Wagub Papua Wafat

Airlangga: Golkar Kehilangan Putra Terbaiknya

COWASJP.COM – Partai Golkar kembali kehilangan salah satu kader terbaiknya. Pada Jumat  (21/5/2021) pukul 04.00 WIB, Klemen Tinal, Wakil Gubernur Papua sekaligus Ketua DPD I Golkar Papua, meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo Menteng, Jakarta. 

Almarhum Klemen Tinal meninggal setelah sempat beberapa kali dirawat di rumah sakit. Almarhum lahir di Beoga, Puncak Jaya, Papua, pada 23 Agustus 1970. Ia tutup usia pada umur 50 tahun.
Kini jenazah Klemen Tinal disemayamkan di Rumah Duka RSPAD,  Gatot Soebroto, Jakarta.  Rencananya jenazah almarhum akan diterbangkan ke Jayapura untuk dimakamkan serta dilepas oleh Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto. 

Bagi Partai Golkar, kehilangan sosok Klemen Tinal menjadikan sebuah duka cita yang mendalam. Klemen dikenal sebagai sosok yang religius, tegas, dan merakyat. Ia juga merupakan sosok panutan di Golkar Papua selama ini. 

"Partai Golkar kehilangan putra terbaiknya, Ketua DPD Golkar Papua, Wagub Papua, Bapak Klemen Tinal. Semoga beliau diberi tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa, dan kepada keluarga beliau diberi kesabaran," kata Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, kepada media, Jumat (21/5/2021). 

Sebagai sosok pemimpin Golkar di Papua, almarhum Klemen Tinal juga dikenal memiliki loyalitas luar biasa dan patut diteladani oleh seluruh kader Golkar di Indonesia.  Dalam menjalankan tugasnya sebagai Wakil Gubernur, Klemen Tinal juga memiliki dedikasi dalam mengemban amanah rakyat Papua. 

wagub1.jpgFoto kenangan Almarhum dalam satu acara. (FOTO: istimewa)

Di kalangan pers, Klemen Tinal juga dikenal cukup dekat. Semasa hidupnya almarhum tak sungkan untuk  menjawab secara langsung pertanyaan dari berbagai media. Selama hidupnya menjabat ia selalu mengedepankan slogan “pemimpin adalah pelayan rakyat”. 

Trifena Klemen Tinal, anggota DPR RI dari Fraksi Golkar yang juga adik dari Klemen Tinal juga merasakan kehilangan yang sangat dalam. "Kami sekeluarga sangat kehilangan seorang kakak yang sangat berdedikasi dalam hidupnya," kata Trifena. 

Almarhum Klemen Tinal juga aktif di dunia olahraga. Saat ini almarhum bahkan menjadi salah satu penanggung-jawab PON XX-2021, 2-11 Oktober mendatang di Papua. 

Hingga saat terakhirnya almarhum juga mengemban amanah sebagai ketua umum PP Perserosi ( Persatuan Sepatu Roda dan Skateboard Seluruh Indonesia). 

Pekan lalu, setelah menjalani perawatan di RSPI, Jaksel, almarhum sempat menghadap Menpora Zainuddin Amali, melaporkan kesiapan tim sepatu roda/skateboard nasional menjalani try-out di AS guna menghadapi Olimpiade Tokyo dan SEA Games Vietnam.(*) 

Pewarta : Tubagus Adhi
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda