Geliat PT Astana Shoga Asia (3)

Buyer: It's Jumbo Avocado, You Know

Mr David saat terpeseno dengan buah alpukat yang ada di Jawa Timur. (Foto-Foto: CoWasJP)

COWASJP.COM – Senin 12 Februari 2018. Perjalanan hari keempat tim survey PT Astana Shoga Asia bersama buyer Singapura dilaksanakan. Sasaran pertama kami mengarah di lereng Gunung Kelud. Ke kebun alpukat dan nanas. 

Di tempat itu, kami menggali potensi panen dua komoditi tersebut. Untuk nanas, ada beberapa jenis yang ditawarkan. Namun dari sisi performance, buyer Singapura lebih suka nanas madu lokal. Warnanya hijau dan bentuknya besar. "If to see the body is interesting but taste is not to sweet, more sweet pinneapple from Serawak," katanya. 

nenas.jpg

Masih di tempat tersebut, kami bergeser ke sentra alpukat. Di tempat ini kami bertemu dengan pemilik 17 pohon alpukat. Namanya Marshudi. Saat melihat buah alpukat di tempat Marshudi, si buyer sempat terkesima. Sebab bentuknya sangat besar dan kulitnya pun halus. "I think is new varietas for avocado. It’s big avocado," ucapnya sambil mengambil foto-foto alpukat yang masih belum dipanen. 

alpukat.jpg

Marshudi mengungkapkan, alpukat miliknya memang menjadi primadona di pasar yang dia pasok. Satu buah alpukat tua beratnya bisa mencapai 1,5 kg. Untuk membuktikannya, Marshudi pun diminta si buyer untuk memetik beberapa alpukat, meski usianya masih muda. "It's ok. I want to know how much weight if avocado still young," ungkapnya. 

Dari hasil timbangan, hasilnya sangat mengejutkan. Satu buah alpukat beratnya 550 gram. Padahal alpukat baru akan dipanen 1,5 bulan lagi. "Wow... it’s amazing. It's jumbo avocado, you know," ucap si buyer. Usai terkesima dengan alpukat, kami mengajak buyer bergeser ke utara, tapi masih berada di lereng Gunung Kelud. Di tempat tersebut, kami mengunjungi sentra buah manggis. 

manggis.jpg

Sukemi, pemilik 100 pohon manggis, saat itu tengah panen. Si buyer pun tak ingin melewatkannya. Dia foto cara panennya. Dia timbang beratnya. "I think manggoestin is good. I look skin it's oke, weight is no problem. We can try this to export Singapore," katanya. 

Dan, perjalanan hari ini berakhir kembali di Kertosono. Besok pagi...kami akan melanjutkan perjalanan ke Gunung Bromo. Melihat potensi kentang dan kubis. Bagi yang ada di kawasan Bromo, bisa bergabung untuk menunjukkan potensi lahan kentang dan kubis. Besok hari terakhir kunjungan buyer Singapura ke Markas PT Astana Shoga Asia. (Bersambung)

Pewarta : Timur Pradopo
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda