Mobil Bekas

Calya Kuntet Saat Penuh

Mobil Toyota Calya (Foto: Toyota Astra Motor)

COWASJP.COM – Toyota Calya, mobil berkapasitas 7 penumpang. Harga barunya di bawah Rp 200 juta. Punya beberapa kelebihan seperti bahan bakar irit dan perawatan yang mudah. 

Namun, beberapa masalah juga mengintai pemilik Toyota Calya. Antara lain, jadi kuntet, memendek, saat diisi penumpang penuh. Akibat suspensi ambles.

Generasi pertama Calya sebelum facelift (2016-2018) memiliki masalah suspensi yang ambles saat mobil penuh. Namun, masalah ini sudah diperbaiki oleh Toyota Indonesia melalui facelift pada tahun 2019.

Selain itu, ada beberapa kelemahan lain seperti AC yang tidak sampai baris ketiga, sehingga penumpang baris ketiga sering kepanasan. Mobil juga memiliki plat body yang tipis dan bisa penyok saat terkena benda. Setir juga sering mengeluarkan bunyi saat berbelok. 

Mesin Calya juga sering cepat panas dan harus diterima dengan cairan khusus. Selain itu, buangan air AC dibuang ke arm roda depan yang bisa merusak bagian tersebut, serta air circulator yang berisik.

Untuk mengatasi masalah-masalah ini, pemilik Toyota Calya harus melakukan perawatan yang baik pada mobil, terutama pada mesin dan sistem AC. (*)

Pewarta : Djono W. Oesman
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda