Mizza Faridatul Anifah Mahasiswa UIN SATU Juara Essay Nasional

Mizza Faridatul Anifah, mahasiswi semester IV FASIH UIN SATU Tulungagung, juara lomba Essay Nasional. Cah Tulungagung luar biasa!! (FOTO: Imam Kusnin)

COWASJP.COM – Mizza Faridatul Anifah mahasiswa Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU) Tulungagung berhasil meraih juara 1 Lomba Essay Nasional. Dia bersaing ketat untuk bisa menyisihkan perguruan tinggi ternama di Indonesia.

Lomba Essay Nasional Constellation 2021 diselenggarakan oleh Komunitas Hukum (Constitutional Law Community) Fakultas Hukum Universitas Negeri Surakarta (UNS). Digelar secara virtual 15 Juni sampai 10 Juli 2021 dengan tema: “Masa Depan Pemberantasan Korupsi Pasca Revisi UU KPK“. 

Mahasiswa Semester IV Program Studi Hukum Tata Negara (HTN) Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum (FASIH) ini berhasil menyisihkan peserta dari Universitas Indonesia (juara II), Uiniversitas Padjajaran (juara III), Universitas Diponegoro (Harapan 1), Universitas Indonesia (Harapan 2) dan Universitas Airlangga (Harapan 3). 

Mirza berhasil membawa nama baik almamaternya dengan mengangkat tema: “Potensi Hilangnya Independensi KPK Melalui Peralihan Status Pegawai KPK Menjadi ASN” dan diumumkan sebagai Juara I pada 13 Juli 2021.

Kepada media mahasiswa yang akrab disapa Mizza ini mengatakan, meski sudah beberapa kali mengikuti lomba essay,  semula merasa pesimis. Namun akhirnya kepercayaan diri muncul bahkan berhasil merebut juara. 
“Alhamdulillah essay yang saya tulis memperoleh Juara 1 mengungguli rival-rival dari beberapa perguruan tinggi favorit Indonesia”, kata Mirza. 

AYU.jpgGayanya kalem tapi meyakinkan. (FOTO: Imam Kusnin Ahmad)

Ristania Salsabila Putri dari Universitas Indonesia harus puas sebagai Juara II dan Rifky Zahran Pradana dari Universitas Padjajaran di posisi Juara III. 

Mizza mengaku perlombaan ini memberikan kesan tersendiri, karena menjadi torehan prestasi pertama pasca peralihan IAIN Tulungagung menjadi UIN SATU.

Tak lupa, Mirza menyampaian terimakasih kepada dosen pembimbing Ahmad Gelora Mahardika dan teman-teman di Komunitas Legacy. “Terimakasih atas doa dan support keluarga besar FASIH UIN SATU Tulungagung”, katanya singkat.

Dekan FASIH UIN SATU Tulungagung Muhammad Muhtadi Ansor mengatakan, prestasi ini menunjukkan bahwa FASIH UIN SATU, sudah bisa dikatakan sejajar atau bahkan melebihi Fakultas Hukum yang ada di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia.

ESAI.jpg

Apresiasi positif juga disampaikan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN SATU Abad Badruzaman. “Teruskan menoreh prestasi dan banggalah menjadi mahasiswa UIN SATU. Dedikasi, keseriusan dan kerja keras telah membuktikan bahwa mahasiswa UIN SATU mampu satu langkah di depan Perguruan Tinggi Negeri”. 

“Mari kita bahu-membahu melahirkan prestasi demi prestasi dalam rangka merealisasikan salah-satu misi yang terkandung dalam tag-line kampus ini, Kampus Dakwah dan Peradaban,” ajak Abad.

Rektor UIN SATU Prof. Dr. Maftukhin, M.Ag beserta jajarannya merasa bangga dan berterimakasih kepada Mirza dan para pembimbingnya yang telah bekerja keras memberikan prestasi terbaik untuk almamater. (*) 

Pewarta : Imam Kusnin Ahmad
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda