Alfamart Berdayakan Masyarakat

Bikin Pelatihan Budi Daya

Hasil olahan jamur tiram seperti nugget, siomay, pentol, sate dan lain lain. (Foto: CoWasJP)

COWASJP.COM – PT Sumber Alfaria Trijaya pengelolah jaringan minimarket Alfamart menggelar pelatihan Budi Daya Jamur dan Ikan Lele di LPI Al Ghoffar Jumat (15/12).

Sebanyak 50 orang santri dan jamaah dibekali cara berbudi daya jamur tiram  yang potensi pasarnya cukup besar. "Budi daya jamur cukup mudah karena proses pengembangannya hanya melalui media log dan tidak diperlukan lahan yang luas. Hanya dalam waktu 35 hari sudah panen," kata Amaluddin, pemateri pelatihan pemberdayaan.

JAMURC.jpg

Saat ini, harga jamur tiram cukup lumayan sekitar Rp 15 ribu hingga Rp 17 ribu. "Selain buat lalapan, jamur tiram bisa dipakai nugget, es krim, sate, kripik dan lain lain. Jadi bisa dijadikan industri kreatif di bidang food," terangnya.

Regional Corcom Manager PT SAT Mochammad Faruq Asrori menyebutkan jika pelatihan ini merupakan salah satu program CSR Alfamart. "Kami harapkan dengan pelatihan ini bisa memberdayakan masyarakat. Jenis pelatihan yang dilakukan yang bisa menambah income bagi masyarakat," ungkapnya.

JAMUR1.jpg

Sebelumnya sejumlah pelatihan yang udah dilakukan seperti pembuatan souvenir berbahan baku limbah koran, membatik, bikin payung, dan lain lain.

Dikatakan pelatihan pemberdayaan ini merupakan implementasi kegiatan CSR yang pernah diminta Wapres Jusuf Kalla. Yakni perusahaan harus kreatif membuat kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat seperti pelatihan dan pemberdayaan yang mampu menggerakkan ekonomi masyarakat kecil. (*)

Pewarta :
Editor :
Sumber :

Komentar Anda