Rilis DBL Indonesia

Fans Tak Perlu Khawatir, Ada 500 Tayangan Livestream Pertandingan

Foto: DBL Indonesia for CoWasJP.com

COWASJP.COM – Honda Developmental Basketball League (Honda DBL) 2021-2022 akan menjadi laga olahraga yang menghadirkan tayangan langsung terbanyak, dengan cakupan wilayah penyelenggaraan terluas di Indonesia. 

Dengan asumsi semua penyelenggaraan berjalan lancar, dan kondisi pandemi terus membaik. Penyelenggara telah menyiapkan lebih dari 500 pertandingan langsung untuk penyelenggaraan 2021-2022. 

Komitmen tayangan livestream ini diambil oleh penyelenggara untuk menekan jumlah pengunjung di stadion.

“Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah atas upaya penanganan Covid-19 yang angka infeksinya terus menurun. Sekarang, semakin banyak kabar baik yang muncul. Misalnya, sekolah di sejumlah lokasi yang mulai melakukan uji coba belajar di sekolah. Ini membuat kami di DBL Indonesia ikut senang. Kami berharap, berjalannya Honda DBL 2021-2022 ini juga bisa menjadi kabar baik untuk pelajar di seluruh Indonesia yang saat ini membutuhkan hiburan di tengah kondisi pandemi yang menantang," kata Azrul Ananda CEO sekaligus founder DBL Indonesia. 

Namun, lanjut Azrul: "Kami juga kerap diingatkan pemerintah dan mengingatkan diri kami sendiri, bahwa jangan sampai kabar-kabar baik ini menghasilkan euforia yang tidak tepat. Kehati-hatian tetap menjadi kunci agar tidak terjadi peningkatan infeksi COVID-19.” 

“Karena itulah, kami berkomitmen agar seluruh laga di Honda DBL 2021-2022 disiarkan secara langsung, livestream di aplikasi kami DBL Play,” lanjutnya.

BACA JUGA: Gubernur Anies Dukung Seri Pembuka Honda DBL di Jakarta​

“Komitmen mengadakan lima ratus tayangan livestream ini cukup menantang. Tidak ada liga olahraga lain apapun di Indonesia yang menyiarkan pertandingan sebanyak ini. Bahkan siarannya langsung dari Aceh sampai Papua. Komitmen serius ini kami ambil agar semua pelajar tetap bisa mendukung temannya bertanding, walau tidak bisa melihat di lapangan karena adanya keterbatasan pengunjung di lokasi pertandingan. Semua pertandingan ini juga disediakan gratis,” tambah Azrul.

DBL Play adalah aplikasi media komunitas milik DBL Indonesia yang dapat diunduh secara cuma-cuma di PlayStore dan App Store.

Pada awal 2021, Honda DBL telah berjalan di Nusa Tenggara Barat (Mataram) dan Sumatera Selatan (Palembang) dengan seluruh pertandingan ditayangkan langsung. Hingga hari ini, total terdapat setidaknya rata-rata 200 ribu penonton unik (unique viewers) dari pertandingan-pertandingan tersebut. DBL Indonesia mencatat, bahwa angka penonton unik di masing-masing seri mencapai 10- 15 kali lipat lebih banyak dibandingkan jumlah penonton langsung di lapangan ketika liga diadakan sebelum pandemi pada 2019.

“Kami banyak menerima pesan bahwa anak-anak muda di Indonesia menunggu datangnya Honda DBL, tapi kami tidak menyangka jumlah penonton unik liga bisa meningkat sebanyak itu. Semoga tayangan-tayangan ini bisa tetap memberikan memori masa SMA yang baik, di saat banyak pelajar yang bahkan belum pernah bertemu teman sekolahnya karena pandemi,” ujar Masany Audri, Direktur DBL Indonesia.

BACA JUGA: Menteri Luhut Dukung Honda DBL Jadi Percontohan Event Olahraga​

Hari ini Senin, 13 September 2021, Honda DBL resmi kembali berjalan dengan dibukanya pendaftaran untuk peserta di Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Timur. Pendaftaran Honda DBL 2021-2022 Seri DKI Jakarta akan ditutup pada 27 September 2021, sementara untuk Seri Jawa Timur pendaftaran akan ditutup pada 1 Oktober 2021.

Banyak penyesuaian yang dilakukan panitia sebagai konsekuensi penyelenggaraan liga di masa pandemi. Salah satu yang paling utama adalah peserta harus sudah menjalani dua kali vaksin Covid-19 saat pertandingan berjalan. 

“Selain itu, peserta juga wajib menjalani tes PCR sebelum pertandingan berlangsung nanti. Tes ini akan disiapkan oleh panitia dibantu petugas medis profesional,” ujar Masany. Protokol kesehatan yang sangat ketat ini dijalankan oleh DBL Indonesia setelah mendapatkan arahan dari pemerintah pusat, daerah, serta Perbasi. Mulai dari Kementerian Pemuda dan Olahraga,

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Kesehatan, Koordinator PPKM Darurat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota, serta Satgas Penanggulangan Covid-19 di berbagai tempat penyelenggaraan Honda DBL 2021-2022. 

“Koordinasi ini cukup panjang karena semua pihak sangat berhati-hati. Kami berterima kasih karena pemerintah memberikan arahan yang membantu Honda DBL bisa terselenggara,” ujar Azrul.

Peraturan lain yang sangat berbeda dari Honda DBL 2021-2022 dibanding penyelenggaraan liga ini sebelumnya adalah mengenai tahun kepesertaan. DBL Indonesia selaku penyelenggara memberikan kelonggaran bahwa alumni yang lulus pada tahun ajaran 2020-2021 diperbolehkan bertanding membela almamaternya. Dengan syarat tahun kelahirannya adalah setelah atau tepat pada 1 Juli 2002.

logo-dbl.jpg

“Ini adalah kabar baik yang bisa kami berikan kepada pemain alumni 2020-2021, yang tahun lalu tidak bisa bertanding karena Honda DBL rehat akibat pandemi. Kami ingin dapat menekan jumlah generasi student athlete dari olahraga bola basket yang tidak merasakan Honda DBL,” ujar Donny Rahardian, Vice President (VP) DBL Indonesia.

Penyesuaian aturan tersebut mendapatkan sambutan yang luar biasa dari para fans Honda DBL.

“Puji Tuhan, saya senang bukan main mendapat kabar ini. Orang tua aku juga sangat mendukung dan sudah pasti mengizinkan ikut Honda DBL,” ujar Christabel, alumnus SMAN 28 Jakarta yang baru lulus Juli lalu. Kini kuliah di Universitas Budi Luhur Jakarta.

Student athlete berusia 17 tahun itu sempat kecewa lantaran pada 2020, Honda DBL tidak jadi digelar lantaran pandemi Covid-19. Padahal, dia memiliki ambisi mengejar rekor three peat alias juara tiga musim berturut-turut, setelah dia sukses mengantarkan tim putri SMAN 28 Jakarta meraih gelar champion Seri DKI Jakarta pada penyelenggaraan 2018 dan 2019.

Seiring penyesuaian regulasi yang membolehkan para alumni tahun ajaran 2020-2021 ikut berpartisipasi, aksi student athlete seperti Christabel bisa kembali disaksikan secara langsung.

Tayangan livestream Honda DBL 2021-2022 Seri DKI Jakarta akan mulai pada 7 Oktober mendatang.

Sementara tayangan dari seri Jawa Timur akan mulai disiarkan pada 27 Oktober. Cek akun instagram @dblindonesiaofficial dan download DBL Play untuk informasi lebih lanjut. (*)

Sumber: DBL Indonesia

Pewarta :
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda