Tunggu... Ayla-Agya Baru

Mobil Ayla terbaru. (Foto: Jawa Pos)

COWASJP.COMCowasJP - Toyota dan Daihatsu siap untuk membuat pembukaan tahun yang memukau dengan mobil baru mereka yang akan memanasi segmen LCGC (Low Cost Green Car) melalui dua model baru Agya-Ayla generasi terbaru.

Meskipun belum ada bocoran informasi tentang rencana kemunculan Agya-Ayla terbaru, di Malaysia, Perodua sudah mengumumkan kehadiran generasi terbaru Axia, yang merupakan nama lain dari Ayla.

Kedua, Toyota dan Daihatsu sudah mengirimkan siaran pers, yang menunjukkan bahwa mobil kembar ini akan diluncurkan minggu depan, sebelum Indonesia International Motor Show 2023.

Berdasarkan gambar Perodua yang beredar, Agya-Ayla baru akan mengalami perubahan yang signifikan. Wajahnya akan memiliki tambahan lampu LED dan DRL yang membuatnya terlihat lebih futuristik. Secara keseluruhan, tampilan Agya-Ayla akan mirip Daihatsu Sirion namun dengan dimensi yang lebih kecil dan terlihat lebih dewasa dan matang.

Untuk bagian kabin, mobil kembar ini akan menawarkan nuansa dan desain dasbor seperti Daihatsu Rocky, sehingga tidak hanya tampilan luarnya yang berubah signifikan, tetapi juga interior.

Dibuat oleh Daihatsu, baik untuk pasar Malaysia maupun Indonesia, Axia, Ayla, dan Agya terbaru akan mengusung platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Mesinnya akan mengandalkan mesin 1KR-VE dengan kapasitas 1.000cc VVT-i yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 67 Hp dan torsi 91 Nm.

Untuk fitur-fiturnya, Perodua Axia di Malaysia sudah dilengkapi dengan rem ABS dengan EBD dan BA, Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Traction Control (TRC), Solar & Security Window Film, dan 6 airbag. Mobil juga akan dilengkapi dengan Perodua Smart Drive Assist (PDSA), yang serupa dengan fitur Advanced Safety Assist (ASA) pada mobil Daihatsu.

Apakah benar Agya-Ayla akan diluncurkan di Indonesia minggu depan? Jika benar, Honda Brio harus siap untuk menghadapi lawan tangguh baru. (*)

Pewarta : Djono W. Oesman
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda