Ngikuti Emak, Punya 30 Tenant Jus

Ridwan di depan Emak Jumbo Jus alfamart Simpang Borobudur

COWASJP.COM – Emak adalah panggilan sebagian besar orang Jawa kepada ibu kandungnya. Jauh sebelum ada istilah bunda, mama, dan lain-lain. 

Namun bagi MUHAMAD Ridwan pemilik 30 tenant Emak Jumbo Jus, istilah tersebut: EMAK adalah singkatan dari Enak, Mantap, Asli dan Kental. 

"Pokoknya harus ngikutin Emak biar konsumen dan pelanggan kami puas," ungkap pria lajang ini. 

Untuk meraih kesuksesan seperti sekarang, Ridwan berawal dari depan Alfamart Jalan Tidar, Malang, samping SPBU. 
Pria asal Sumber Manjing Wetan, Kabupaten Malang ini mengaku selulus kuliah di IKIP Budi  Utomo ingin cepat bekerja dan mendapatkan uang. 

"Saya pingin usaha jualan jus karena memang suka sama buah. Saya sewa tenant di depan Alfamart Tidar dan saya jaga sendiri," ungkapnya.

Agar usahanya berkembang, pria kelahiran 4 April 1989 ini bertekad menjaga kualitas dan pelayanan kepada konsumen. Bahkan nama Emak Jumbo Jus itu singkatan dari enak, mantap, asli dan kental.

"Kalau di masyarakat kan ada istilah Power of Emak. Kalau emak di sini singkatan sebagai spirit,"  ujarnya.

Berkat ketekunannya, pria lajang ini bisa mengembangkan Emak Jumbo Jus menjadi total 30 tenant yang eksis. 17 di antaranya berada di Alfamart. Mulai dari Alfamart Tidar, Alfamart Simpang Borobudur, Alfamart Tombro, Alfamart Petra Land dan lain-lain. Semuanya di Kota Malang. 

jus-alfamart.jpg2.jpg

Tidak cuma milik sendiri, enam tenant jusnya merupakan franchise, dengan modal Rp15 juta per titik. 

Selama menekuni bisnisnya, Ridwan mengakui banyak tantangan dan rintangan. Terutama soal kualitas sumber daya manusia. Belum lagi saat pandemi yang menyebabkan omzet-nya benar-benar jatuh. "Saat itu, jualan benar-benar sepi. Saya mau tutup outlet, namun Alfamart membantu menggratiskan sewa tiga bulan," tuturnya. Alhamdulillah. 

Ridwan berpesan kepada warga masyarakat yang ingin memulai usaha, agar tekun, tidak gampang putus asa, dan kontinyu dalam satu bidang tertentu.

"Ke depan, saya ingin ekspansi keluar kota. Saya ingin berkembang ke Surabaya. Doakan tahun ini berhasil. Saya akan mencari investor yang mau kerjasama beli sistem dengan modal awal Rp 100 juta. Doakan saja ya," pintanya kepada penulis.(*) 

Penulis: Mochammad Faruq Asrori, wartawan senior di Jatim, kini Regional Manager Corcom PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT).

Pewarta : M. Faruq Asrori
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda