Timnas Sepakbola Indonesia

Perlu Berapa Ratus Miliar untuk Kembali Berjaya?

ILUSTRASI: Timnas PSSI (Foto: Okezone)

COWASJP.COM – Tidak ada kata terlambat untuk berbenah. Tidak ada kata terlambat untuk insaf bahwa apa yang telah dilakukan selama 26 tahun lebih belum berbuah prestasi membanggakan.

Ya, selama 26 tahun lebih PSSI masih gagal juara. Kami tidak mengatakan gagal total karena 2014 Timnas U-19 masih bisa juara Piala AFF (ASEAN Football Federation). Namun, di pentas SEA Games terakhir kali juara 1991. Di level Timnas Senior gagal total.

Belum pernah ada data valid berapa miliar rupiah yang telah dibelanjakan PSSI untuk Timnas (tim nasional) sejak 1992 sampai awal 2018? Total selama 25 tahun terakhir.

Karena data valid tidak tersedia, dan PSSI memang tidak pernah mengumumkan jumlah dana Timnas per tahun, maka mau tidak mau kita hanya bisa menaksir atau memperkirakan.

Kalau rata-rata per tahun dibutuhkan dana (kurs sekarang) Rp 15 miliar, maka dalam 25 tahun telah dihabiskan dana Rp 375 miliar. Kalau lebih dari itu, tinggal mengalikan.

Hasilnya hanya satu kali juara Piala AFF U-19. Betapa mahalnya bagi sepakbola Indonesia!

Jangan dibandingkan dengan nilai transfer megabintang kelas dunia yang triliunan rupiah. Fokuskan mata kita ke Bumi Nusantara yang setahun cukup dengan Rp 25 miliar untuk membiayai satu klub Liga 1 per satu musim kompetisi. Bahkan ada satu klub Liga 1 yang hanya bermodal Rp 10 miliar.

Maka, sangat bisa dipahami bila para suporter Timnas Indonesia kini mendesak Ketua Umum Edy Rahmayadi melakukan Revolusi PSSI. Tuntutan ini mereka teriakkan saat Indonesia Selection melakukan pertandingan persahabatan versus Timnas Islandia (negara berpenduduk 380 ribu jiwa) yang sukses kali pertama menembus putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia nanti.

ketua-umum-pssi.jpg

Mereka seakan menuntut agar PSSI mencontoh sukses luar biasa Islandia.

Di pentas Euro 2016, Islandia juga sukses menembus perempat final (8 Besar) kali pertama. Kini Islandia lolos ke putaran final Piala Dunia, ketika Timnas Belanda terkapar 

Perlu berapa tahun dan dana berapa ratus miliar rupiah lagi bagi PSSI untuk menghasilkan Timnas yang sering juara di kawasan ASEAN? Kemudian sukses menembus 8 Besar Piala Asia?

Berarti kompetisi dan turnamen sepakbola nasional yang selama ini digelar gagal melahirkan Timnas juara Asia Tenggara dan papan atas Asia. 

Di mana letak kekurangannya? Menelaah masalah ini secara mendalam dan mendapatkan kesimpulan plus solusinya, berarti PSSI telah menciptakan fundamen revolusi sepakbola Nusantara.

Kadang kita terbayang, eh ternyata yang paling hebat dari sepakbola Indonesia adalah para suporternya. Di tengah paceklik prestasi puluhan tahun pun jutaan suporter tetap mendukung klub-klub kesayangannya di stadion. Puluhan ribu suporter juga setia menyemangati Timnas Indonesia di Stadion Gelora Bung Karno. Luar biasa!

Apakah PSSI tidak tergetar untuk mempersembahkan Timnas yang hebat pula di pentas Asia Tenggara dan Asia? Perlu berapa ratus miliar dan berapa tahun lagi untuk menjadi underdog? (*)

Pewarta :
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda