Pesan Aqua di Apel Dansat

Sebagai Komandan, Miliki Helicopter View

Aqua Dwipayana saat sharing motivasi dan komunikasi di depan peserta Apel Komandan Satuan Tersebar Kodam IV Diponegoro di Dodik Bela Negara, Rindam Magelang. (Foto: Erwan W)

COWASJP.COM – Seorang komandan harus bisa memberi keteladanan. Tidak hanya untuk urusan di kesatuan tetapi juga di dalam kehidupan keluarga. Harus memiliki sikap satu ucapan dan tindakan. 

"Jangan menjadi komandan yang populis. Bisa-bisa, nanti lama-lama tidak berwibawa. Misalnya ada kesalahan anggota, sekecil apapun, harus ada tindakan. Apapun kesalahan anggota. Harus ada sanksi. Sanksi bukan karena dendam atau benci," tegas Aqua Dwipayana. 

Motivator dan Penulis buku best seller "Trilogi Silaturahim" Aqua Dwipayana menyampaikan pesan tersebut dalam Sharing Komunikasi dan Motivasi. Sharing dilakukan di depan 120-an peserta Apel Komandan Satuan Tersebar Kodam IV Diponegoro di Aula Gedung Sudirman, Dodik Bela Negara Rindam IV Diponegoro di Magelang. 

aqua1.jpg

Hadir di kegiatan tersebut Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan, dan seluruh Komandan Satuan seperti Danrem, Dandim, Danyon di lingkungan Kodam IV Diponegoro. Acara ini kemudian dipungkasi oleh Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Rudianto, yang hadir kemudian. 

Aqua juga mengingatkan agar para komandan di lingkungan TNI ini memiliki "helicopter view." Yakni mampu memandang sesuatu secara menyeluruh seperti penglihatan seorang pilot helikopter. 

Sembari memeragakan gerakan helikopter, Aqua mengatakan, ketika diangkat menjadi komandan, lihatlah program di kesatuan secara keseluruhan.

aqua2.jpg

"Yang baik teruskan. Yang buruk tinggalkan. Tak usah ragu-ragu mengatakan ini karya pendahulu saya. Teruskan saja program komandan pendahulu yang positif buat anggota, yang baik buat masyarakat," tambah ayah dua anak ini. 

Selain itu, penggagas Umroh gratis "The Power of Silaturahim" ini juga mengingatkan agar para peserta sharing untuk selalu aktif melakukan silaturahmi. Silaturahim dengan berbagai kalangan. Tidak pandang bulu. 

"Yakinlah silaturahim itu akan memberi jalan keluar saat ada masalah. Kekuatan silaturahim itu luar biasa," tegas Aqua sembari menunjukkan foto-foto dirinya bersilaturahim ke banyak pihak sebelum hadir di tempat itu. 

aqua3.jpgAqua Dwipayana menyerahkan buku-buku best seller-nya kepada Pangdam IV/Diponegoro Mayjen Rudianto. (Foto Erwan W)

Aqua hadir di Rindam Magelang itu setelah melakukan perjalanan darat dari Bogor. Ia sempatkan silaturahim ke Cilacap, Purwokerto dan Jogja. Begitu pula sebelumnya. Saat memberi sharing di wilayah lain di Kodam IV Diponegoro, Aqua juga silaturahim ke orangtua Teman-teman akrabnya. Di Blora, Tegal, Solo dan lainnya. 

Untuk menjaga antusiasme peserta, sharing Komunikasi dan Motivasi itu diselingi dengan pemutaran video-video motivasi. Sehingga peserta tidak hanya mendengar paparan saja. Beberapa tayangan yang lucu, disambut tawa para peserta. 

Salah satu materi video juga berkaitan soal leadership. Kepemimpinan. Di video dikisahkan seorang pemimpin saat menghadapi masalah harus punya prinsip HHN. Hadapi, Hayati dan Nikmati. 

aqua.jpgPenulis bersama Aqua Dwipayana dan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen Rudianto.

Video animasi itu memberi pesan yang isinya mengingatkan jika ada masalah jangan lari. Hadapi dengan tenang. Renungkan dan hayati. Kemudian nikmati. Allah telah memberikan motivasi bahwa dalam setiap kesulitan ada kemudahan. 

Aqua juga berpesan agar sebagai prajurit TNI mereka konsisten melaksanakan jati diri nasional dan juga mempersiapkan diri untuk pensiun. Aqua mencontohkan yang dilakukan oleh mantan Pangdam IV Diponegoro Jaswadi. 

Usai memberikan motivasi, Aqua berbincang dengan Pangdam IV /Diponegoro Mayjen Rudianto di ruang transit. Pangdam mengucapkan terima kasih kpada Aqua. "Ini nanti giliran saya bicara, tinggal masukin poin-poin ke mereka. Enak, sudah dibuka oleh Mas Aqua," kata Rudianto. (*)

Pewarta : Erwan Widyarto
Editor : Erwan Widyarto
Sumber :

Komentar Anda