Wayangan Pandu Swargo Digelar Seabad Kelahiran Pak Harto

COWASJP.COM – Ketika nama Soeharto disebut, beragam tanggapan dilontarkan. Ada yang negatif, tapi tidak sedikit yang positif.  

Namun demikian, tidak sedikit pujian dan sanjungan kepada Presiden RI ke 2 tersebut. Maklumlah, Presiden lima periode itu memiliki  seabreg jasa dan prestasi dalam membangun NKRI.

Salah satunya Himpunan Masyarakat Soehartonesia (HMS). Organisasi yang dipimpin Giyanto Hadiprayitno ini akan menggelar berbagai kegiatan dalam peringatan 100 tahun kelahiran HM Soeharto, yang jatuh pada Selasa 8 Juni 2021.

"Berbagai acara kita gelar untuk mengenang jasa dan pengabdian besar Pak Harto pada negeri ini," kata Giyanto Hadiprayitno.

Pengusaha yang akrab disapa GHP ini memaparkan, puncak acara peringatan adalah menampilkan pertunjukkan wayang kulit secara daring.

soeharto.jpg

Tontonan tradisional yang banyak digemari masyarakat itu menghadirkan dalang millenial Ki Putut Puji Agus Seno asal Magetan, Jawa Timur dengan lakon Pandu Swargo.

Pandu Swargo, kata GHP, bercerita tentang perjuangan Bima yang memohon kepada Sang Pencipta agar mengampuni dan mengangkat derajat orang tuanya yang telah meninggal. 
Anak soleh yang memintakan ampunan bagi orang tuanya akan bisa menghentikan siksa di alam kematian.

Cerita Pandu Swargo menggambarkan kuatnya ikatan batin antara ayah dan anak. Perjuangan seorang ayah tak kalah mulianya dengan sang ibu.

soeharto2.jpgGHP (Giyanto Hadiprayitno) dan Mbak Titiek Soeharto (kanan). (FOTO: istimewa)

"Lewat kisah Pandu Swargo ini kami berharap masyarakat bisa mengenang jasa besar dan agungnya HM Soeharto dalam membangun tanah air. Serta bisa mengambil hikmah dari lakon wayang kulit ini," katanya lagi.

Suasana pandemi menjadikan pertunjukan seni budaya harus dilakukan secara virtual, 8 Juni 2021 dari pendopo Purwodadi Magetan.

Tidak itu saja. Ada juga acara aksi melukis jalan kaki yang dilakukan perupa Jogjakarta Ki Joko Wasis.

Pada hari yang sama, keluarga besar mantan Presiden terlama di Indonesia itu menggelar aksi sosial bagi-bagi Sembako yang juga secara virtual dari masjid At Tien Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta. (*)

Pewarta : Ita Siti Nasyi’ah
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda