Empat Tempat Wisata Berkuda yang Lagi Tren di Jogja

LAGI TREN: Wisata berkuda yang lagi digemari wisatawan yang datang ke Jogja. (Foto-foto: Rumah Berkuda Jogja)

COWASJP.COM – Selama ini berwisata menikmati keindahan alam dengan kuda hanya dikenal di daerah pegunungan. Misal di Lembang (Bandung), Kopeng (Salatiga), Candi Gedongsanga (Ungaran) maupun Gunung Bromo.

Kini, para wisatawan yang datang ke Jogja pun bisa menikmati sensasi naik kuda. Bahkan, saat ini di Jogja, bermunculan tempat-tempat yang menawarkan pesona naik kuda ini. 

Empat tempat berikut ini bisa menjadi pilihan para wisatawan yang ingin menikmati wisata berkuda.

1. Alun-Alun Utara
Tempat ini sangat terkenal karena menjadi bagian dari Keraton Yogya. Berada di ujung jalan legendaris Malioboro, Alun-Alun Utara merupakan tempat yang sangat strategis. Bagi mereka yang sudah sering berkunjung ke Jogja pasti akan melihat lokasi ini saat menuju Keraton Yogya.

Di Alun-Alun Utara inilah wisata berkuda sejak dulu sudah eksis.  Sejumlah kuda disiapkan untuk bisa disewa wisatawan berkeliling kawasan Keraton maupun sekitarnya. Wisatawan bisa memilih kuda yang diinginkan.

rumah-berkuda.jpg

Mulai dari kuda mini yang bisa ditunggangi oleh anak-anak, hingga kuda dengan ukuran yang lebih besar untuk orang dewasa. Wahana berkuda di daerah Alun-Alun utara ini biasa tersedia sejak pagi hari hingga sore hari. Wisata berkuda di Alun-Alun Utara ini libur setiap Hari Kamis.

2. Pikatan Stable

Lokasi wisata berkuda yang bisa dikunjungi berikutnya berada di daerah Bantul. Berada di dekat Stadion Sultan Agung. Tempat ini juga merupakan arena balap atau pacuan kuda. Pikatan Stable bisa dikatakan merupakan salah satu tempat berkuda yang tergolong lama di Jogja. 

Fasilitas di lokasi ini pun sesungguhnya merupakan fasilitas untuk pacuan kuda. Selain berfungsi sebagai tempat di mana kuda dilatih oleh para pelatihnya juga menjadi tempat ajang pacuan kuda. Hanya saja pacuan kuda ini hanya sesekali digelar.

rumah-berkuda1.jpg

Pacuan Kuda di Pikatan Stable ini sendiri merupakan salah satu acara yang cukup menarik untuk disaksikan. Namun, di saat tidak ada pacuan kuda, wisatawan bisa melihat dan belajar mengenai kuda jika berkunjung ke lokasi ini. Tempat ini juga menerima beberapa orang yang ingin belajar mengenai teknik menunggang kuda yang baik.

Kuda yang berada di lokasi ini adalah kuda-kuda pacu yang terawat dengan baik. Selain kuda pacu masih ada juga beberapa kuda lain yang dilatih untuk beberapa kekhususan tersendiri.

3. Rumah Berkuda

Lokasi wisata berkuda yang ketiga ini juga masih berada di wilayah Bantul. Tepatnya berada di Jalan Monumen Perjuangan TNI AU, Ngotho, Bantul. Sekitar 1 km dari Terminal Giwangan ke arah selatan. Berdampingan dengan Warung Koboi Cengeng: Jangan Kampungan.

Rumah Berkuda Jogja merupakan sebuah tempat sekolah berkuda yang ada di Yogyakarta yang cukup menarik untuk dikunjungi. Di tempat ini wisatawan bisa berlatih dan mengenal tentang olah raga berkuda.

rumah-berkuda2.jpg

Tempat berkuda yang satu ini tidak terlalu besar, tapi cukup luas untuk dapat memungkinkan kita belajar berkuda. Berada di "tengah sawah." Sehingga saat belajar berkuda, jika udara cerah, bisa melihat pemandangan sawah menghijau dengan latar belakang Gunung Merapi.

Selain itu, lokasi yang berdampingan dengan Warung Makan Koboi Cengeng, memudahkan wisatawan yang datang untuk menikmati menu kuliner yang khas. Konsep warung ndeso dengan jargon Koboi Cengeng makin pas dengan wisata kuda di sebelahnya.

Kendati warung Koboi Cengeng dan Jogja Berkuda berbeda pemilik, ternyata mereka bisa berkolaborasi dalam konsep wisata. Aneka aksesoris gaya Koboi disediakan di warung ini dan bisa dipakai untuk berfoto dengan kuda di Rumah Berkuda.

4. Bale Kuda Sable

Tempat keempat untuk wisata kuda berada di daerah Sleman. Namanya Bale Kuda Stable. Lokasi tepatnya berada di Jalan Cebongan 15, Tirtoadi, Mlati, Sleman. 

Tempat ini buka setiap hari. Wisatawan bisa menikmati wisata berkuda dengan beragam paket. Bale Kuda Stable juga menyediakan field trip yang biasanya diikuti oleh anak-anak. Di sini, mereka diajari cara merawat kuda, mengenal perlengkapan kuda, dan menunggang kuda.

Bale Kuda Stable menawarkan enam paket untuk perjalanan menunggangi kuda. Enam paket tersebut dijual seharga Rp 20 ribu hingga Rp 250 ribu, sesuai dengan panjang rute menunggang kuda.

Misalnya menungang kuda dua kali putaran di paddock seharga Rp 20 ribu. Jika ditambah perjalanan menyusuri sungai dihargai Rp 75 ribu.

rumah-berkuda4.jpg

Kemudian perjalanan menyusuri Selokan Mataram selama 20 menit, dihargai Rp 100 ribu. Jika ditambah perjalanan menyusuri sungai, dihargai Rp 200 ribu.

Lalu ada paket perjalanan menyusuri Selokan Mataram selama 45 menit seharga Rp 200 ribu. Dan jika ditambah perjalanan menyusuri sungai, menjadi Rp 250 ribu.

Sedang untuk kegiatan field trip, wisatawan harus merupakan rombongan yang berjumlah minimal 20 orang, dengan membayar Rp 35 ribu per orang.

rumah-berkuda5.jpg

Di Bale Kuda Stable, hanya terdapat tiga ekor kuda. Oleh sebab itu, dalam kegiatan seperti field trip, wisatawan tidak dapat berangkat sekaligus dengan menunggangi kuda ke tempat tujuan, melainkan harus menunggu giliran setelah penunggang lain selesai berpetualang.

Itulah beberapa tempat berkuda di Jogja yang bisa Anda kunjungi. Jadi, Jogja bukan hanya Malioboro, Keraton dan Candi. 

Mengunjungi dan menikmati sensasi dan pesona berkuda di Jogja memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi wisatawan. Wisata Berkuda ke Jogja saja! (*)

Pewarta :
Editor : Erwan Widyarto
Sumber :

Komentar Anda