Pemilihan Ketua Tanfidziyah PC NU Trenggalek

Aklamasi, Gus Loh Kembali Terpilih

Ketua PCNU Trenggalek, Gus Loh (kiri, kopyah hitam), bersama Rais Syuriah, KH. Ma’shum, dalam sebuah acara. (FOTO; nutrenggalek.or.id)

COWASJP.COM – KH. Moh. Fatchulloh Sholeh atau biasa dipanggil Gus Loh kembali terpilih sebagai Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Trenggalek periode 2021-2026 secara aklamasi. Itulah hasil Konferensi Cabang (Konfercab) XV yang digelar di PP. Al-Anwar Ngadirenggo, Pogalan, kemarin.

Gus Loh yang juga pengasuh PP Bumi Hidayah Attaqwa dipilih melalui aklamasi atau musyawarah mufakat oleh peserta yang memiliki hak suara dalam konferensi dari pengurus MWC dan Ranting se-Kabupaten Trenggalek.
 
“Setelah kami ajukan nama (calon ketua) kepada MWC-MWC, semua menghendaki dan bersepakat Gus Loh atau KH. Fatkhulloh sebagai Ketua PCNU terpilih berikutnya,” ujar Drs. Ahsanul Haq dari PWNU Jatim yang memimpin sidang pemilihan.
 
Meskipun sudah mengantongi nama calon ketua dari seluruh MWC, yaitu Gus Loh, Kiai Ahsan memberi kesempatan kepada peserta untuk mengusulkan nama calon ketua lainnya. Barangkali ada opsi nama yang lain. Dari sejumlah peserta yang mengajukan pendapat, kemudian muncul nama KH. Abdul Latief atau Gus Latief.

Namun demikian, mengingat hanya ada dua peserta yang mengajukan nama Gus Latief dan tidak ada gagasan yang muncul lainnya, maka forum memutuskan untuk memilih dan menetapkan Gus Loh yang juga mantan ketua PC Ansor Trenggalek itu sebagai ketua terpilih.

style="height:auto;width:100%" kus1.jpgKetua Mustasyar PCNU Kabupaten Trenggalek KH Mastur Ali (kiri) dan Gus Loh (kanan) dalam acara Konfercab XV NU Trenggalek kemarin. (FOTO: Imam Kusnin Ahmad)

“Meski ada beberapa suara mengusulkan Gus Latif, tapi yang namanya musyawarah mufakat, suara kecil mengikuti suara yang terbanyak,” lanjut Ahsanul Haq.

Sesuai dengan mekanisme pemilihan, sebelum ketua terpilih ditetapkan, pimpinan sidang menyodorkan nama yang diusulkan peserta kepada Rois Syuriah terpilih, yaitu KH. Mastur Ali, apakah disetujui atau tidak.

Mastur Ali yang dipilih oleh AHWA sesaat sebelumnya melalui sambutannya di depan forum menerima nama Gus Loh yang diusulkan oleh peserta.

kus2.jpg

“Rois Syuriah sudah menyatakan persetujuannya, demikian pula Gus Loh. Dengan demikian Konferensi Cabang yang ke-15 memutuskan Gus Loh sebagai Ketua PCNU Trenggalek 2021-2026,” kata  Ahsan disambut tepuk tangan dan lantunan shalawat dari peserta.  
 
Konferensi Cabang Nahdlatul Ulama XV diselenggarakan di Pesantren Al-Anwar Ngadirenggo Pogalan. Mengingat masih dalam masa pandemi, pelaksanaan konferensi diawasi secara ketat oleh pihak kepolisian dan Satgas Covid-19.

Selain peserta yang dibatasi, waktunya pun dipersingkat sehingga konferensi hanya melaksanakan agenda-agenda pokok. Praktis, seluruh agenda konferensi bisa diselesaikan hanya dalam waktu satu hari.

Konfercab dibuka oleh Wakil Ketua PWNU Jawa Timur, KH Reza Ahmad Zahid, Lc atau Gus Reza sekitar pukul 10.30 WIB. Pada pukul 16.15 WIB di hari yang sama, seluruh agenda konferensi bisa selesai dengan relatif lancar.

Selain Gus Reza yang membuka acara, dari PWNU Jatim juga hadir KH. Abdussalam Shohib dan Drs. Ahsanul Haq untuk memimpin sejumlah sidang. Keduanya juga menjabat Wakil Ketua PWNU Jawa Timur.(*)

Pewarta : Imam Kusnin Ahmad
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda