Ketika Iwan Fals Lantunkan Hymne Pramuka

Iwan Fals saat duet dengan Wagub Jatim Syaifullah Yusuf dalam konser . (Foto: Arif Afandi/CoWasJP)

COWASJP.COM – ockquote>

O l  e h: Arif Afandi

--------------------------

Apa yang terjadi jika Iwan Fals manggung untuk Ulang Tahun Pramuka ke 55? Musisi legend inipun mengajak ratusan ribu penonton menyanyi himne Pramuka. Juga menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. 

Peristiwa langka ini terjadi di lapangan Makodam Brawijaya, Surabaya, 6/11. Disaksikan Gubernur Jatim Soekarwo, Wagub Syaifullah Yusuf, dan Pangdam Brawijaya Mayjen TNI I Made Sukadana, Iwan seakan kembali mengenang saat menjadi penggalang.

arif-1OnTJf.jpg

"Jadi teringat saat-saat jadi Penggalang. Ingat tenda dan jambore," kata Iwan Fals disambut tepuk tangan penonton dengan penuh semangat. Selain anggota Pramuka Jatim berseragam, puluhan ribu anggota OI (Orang Indonesia) bersatu dan berbaur bersama.

arif-3zXNq4.jpg

Bagi Pramuka Jatim --bahkan di Indonesia-- inilah peringatan ulang tahun kali pertama dimeriahkan dengan menggelar konser Iwan Fals. Sebelumnya, di tempat yang sama, atas inisiatif Gus Ipul, Pramuka Jatim juga mengundang Slank untuk acara Pramuka.

"Kami ingin mensosialisasikan kedisiplinan, cinta negara, dan suka menolong dengan cara gaul," kata Ketua Kwarda Pramuka Jatim Gus Ipul. Cara Gus Ipul merivitalisasi Pramuka Jatim ini dipuji Pakde Karwo --panggilan akrab Gubernur Jatim. "Ini menjadikan Pramuka Jatim jadi terbaik di Indonesia," katanya.

Setelah mengajak seluruh penonton menyanyi Lagu Indonesia Raya dan Hymne Pramuka, Iwan dan bandnya langsung menggebrak dengan lagu buku Ini Aku Pinjam. Seakan ingin mengenang masa-masa menjadi Pramuka, lagu itu dilanjut dengan Ku Menanti Seorang Kekasih, dan Maaf Cintaku.

arif-27sQpi.jpg

Sesekali setiap jeda menyanyi, Iwan masih mengajak penonton tepuk pramuka. Itu dilakukan beberapa kali. Ada 17 lagu dinyanyikan Iwan dan Band selama konser 55 Pramuka. Tak lupa, Iwan Juga menyanyikan lagu Bento dan Pramuka.

Di usia 55 tahun, Iwan masih sangat luar biasa. Ia bisa menyanyikan semua lagu itu dengan bersemangat tanpa henti. Hanya sesekali jeda saat ganti lagu. Juga tidak terlalu banyak kata ia ucapkan sebagai pengantar lagu. "Ya umur 55 tahun beda dengan saat masih 28 tahun. Haus juga?," kata dia ketika menyelesaikan separo dari 17 lagu yang dinyanyikan.

Di atas pasir senja pantai kuta.

Saat kau rebah di bahu kiriku.

Helai rambutmu halangi khusukku.

Nikmati ramah mentari yang pulang.

Seperti mata dewa 3x.

Aku berdiri tinggalkan dirimu.

Waktu sinarnya jatuh di jiwaku.

Gemuruh ombak sadarkan sombongku.

Ajaklah aku wahai sang perkasa.

Seperti mata dewa 4x.

Yang menangis tinggalkan diriku.

Yang menangis lupakanlah aku 2x.

arif-4KXjrp.jpg

Senja di hati.

Lidah gelombang jilati batinku.

Belaian karang sampai ke jantungku.

Hingga matahari ajak aku pergi.

Kasihku tulus setulus indahmu.

Seperti mata dewa 4x.

Yang menangis tinggalkan diriku.

arif-5Jnkrx.jpg

Yang menangis lupakanlah aku 2x.

Senja di hati.

Di ujung konser, Iwan menutup dengan lagu Kemesraan.

 Sungguh, ini konser gratis Iwan Fals yang keren. Tentu juga karena Pramuka Jatim yang keren. *)

Pewarta :
Editor :
Sumber :

Komentar Anda