Bupati Lumajang Thoriqul Haq Terpilih Jadi Nahkoda IKA PMII Jatim 2022-2027.

Cak Thoriq bersama istri dan 3 buah hatinya. (FOTO:akun facebook Thoriqul Haq - lumajangsatu.com)

COWASJP.COM – BANGKALAN. Bupati Lumajang Thoriqul Haq akhirnya terpilih secara aklamasi sebagai nahkoda Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) Jawa Timur periode 2022-2027, pada Musyawarah Wilayah (Muswil) di gedung Restu Ibu Kabupaten Bangkalan, Senin (10/1/2022) sekitar pukul 11.45 WIB.

“Thoriq Haq terpilih secara aklamasi," ujar mantan Ketua IKA PMII H. Amin Said Husni.

Mantan Bupati Bondowoso dua periode itu menjelaskan Muswil digelar selama 2 hari. Pembukaan Muswil dilaksanakan di Gedung Negara Grahadi Surabaya. Sedangkan rapat pleno selanjutnya digelar di Kabupaten Bangkalan.

Dalam rapat pleno pemilihan ada beberapa kandidat yang diusulkan menjadi ketua IKA PMII Jatim. Sempat muncul nama ketua IKA PMII Bangkalan selain Thoriqul Haq. Akan tetapi yang diusulkan tersebut justru mencalonkan Bupati Lumajang. Akhirnya pimpinan pleno oleh PB IKA PMII memutuskan  Thoriqul Haq  yang juga Kasatkorcab Banser Lumajang itu terpilih secara aklamasi.

Sementara itu, Ketua IKA PMII Tulungagung Khoirudin Abbas mengatakan, kandidat yang muncul sebelum Muswil, mayoritas dari kalangan politisi dan birokrasi. Mereka dinilai sudah mempunyai kemampuan dalam segala hal. 

Kandidat yang mencuat: Badrut Tamam (Bupati Pamekasan)

Anwar Sadad (Wakil Ketua DPRD Provinsi Jatim)

Thoriqul Haq (Bupati Lumajang)

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa

Ketua PKK Provinsi Jatim Arumi Bachsin. 

Arumi Bachsin disebut-sebut pantas menduduki kursi Ketua IKA PMII Jatim lima tahun ke depan. Namun nama istri Wakil Gubernur Jatim itu tersisih oleh Bupati Lumajang Thoriqul Haq  yang terpilih secara aklamasi.

“Kami berharap IKA PMII Jatim di bawah kendali Cak Thoriq bisa membawa kemajuan PMII di segala bidang, dan distribusi kader sesuai dengan skill masing-masing,” kata Khoirudin Abbas. 

thoriq.jpg1.jpg

Hal senada juga diungkapkan Abdul Aziz, ketua IKA PMII Blitar Raya. Menurutnya  Thoriqul Haq itu figur tokoh muda NU yang penuh harapan. Punya keberanian, punya kecerdasan, ketegasan sekaligus jiwa santri yang santun. 

Karakternya terbentuk antara PMII dan sebagai kader Ansor serta komandan Banser tentu memiliki jiwa semangat juang yang militan terhadap NU.

"Saya kira figur Cak Thoriq yang terkenal dengan cekatannya akan membawa IKA PMII merajut hubungan lagi dengan semua komponen NU dan akan menjadikan IKA PMII dan keluarga IKA PMII berkontribusi untuk masyarakat." kata  Abdul Aziz yang barusan mendapatkan IKAPMII award dalam kategori Good Inovative.

Aziz mengungkapkan, prestasi Thoriq baik sebagai bupati maupun pemimpin muda sangat mangagumkan. Kecepatan kerjanya patut dibanggakan. Dan ada beberapa kali ketegasannya membuat masyarakat terkesima, masyarakat kagum terhadap kepemimpinan Thoriq.

"Saya kira IKA PMII akan banyak berkuntribusi pada masyarakat. Khususnya  masyarakat Jatim," tambah Aziz yang kini juga menjadi Ketua DPC PPP Kab. Blitar ini. (*)

Pewarta : Imam Kusnin Ahmad
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda