Menlu: Keamanan Jalur Ro-Ro Davao-Bitung Diutamakan

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi​ saat jumpa pers usai pertemuan. (Foto: istimewa)

COWASJP.COM – ockquote>

O l e h: Erwan Widyarto

---------------------------------

SELAIN kunjungan ke Manila, Presiden Joko Widodo juga akan berkunjung ke Davao. Di sana, Presiden Joko Widodo bersama dengan Presiden Duterte meresmikan pembukaan rute pelayaran laut Roll-on Roll-off (Ro-Ro) Davao-General Santos-Bitung.

BACA JUGA: Kerja Sama Pelayaran Indonesia-Filipina Perkuat Konektivitas ASEAN

Peresmian ini diharapkan dapat dimanfaatkan secara optimal dalam memajukan sub kawasan, baik dari aspek konektivitas, perdagangan, pariwisata hingga people to people contact antara Indonesia-Filipina maupun ASEAN.

BACA JUGA: Konektivitas Davao City-Bitung Segera Terwujud

"Adanya Ro-Ro ini, mendukung pembangunan Indonesia dari Timur dan mendukung ASEAN Connectivity. Karena kita sudah memiliki master plan ASEAN Connectivity," kata Retno.

Namun, faktor keamanan di wilayah perairan tersebut juga penting untuk dibahas kedua negara. Mengingat jalur kapal Ro-Ro Davao-General Santos-Bitung tidak jauh dengan wilayah perairan Sulu yang rawan, tepatnya berada di sisi sebelah barat jalur Ro-Ro.

"Sebenarnya penting untuk meyakinkan perairan itu aman. Teknis bisa saja dengan pengawalan-pengawalan. Tentu hal itu dengan dukungan dan kita perlu antisipasi dari jauh," ujar Retno menambahkan. (*)

Pewarta :
Editor :
Sumber :

Komentar Anda