Seleksi Tahap II Timnas U 16

Bima Sakti: Jatim Gudang Pemain Muda

162 pemain remaja Jatim mengikuti seleksi tahap II Timnas U16 di Gelora Bung Tomo, Surabaya. (FOTO: istimewa)

COWASJP.COM – Tak kurang 162 peserta mengikuti seleksi Timnas U-16 Tahap II, pada 5-6 Juni 2021 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya. Yang menarik, kali ini seleksi dipantau dan dipilih langsung oleh pelatih Timnas U16, Bima Sakti TukimanTukiman (45 tahun). 

Mantan pemain Timnas ini mengatakan, Jawa Timur memang gudangnya pemain muda. Kesimpulan ini dia peroleh setelah memantau langsung proses seleksi di lapangan. "Terlihat beberapa pemain yang menonjol skill dan individunya," katanya. 
Bima juga melihat beberapa pemain yang sudah masuk daftar catatan tim pelatih.

Kepemimpinan adalah kualitas performa para pemain saat ini. Kondisi ini berbeda jauh dengan dulu. Saat ini banyak perkembangan bagus dari para pemain. Karena itu, Bima berharap di timnas U-16 nanti Jawa Timur (Jatim) banyak menyumbang pemainnya. Pasalnya Jatim memiliki potensi sangat besar.

u-16-b.jpgBima Sakti Tukiman, 45 tahun, pelatih Timnas U16. (FOTO: Ambari Taufik)

“Banyak bibit pemain dari Jatim, terbukti di Timnas U16 kemarin ada yang dari klub amatir Assyabaab. Saya harap seleksi kali ini juga seperti yang sebelum-sebelumnya,” ungkap Bima saat ditemui usai seleksi, Sabtu (5/6/2021).

"Ada beberapa kriteria untuk pemain yang bisa bergabung menjadi skuad Timnas U16. Terutama di beberapa posisi seperti kiper, bek tengah, gelandang bertahan," kata Bima Sakti. 
Dia mencari pemain dengan ketentuan minimal tinggi badan 170 cm.

Dari seleksi tahap II ini dia sudah memiliki gambaran di beberapa posisi yang dibutuhkan. Dalam arti, ia telah memiliki kerangka tim yang sudah dipersiapkan.

“Tahun ini banyak kemajuan, beda dengan persiapan tahun 2019. Ruang lingkupnya hanya dari tim EPA liga 1. Ini banyak peluang dan pilihan dari 34 Asprov, termasuk di Papua dan Maluku. Semuanya punya kesempatan dan peluang yang sama,” ungkap Bima.

Seleksi tahap II dilakukan serempak dilakukan di beberapa wilayah Indonesia. Antara lain di Jatim, Sumatra Selatan dan DKI Jakarta.(*)

Pewarta : Ambari Taufik
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda