Kemenag Gelar 6 Even Kemahasiswaan Sepanjang Tahun 2021

Direktur Diktis Ditjen Pendidikan Islam Prof Dr Suyitno, M.Ag. (FOTO: istimewa)

COWASJP.COM – Ikhtiar mengembangkan bakat, minat dan kegemaran mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis), Ditjen Pendidikan Islam akan menggelar 6 kegiatan kemahasiswaan sepanjang tahun 2021.

Keenam kegiatan kemahasiswaan itu adalah: 

1/ Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN PTK) XV 2021.

2/ Olimpiade Agama Sains dan Riset (OASE) Tingkat Nasional.

3/ Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) PTKIN II se-Sumatera, 

4/ Invitasi Pekan Pengembangan Bakat Minat dan Mahasiswa (IPPBMM) VIII se-Jawa dan Madura. 

5/ Pekan Olahraga dan Ornamen Seni Indonesia Timur (Poros Intim) PTKIN II se-Indonesia Timur.

6/ Borneo Undergraduate Academic Forum (BUAF) PTKIN V se-Kalimantan.  

**

Direktur Diktis Ditjen Pendidikan Islam Prof. Dr. Suyitno, M.Ag menyampaikan informasi itu kepada media massa kemarin di ruang kerjanya. “Tantangan mahasiswa saat ini sangat kompleks. Karena itu beragam potensinya harus dikembangkan melalui multi event”, ujar Suyitno. 

Guru Besar UIN Raden Fatah Palembang ini berharap agar PWN PTK (Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan) akan menjadikan mahasiswa kuat semangat nasionalisme dan patriotismenya. 

“Melalui perkemahan wirakarya mahasiswa akan dikuatkan semangat kebangsaannya sekaligus wawasan dan sikap moderasi beragamanya”, katanya.

Sementara OASE, lanjut Suyitno, akan menggali bakat minat dan kegemaran mahasiswa di bidang agama, sains dan riset sebagai jawaban atas problem-problem kehidupan. 

“Kami berharap agar olimpiade yang akan digelar menjadi pintu masuk mahasiswa menggemari dan menekuni masalah-masalah agama, sains dan riset”, terang Mantan Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) ini.

PWN PTK XV Tahun 2021 akan di gelar tanggal 11-17 Juli 2021 di UIN Raden Fatah Palembang. Sementara OASE Tingkat Nasional akan digelar Oktober mendatang di UIN Ar Raniry Banda Aceh.

Suyitno berharap, dengan banyaknya event kompetisi yang digelar akan meningkatkan prestasi mahasiswa yang akan menyumbang salah satu diktum akreditasi. 

“Prestasi mahasiswa diharapkan akan memberikan dampak positif capaian akreditasi pada PTKIN”, kata Suyitno.

Kasubdit Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan Diktis Ditjen Pendidikan Islam Ruchman Basori mengatakan, selain dua even nasional kemahasiswaan itu ada 4 even lainnya di level regional:

1/ IPPBMM VIII yang akan digelar 21-25 Juni 2021 di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 

2/ PKM II pada 25-31 Mei 2021 (Daring) dan 04-10 Juni 2021 (Luring) di UIN Imam Bonjol Padang.

3/ POROS INTIM II pada 2 - 7 Agustus 2021 (daring) dan 9 - 14 Agustus 2021 (luring) di IAIN Sultan Amai Gorontalo. 

4/ BUAF V tanggal 12-14 Oktober 2021di IAIN Pontianak. 

Ruchman berharap melalui pelbagai even itu akan semakin terbuka akses mahasiswa untuk berkompetisi dan menunjukkan prestasi dan karya-karya yang membanggakan secara akademik dan nonakademik.

Di akhir keterangan persnya Ruchman menegaskan bahwa penyelenggaraan event tersebut menggunakan standar kegiatan di masa Covid-19. Secara teknis kegiatan akan dikoordinasikan oleh Kasi Kemahasiswaan Amirudin Kuba dan Forum Wakil Rektor/Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama PTKIN se-Indonesia. (*) 

Pewarta : Imam Kusnin Ahmad
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda