Hasil kerjasama Menhan RI - Filipina

Bebas 3 WNI, 1 WNA Sandera Abu Sayaf

Menhan Ryamirzad Ryacudu (kiri) dan Panglima AB Filipina. (Foto: istimewa)

COWASJP.COM – ockquote>

O l e h: Ferry Is Mirza

------------------------------

MENINDAKLANJUTI pembicaraan antara Presiden Joko Widodo dan Presiden Filipina Rodrigo Duterte saat berkunjung ke Jakarta, pekan lalu, Menhan RI Ryamirzad Ryacudu, kemarin di Manila bertemu dengan Menhan Filipina, Sec Delfin Lorenzana yang didampingi oleh Panglima AB Filipina beserta para kepala staf angkatan Filipina.

Dalam pertemuan tersebut fokus pembicaraan adalah menindaklanjuti hasil kesepakatan Joint statement antara Presiden Jokowi dan Presiden Duterte, serta mematangkan mekanisme rencana operasi darat gabungan Indonesia-Filipina.      

Pertemuan tersebut dilanjutkan dengan pembahasan upaya pembebasan sandera WNI yang masih ditahan oleh kelompok Abu Sayyaf Group (ASG). Angkatan Bersenjata Filipina terus meningkatkan pengerahan pasukan dalam operasi di pulau Jolo untuk pembebasan para Sandera.  

Setelah pertemuan itu, Menhan Ryamirzad Ryacudu langsung menuju Zamboanga untuk menemui Panglima Mindanao Barat, Letjen Mayoralgo Dela Cruz. Upaya tersebut membuahkan hasil yakni 3 sandera WNI beserta 1 warga Norwegia telah dibebaskan oleh kelompok ASG. Menurut Ryamirzad Ryacudu, keberhasilan ini merupakan buah dari kerjasama yang konkret antar Kementrian Pertahanan dan Angkatan Bersenjata kedua negara.

"Ini merupakan wujud. tindak lanjut dari kesepakatan Trilateral Filipina, Indonesia dan Malaysia yang telah ditandatangi di Bali, beberapa waktu lalu," kata Ryamirzad Ryacudu melalui sambungan telepon dari kota Filipina Minggu pagi. (fim)

Pewarta :
Editor :
Sumber :

Komentar Anda