn off your phone right now," tegur saya dengan nada agak keras. 

"Is it really a matter?" timpal dia. 

"It is," tegas saya.

Lelaki tinggi tegap berambut pirang itu pun mematikan ponselnya. Pesawat pun lepas landas dengan sempurna. Mungkin merasa telah bersikap yang membuat saya tidak  nyaman, saat di udara bule tadi bersikap ramah kepada saya. Sampai membantu mengembalikan baki makanan kepada pramugari.

Makanan nasi dengan ayam itu utuh tidak saya sentuh, karena dari kursi tengah, asyik menikmati awan yang bergumpal-gumpal dengan sedikit guncangan. Karena saya malu mau bilang, cuaca menjelang akhir tahun ini, cukup menantang untuk terbang. Safe flight to all frequent flyer di seluruh Indonesia. Tunjukkan kita bangsa yang beradab dengan tetap menjaga sikap yang baik dan sopan selama menjadi penumpang pesawat terbang. (*)

Pewarta :
Editor : Erwan Widyarto
Sumber :

Komentar Anda