Selamatkan Bayi Lampung

COWASJP.COM – Seorang bayi berusia 7 bulan dari Lampung terbaring lemah di Boston Children's Hospital. Baru seminggu lalu bayi ini tiba di Boston bersama kedua orang tuanya dan neneknya. Bayi ini menderita Spinal Muscular Atrophy, sebuah penyakit langka gangguan otot yang mematikan. 

Obat yang ada saat ini hanya memperlambat memburuknya kondisi tubuh. Dan harganya sekitar US$ 120.000 atau Rp 1,5 M untuk sekali suntikan. Untuk pengobatan selama setahun dibutuhkan enam kali suntikan, berarti perlu Rp 9 M. Siapa yang mampu?  

Berkat bantuan perusahaan farmasi Roche di Swiss, bayi dari Tanjung Karang ini diterbangkan ke Boston, bekerja sama dengan Boston Children's Hospital, salah satu rumah sakit anak terbaik di Amerika.

Roche menanggung tiket bisnis untuk keluarga si bayi, menyediakan apartemen, biaya hidup, transportasi dan obat-obatan selama di Boston. Si bayi dijadwalkan akan dirawat selama dua tahun di Boston, walaupun rata-rata usia penderita penyakit ini tidak lebih dari 18 bulan. 

Mengapa Roche dan Boston Children's Hospital bersedia menghabiskan jutaan dolar untuk seorang bayi dari Lampung? Hasil perawatan dan penelitian terhadap bayi ini akan membantu para dokter, perusahaan farmasi dan saintis untuk mencari obat yang ampuh untuk melawan penyakit langka dan mematikan ini.

Dan itu berarti berusaha menyelamatkan umat manusia dari penyakit ini. Mata saya berkaca-kaca melihat bayi ini, terharu dengan perjuangannya melawan penyakitnya, walaupun dia masih bisa tersenyum. Mudah2an Allah SWT memperpanjang usianya. Amin. (*)

Pewarta :
Editor : Irawan Nugroho
Sumber :

Komentar Anda