Perkuat Perzakatan Nasional, Baznas Gandeng LAZ Lima Ormas Islam

Prof Bambang Sudibyo (tengah) menggelar konferensi pers usai penandatanganan kerjasama dengan 5 LAZ dari ormas Islam.(Foto; Joko Intarto/CoWasJP)

COWASJP.COM – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) pagi tadi (20/2/2018) melakukan penandatanganan kerjasama dengan lima lembaga amil zakat (LAZ) berbasis ormas Islam di Kantor MUI Pusat, Jakarta. Ini babak baru kolaborasi antara Baznas dengan organisasi pengelola zakat yang bergabung dalam Poroz.

Kelima LAZ berbasis ormas Islam yang bekerja sama dengan Baznas adalah Lazisnu (Nahdlatul Ulama), Lazismu (Muhammadiyah), LAZ Dewan Dakwah (DDII), BMH (Hidayatullah), LAZ Wahdah Islamiyah (Wahdah Islamiyah).

Ketua Baznas Prof Bambang Sudibyo menyampaikan rasa gembiranya bisa menjalin kerjasama dengan lembaga zakat berbasis ormas Islam.

"Semangat undang-undang perzakatan adalah mengutamakan LAZ milik ormas Islam," kata Bambang.

LAZ berbasis ormas Islam, lanjut Bambang, merupakan partner strategis bagi Baznas. Sebab, LAZ inilah yang memiliki jaringan sampai desa-desa. Dengan jaringan yang sangat luas, program penghimpunan dan pendistribusian bisa dilakukan dengan efektif.

"Baznas tidak mungkin bisa menyalurkan zakat, infak dan sedekah sendirian. Baznas harus menggandeng banyak pihak. Di situlah peran penting LAZ berbasis ormas Islam," papar Bambang.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Prof Dr Ma'ruf Amin, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi terkait kerjasama tersebut. "MUI ingin agar kelembagaan zakat bisa diatur dengan baik. Jangan ada benturan," kata Makruf. (*)

Pewarta : Joko Intarto
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda