BMW Listrik Masuk Indonesia

BMW listrik iX1 (Foto: BMW Indonesia)

COWASJP.COM – BMW Group Indonesia segera menjual model entry level, atau varian termurah mobil listriknya di Indonesia. Harga Rp 500 juta-an.

Mobil BMW listrik entry level yang dimaksud ialah iX1. Jenis SUV listrik yang paling murah dari BMW. Mobil 5-penumpang ini sudah diluncurkan sejak 2 Juni 2022.

Model selanjutnya yang akan dibawa ke Indonesia adalah BMW i5, sedan listrik dari seri 5. Mobil ini resmi diperkenalkan sejak Mei 2023.

Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia dalam keterangannya, menyatakan:

"Ke depan, BMW Group Indonesia bersemangat untuk mengingatkan lebih banyak pelanggan akan komitmen BMW terhadap keberlanjutan dan kemewahan dengan peluncuranBMWiX1 danBMWi5 yang akan datang di Indonesia." 

Menilik kemampuannya, mobil BMW iX1 xDrive30 menyelesaikan sprint 0 hingga 100 km/jam (62 mph) dalam 5,7 detik. Di atas kertas mobil ini menggunakan dua motor elektrik, hasilnya bisa memuntahkan tenaga 272 PS dengan torsi 494 Nm yang disalurkan melalui sistem pengerak electric all wheel drive.

Soal jarak tempuh, BMW iX1 xDrive30 bisa melaju hingga 438 km untuk sekali cas berdasarkan standar WLTP. Ini berkat baterai berjenis lithium-ion dengan kapasitas 64,7 kWh.

Lalu BMW i5 tersedia dalam dua opsi, yakni eDrive40 dan M60 xDrive. Keduanya punya spesifikasi yang berbeda.

BMW i5 M60 xDrive merupakan trim teratas dengan mua torsi yang dihasilkan hingga 820 Nm saat M Sport Boost atau fungsi M Launch Control diaktifkan. 

BMW i5 eDrive40 menghasilkan output maksimum 340 hp dan torsi maksimum hingga 430 Nm dengan fungsi Sport Boost atau Launch Control. BMW i5 eDrive40 berakselerasi dari nol hingga 100 km/jam dalam 6,0 detik, kecepatan tertingginya adalah 193 km/jam. 

Berdasarkan data penjualan kendaraan listrik premium di Indonesia, sepanjang Januari hingga Mei 2023, BMW Group Indonesia dengan BMW i4, BMW iX, dan MINI Electric memegang 77% pasar kendaraan listrik premium di Indonesia dibandingkan dengan kompetitornya.

"Di BMW, kami sangat percaya bahwa kemewahan dan keberlanjutan hidup berdampingan. Kami tidak menganggap pencapaian kami dengan kendaraan listrik (EV) sebagai kesuksesan sesaat, tetapi sebagai batu loncatan menuju masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan bagi kita semua. Rangkaian model BMW yang luar biasa menginspirasi pelanggan kami di Indonesia, terutama dengan hadirnya varian kendaraan full listrik BMW," jelas dia. (*)

Pewarta : Djono W. Oesman
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda