Alumni SMAN 1 Cicalengka juga Ada yang Jadi Korban Tanah Longsor

PEDULI SESAMA: Panitia #IKAChexoPeduli2021 saat memberikan bantuan dari para donatur kepada Isteri almarhum Suhanda, yang ikut menjadi korban tanah longsor di Cimanggung. (Foto: Ika Global for CoWasJP.com)

COWASJP.COM – Telah diberitakan bahwa bencana tanah longsor yang menimpa Dusun Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat terjadi dua kali pada Sabtu 9 Januari 2021.

Bencana tanah longsor pertama terjadi sekitar pukul 16.45 WIB. Kemudian terjadi lagi longsor susulan sekitar pukul 19.30 WIB. Akibatnya lebih banyak korban tertimbun.  

BACA JUGA: IKA SMAN 1 Cicalengka Peduli Bencana Longsor Cimanggung

Tim SAR gabungan dibantu para warga berjuang keras melakukan evakuasi dan pendataan jumlah korban. Ternyata, salah seorang di antara para korban meninggal adalah alumnus SMA Negeri (SMAN) 1 Cicalengka.  Yaitu Suhanda, alumnus SMAN 1 Cicalengka lulusan tahun 1987. 

BACA JUGA: Forum RW Kota Bandung Peduli Korban Bencana Longsor​

Almarhum Suhanda adalah korban meninggal akibat longsor susulan yang kedua. Sedangkan korban kedua adalah Ismi Maesaroh, alumnus SMAN 1 Cicalengka lulusan tahun 2000. Ismi Maesaroh selamat, namun rumahnya hancur diterjang tanah longsor.

Tentunya ini menjadi kesedihan yang mendalam bagi keluarga besar IKA SMAN 1 Cicalengka. 

ikanyar2.jpg

PEDULI: Ismi Maesaroh, rumahnya hancur akibat longsor (tengah) juga mendapat kunjungan panitia #IkaChexoPeduli2021 sekaligus memberikan sumbangan.

Menyusul donasi tahap pertama Selasa 12 Januari 2021, keluarga besar IKA (Ikatan Keluarga Alumni) SMAN 1 Cicalengka menggalang dan memberikan donasi tahap kedua pada Sabtu 16 Januari 2021. Ini merupakan hasil kerja keras panitia kecil yang dibentuk untuk penggalangan dana yang diketuai Popo Lukman. Dalam waktu 5 hari telah terkumpul dana Rp 18 juta.

Penyerahan bantuan tahap kedua ini diikuti pula oleh Ketua IKA SMAN 1 Cicalengka, Dikdik Rohendi, Wakil Ketua Iip Miftah, dan beberapa perwakilan Alumni lainnya.

ikanyar1.jpg

Donasi yang diberikan tentu tidak dapat menggantikan rasa kehilangan yang dialami keluarga almarhum Suhanda, sedangkan keluarga Ismi Maearoh, rumahnya hancur akibat tanah longsor. Namun setidaknya bantuan tersebut dapat sedikit membantu memenuhi kebutuhan mereka saat ini.

Kedua keluarga korban merasa sangat berterimakasih karena telah mendapat perhatian dan kepedulian dari semua alumni SMAN 1 Cicalengka.

Peduli dan perhatian juga diberikan kepada tim relawan IGREX'S PA yang juga merupakan bagian dari keluarga besar SMA Negeri 1 Cicalengka. Mereka ikut terjun langsung dalam proses penanggulangan bencana. Buat IGREX’S PA, IKA SMAN 1 Cicalengka memberikan bantuan berupa vitamin, suplemen, dan masker.

ikanyar3.jpg

Ketua Panitia Popo Lukman mengatakan, penggalangan dana untuk korban bencana longsor terus di lakukan sampai 30 Januari 2021. Bantuan tahap ketiga diharapkan dapat membantu masyarakat yang terdampak pasca bencana.

''Alhamdulillah kita bisa membantu kawan-kawan alumni yang membutuhkan. Selain untuk teman-teman alumni, tentunya untuk keseluruhan warga yang berada di tempat bencana,'' katanya. (*)

Penulis: Dyah Ekorini, salah seorang panitia penggalangan dana IKA Global.

Pewarta :
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda