Dewanti yang Dinanti

Dewanti dan Punjul (Foto: istimewa)

COWASJP.COM – ockquote>

O l e h: Sukma

---------------------

MUNCULNYA nama Dewanti Rumpoko sebagai bakal calon Walikota Kota Wisata Batu, menghangatkan kesejukan malam itu. Topik “Bu Dewanti calon pengganti Pak Eddy Rumpoko” menyeruak di banyak sudut kota seluas 202,30 km persegi itu.

Sejak Ketua DPD PDIP Kota Batu, Suliadi melansir kabar turunnya rekom DPP PDIP kepada Dewanti dan Punjul sebagai bakal pasangan Walikota dan Wakil Walikota Batu, Jumat (2/9) lalu, memupus spekulasi banyak pihak tentang siapa calon pengganti Eddy Rumpoko. Di sejumlah media, Dewanti baru berkomentar pendek. Intinya, dia siap melaksanakan tugas dan amanah partai. 

Jauh sebelum rekom turun, ya, tepatnya sebulan lalu, Dewanti masih enggan berbicara tentang pencalonannya sebagai wakilota Batu. Ketika itu, dalam suasana santai di soft-opening Pupuk Bawang Cafe & Dining, yang terletak di samping kanan Balaikota Among Tamu, Dewanti lebih memilih berbicara topik lain.

Termasuk, antusias ketika berbicara tentang suaminya, Eddy Rumpoko. “Mas Eddy itu pekerja keras. Kalau sudah bekerja, bisa lupa segalanya. Tetapi soal keluarga, beliau sangat perhatian,” ujar Dewanti memuji sang suami.

Menyandang gelar S2 Psikologi Pendidikan, aktif mengajar di Unmer, menjadikan Dewanti sosok intelektual yang kapabel. Meski begitu, ia mengaku tidak pernah mencampuri pekerjaan suami. “Kami masing-masing sudah sangat kenal luar dalam. Saya paham karakter mas Eddy, dan beliau pun paham karakter saya,” kata Dewanti.

Itu bukan berarti keduanya tidak pernah berdiskusi tentang banyak hal. Bukan berarti pula, Dewanti dan Eddy Rumpoko tidak pernah berdebat. “Kami demokratis. Tetapi urusan pekerjaan, beliau cenderung tidak melibatkan saya. Sebaliknya, saya pun tidak berusaha melibatkan diri dalam rutinitas pekerjaan suami.

dewanti-rumpokodewantimasrifahVrkj5.jpg

Dewanti Rumpoko (kanan) dan Eddy Rumpoko. (Foto: blogspot)

Kami saling tahu. Bahkan, saya bisa tahu dari ekspresi beliau ketika sedang ada masalah. Begitu beliau diam, saya juga diam,” ujar peraih Kirana Award (2009) itu.

Bagaimana hal-ihwal interaksi Dewanti dengan masyarakat Kota Wisata Batu? 

Dewanti mengaku ada blessing in disguise, di tengah kesibukan Eddy Rumpoko, dan kesulitannya mengatur waktu, maka Dewanti muncul mengisi kekosongan itu. Sebagai Ketua PKK sekaligus istri Walikota Batu, Dewanti tidak jarang mewakili suami memenuhi undangan masyarakat. Awalnya, dia merasa tidak nyaman, tetapi kemudian dia tahu, bahwa dalam banyak hal, masyarakat Batu justru merasa nyaman manakala yang mewakili Walikota, adalah istri Walikota sendiri.

Dewanti kini, tidak sekadar Ketua PKK. Dewanti kini, adalah bakal calon Walikota. Wanita berbintang sagitarius itu, kini tengah menatap amanah dengan serius. Berbagai dukungan yang sudah mengalir jauh sebelum rekom partai banteng bermoncong putih itu turun, adalah sebuah sinyal. Sinyal harapan masyarakat agar Dewanti berkenan melanjutkan kepemimpinan fenomenal sang suami dalam memajukan Batu. Dewanti, sosok calon wakilota yang dinanti. ***

Pewarta :
Editor :
Sumber :

Komentar Anda