JTV Jangan Lupain Alfian

Zainal Abidin dan Alfian Mujani (berkacamata) silaturahim dengan Cowasers di Sekretariat Cowas JP, Jalan Ronggowarsito Surabaya. Rumah "Hendraal" Koesnan Soekandar. (FOTO: CoWas JP)

COWASJP.COM – Umumnya orang  tahunya JTV dimotori oleh empat orang  senior saya ini :  Mas Imawan Mashuri, Mas Ali Murtadlo,  Pak Ustadz Joko Susanto, dan Mas Arif Afandi. 

Tapi sedikit yang tahu, di balik tayang perdana JTV Surabaya, tanggal 8 November 2001 silam,  ada peran besar  almarhum Alfian Mujani. (Aku panggil beliau: Bang Alfian)

BACA JUGA: Yang Aku Pelajari dari Alfian Mujani​

Jreng..!

Sebelum JTV tayang perdana, tanggal 8 November 2001, Bang Alfian lah yang dimintai tolong Pak Dahlan dan Mas Imawan untuk garap iklan JTV di Jakarta. 

Beruntung saya yang ditugaskan dari Surabaya ke Jakarta:  ikut Bang Alfian, keliling ke Biro-biro Iklan, tiap hari, menawarkan iklan TV.

"Sama-sama tidak tahu iklan TV nih, ayo sambil jalan kita belajar," ujar Bang Alfian sambil nyetir sendiri. Ia begitu yakin dan sangat percaya diri.

Sambil ngobrol semobil berminggu-minggu inilah,  banyak ilmu yang saya pelajari dari lelaki yang  kerap batuk akut ini. 
"Aku kena asam lambung Da (Damarhuda)," katanya.

Bang Alfian, kalau soal ilmu marketing media dan relasinya luar biasa. Cara negonya ciamik. 

Jualannya. Bagaimana ia mampu memaksa orang untuk mau beriklan. Top benget. Ia pandai meyakinkan orang. Ia juga sangat percaya diri dan sangat bangga dengan pekerjaannya.  Memang bekal luar biasa.

Oh ya, saya mengenal Bang Alfian tahun 1992-1998, saat saya ditugaskan sebagai reporter hiburan tabloid Nyata - Jawa Pos Group. Kami ngantor di Jalan Prapanca, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 

Waktu itu, Bang Alfian Kepala Biro JP Jakarta. Kita dulu sering ngobrol di koridor tengah. Utamanya ngobrol soal dunia artis di Jakarta, ada Bang Alfian, Bang Syahran AR, Patrick Sorongan, Afer Malanguna.

alfian1.jpg

Alfian Mujani yang cerdas dan rendah hati itu. (FOTO: istimewa)

Oke balik lagi ke JTV ya. 

Apa hasilnya bagi JTV yang mau tayang perdana? Slot iklan sold out! Semua dijualkan Bang Alfian. Luar biasa!! 

Saat countdown JTV tayang perdana, hitungan mundur,  sebelum muncul "selamat malam Pemirsa .." oleh artis Ita Purnamasari, muncul dulu .. iklan Rinso !

Ya,  Rinso lah yang memborong slot JTV hari itu. Grand launching JTV sudah nih.

Nah, besoknya,  saya telepon Bang Alfian di Jakarta. "Gimana Bang, Bos-bos Rinso senang ya ?"

Saya tanya begitu , lelaki kurus berkacamata yang selalu suka jaket hitam ini,  menjawab, "Apanya Da ..!!! Rusak Da, ancurrr... gambarnya ternyata jelek,  ancurrr.."

Sejak itu, Rinso tak pernah lagi pasang iklan di JTV. Dan tagihan Alfian, kkhabarnya  hanya dibayar separuhnya. Saya belajar, kepuasan pelanggan adalah nomor satu.

Pelan-pelan JTV pun dibenahi dan makin bagus. Tapi sayang,  Bang Alfian sudah tidak bersama kami lagi. Sejak 2014 saya juga sudah tidak di JTV.

Bahkan sejak kemarin, Kamis 13 Januari 2020,  kami tak akan pernah bersama lagi.  Selamanya. Selamat jalan, Bang. (*)

Penulis: Damarhuda, mantan Wartawan Senior Jawa Pos Group.

Pewarta : Damarhuda
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda