Sepakbola PON XX Papua 2021

Jatim Bantai Kaltim 5-1

Selebrasi Dwiki Mardiyanto usai mencetak gol ke-4 Jatim ke gawang Kaltim. (FOTO: istimewa)

COWASJP.COM – Tim sepakbola putrabJawa Timur (Jatim) menggila di babak Enam Besar PON XX Papua 2021. Tim polesan pelatih Rudy William Keltjes tersebut membantai tim Kalimantan Timur (Kaltim) dengan skor meyakinkan 5-1.

Bertanding di Stadion Barnabas Youwe, Sentani, Kabupaten Jayapura, Jatim unggul cepat melalui gol Dian Sasongko pada menit ke-6 dan M. Faisol Yunus pada menit ke-9. 

Namun, Jatim harus kehilangan penjaga gawang utama Dicki Agung Setiawan. Ia tidak bisa melanjutkan pertandingan setelah berbenturan dengan pemain Kaltim. Posisi Dicki digantikan Eko Saputro.

Kehilangan Dicki membuat gawang Jatim berhasil dijebol pemain Kaltim Agus Santoso pada menit 45+2. Skor 2-1 untuk Jatim bertahan hingga turun minum.

Jatim mengamuk pada paruh kedua. Permainan mereka lebih hidup. Serangan dari kedua sayap benar-benar mematikan. Membuat tim polesan Rahmat Hidayat ini kalang kabut. Penjaga gawang Kaltim, Agus Susanto sangat sibuk di paruh kedua. Beberapa kali ia berteriak kesal karena rekan-rekannya tidak becus menjaga pergerakan pemain Jatim.

gol1.jpgFOTO: istimewa.

Sebaik-baiknya Kaltim menggalang pertahanan, anak-anak Jatim selalu memiliki cara untuk membongkarnya. Jatim berhasil menambah tiga gol lewat brace Faisol Yunus pada menit ke-49, lantas dilanjut gol Dwiki Mardiyanto pada menit ke-58, plus satu gol bunuh diri Ramadhan Yoga Pratama menit ke-71. 

Skor 5-1 bertahan hingga wasit Mustofa Umarella (DKI Jakarta) meniup peluit panjang.

"Kami memiliki waktu 4 har untuk mempersiapkan diri melawan Kaltim. Kami sudah tahu gaya bermain mereka. Kami sudah mengantisipasinya," kata Rudy Keltjes selepas laga.

Rudy menyoroti gol semata wayang Kaltim di penghujung babak pertama. Eks pemain dan pelatih Persebaya Surabaya dan Niac Mitra ini meminta pasukannya tidak mengulang kesalahan serupa. Mereka kehilangan fokus menjelang turun minum. 

"Saya tidak suka itu. Anak-anak tidak boleh meremehkan lawan," tegasnya. (*)

Pewarta : Ayatullah RK
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda