Kasmada 85 Sambang Sekolah

Dorong Sekolah Raih Adiwiyata Mandiri

Ketua Kasmada 85 Brigjen TNI Agus Winarna menyerahkan sumbangan dari alumni diterima Kepala Sekolah SMAN 2 Klaten Suharja S. Pd, MSi. (Foto Erwan W)

COWASJP.COM – Kekuatan Trisula - -sekolah, alumni dan purnawira-- harus kompak untuk pengembangan sekolah mencapai visi dan misi pembelajaran. Sebagai bagian dari Trisula tersebut, Keluarga Alumni SMAN 2 Klaten Angkatan 1985 mendorong dan mendukung almamaternya untuk terus maju.

"Kami, sebagai alumni, sangat mendukung segala upaya sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SMAN 2 Klaten seperti yang disampaikan Kepala Sekolah," tegas Ketua Kasmada 85 Brigjen TNI Agus Winarna SIP, M.Si, M.Tr (Han).

Sebagai bentuk kongkret dukungan, Kasmada 85 menyerahkan dana yang dihimpun dari alumni satu angkatan. Awalnya dana sebesar Rp 10 juta. Lalu ditambah on the spot oleh seorang anggota Kasmada yang kini menjadi anggota DPR RI, Dr. Sukamta. 

kasmada.jpg

Penyerahan bantuan dari program Sambang-Sambung-Sumbang Sekolah ini dilakukan dengan protokol kesehatan. Rombongan Kasmada 85 diterima oleh Kepala Sekolah SMAN 2 Klaten Suharja, S. Pd, MSi didampingi Wakil Kepala Sekolah bidang Humas Nurbaiti S. Pd, M. Pd. 

Hadir pula sesepuh Para Guru Purnawira dan Alumni Drs Sugiri KW. Juga Perwakilan Alumni Kasmada 85 dari berbagai jurusan. Seperti Retno Widyawati (Titik) dan Tony Wahyono (IPS), Sumarjo, Erwan W dan Netty S (IPA) dan Sony (Bahasa). 

kasmada2.jpgLingkungan sekolah yang semakin asri dengan tanaman serta bunga Anggrek yang sedang mekar.

Sebelum prosesi penyerahan dana bantuan, dalam sambutannya Suharja menyampaikan bahwa SMAN 2 yang sudah menjadi Sekolah Adiwiyata Nasional, ingin berkembang menjadi Sekolah Adiwiyata Mandiri.

Selama ini, sekolah yang dikenal dengan julukan Smada Tesa ini telah melakukan pendampingan ke sekolah lain. Pendampingan berkaitan dengan sistem pembelajaran, pengelolaan sekolah sehat maupun lingkungan hidup. Termasuk kesiapan dalam menjalani sekolah tatap muka.

kasmada3.jpg

"Kami juga banyak melakukan inovasi pembelajaran. Juga banyak menerima hibah dari masyarakat maupun alumni. Kami sudah menerima hibah tanaman, hibah lebah madu dan lainnya. Termasuk perangkat gamelan dari Kasmada 85," tambah Suharja. 

Disampaikan, SMA N 2 Klaten menjadi salah satu  sekolah yang ditunjuk sebagai contoh simulasi kesiapan pembelajaran tatap muka di Jawa Tengah. Sejumlah perlengkapan protokol kesehatan tersedia di sekolah. Mulai dari wastafel injak untuk cuci tangan memakai sabun, hand sanitizer hingga tanda atau petunjuk untuk menjaga jarak.

Wastafel injak ditempatkan di halaman depan dekat pintu gerbang. Sedangkan hand sanitizer ada di setiap dinding di depan pintu masuk. Juga di meja tempat duduk.

kasmada4.jpg

Kegiatan Sambang Sekolah diawali dengan melihat Gamelan Kyai Kasmada 85 di Ruang Seni. Gamelan ini merupakan sumbangan alumni angkatan 1985 saat HUT Emas SMAN 2 Klaten. Para alumni juga melihat lingkungan sekolah yang semakin asri dengan tanaman serta bunga Anggrek yang sedang berbunga.

Agenda Sambung Silaturahim dilanjut dengan ramah tamah di Rumah Makan Handari. Dan diakhiri dengan kunjungan silaturahim perwakilan Kasmada 85 ke mantan Ketua Kasmada 85 yang juga mantan Ketua PMI Kabupaten Klaten Drs Anang Widayaka. (*)

Pewarta : Erwan Widyarto
Editor : Erwan Widyarto
Sumber :

Komentar Anda