Pariwisata DIY Peduli

Galang Dana, Lelang Lukisan Affandi dan Hadirkan Aktor Pemenang Citra

Affandi, pelukis yang salah satu karyanya dilelang dan Whani Darmawan, yang akan baca puisi pada acara Pariwisata DIY Peduli #1.

COWASJP.COM – Musibah bencana alam di sejumlah tempat di tanah air menumbuhkan simpati dan empati dari insan pariwisata DIY. Insan pariwisata yang tergabung dalam Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY pun tergerak mengumpulkan dana. GIPI DIY menggalang dana secara unik.

Penggalangan dana bencana di masa pandemi ini digelar lewat zoom dengan tajuk Pariwisata DIY Peduli #1. Lewat aplikasi zoom ini, serangkaian kegiatan diadakan mulai dari tausiyah, pembacaan puisi dan lelang. Lelang sejumlah barang berharga. Satu di antaranya Litografi karya maestro senirupa Affandi.

Direktur Musuem Affandi Helfie Aristien Dirix menyatakan sebagai bentuk empati dan membantu saudara-saudara kita yang sedang mendapatkan ujian, Museum Affandi mendonasikan satu karya litografi. Judul lukisan hitam putih karya Affandi ini adalah Andong Roma. Dalam lelang nanti, lukisan ini dibanderol awal dengan harga Rp 1 juta.

Ketua GIPI DIY Bobby Ardyanto Setyo Aji menambahkan, selain lukisan Affandi ini, ada sejumlah barang yang juga dilelang. Di antaranya tas, baju batik, mukena, kaos, voucher menginap, dan lain-lain. Menurut Bobby, GIPI Peduli ini sebagai bentuk empati dan kepedulian insan pariwisata. Dikatakannya, pariwisata Indonesia itu kuat dan tidak ada habisnya.

“Di saat kita masih dalam kesusahan karena pandemi yang mendera dunia pariwisata... kita masih bisa membantu dan berguna bagi saudara-saudara kita yang sedang mengalami bencana di Sulawesi, Kalimantan dan Jawa Barat, “ tegas Bobby.

Kegiatan Pariwisata DIY Peduli #1 ini digelar Rabu, 20 Januari 2021. Pukul 15.30-18.30 WIB. Melalui Zoom Meeting dengan ID : 875 7081 3751 Passcode: GIPIDIY

Pemilik Java Villas ini menambahkan, mungkin sekarang kita yang membantu. Tapi, di lain waktu, bisa jadi kita yang perlu dibantu. “Hari ini kita membantu, satu waktu mungkin kita yang perlu bantuan. Itulah persaudaraan Indonesia,“ tandasnya.

Untuk mengisi tausiyah, Munif Tauchid, ustadz pengisi Sasisoma (sana sini soal agama) di Radio Geronimo berkenan meluangkan waktunya. Sedangkan untuk pembaca puisi, ada Whani Darmawan dan Ikun SK. Dua seniman dari Jogja yang sudah dikenal secara nasional.

Whani Darmawan adalah aktor peraih Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) tahun 2019 lewat film Kucumbu Tubuh Indahku. Whani memenangi Piala Citra sebagai Pemeran Pendukung Pria Terbaik. Whani juga bermain sangat bagus sebagai Darsam di film Bumi Manusia.

Sedangkan Ikun SK, selain menulis karya sastra, pemerhati sastra, juga aktor, dan sutradara. Sering diundang untuk jadi pemateri workshop, aktor, sutradara, atau penulisan untuk seni pertunjukan, kurator sastra atau teater.

Kegiatan Pariwisata DIY Peduli #1 ini digelar Rabu, 20 Januari 2021. Pukul 15.30-18.30 WIB. Melalui Zoom Meeting dengan ID : 875 7081 3751 Passcode: GIPIDIY

Info lebih lanjut ke Ms Ilia 0813 2641 3535 (WA only) (*)

Pewarta : Erwan Widyarto
Editor : Erwan Widyarto
Sumber :

Komentar Anda